Sudah tahu hewan landak kan guys? tentu semua sudah tahu, hewan yang memppunyai khas banyak duri dan jarang sekali muncul seperti hewan lainnya.

Orang memandang hewan ini mungkin hanya hewan biasa yang punya duri, hewan yang seperti hewan pada umumnya, yang banyak hidup di hutan atau kebun.

Tapi jika orang sudah mengetahui bagaimana cara hidup landak, tentu akan mengetahui, ternyata landak mempunyai kehidupan yang luar biasa, bahkan mengajarkan kita bagaimana hidup bersama.

Penasaran? Seperti apa landak mengajarkan hidup bersama? Yuuk disimak.

1Kemustahilan

gogosurakhman.web.unej.ac.id

Landak tidak mungkin merapat dengan landak yang lain, termasuk kepada anaknya sendiri, karena duri yang dalam tubuhnya menghalangi, dan mereka pun sangat berhati-hati jika berdekatan, takut senggolan ujungnya saling melukai.

2Musim Dingin Tiba

tryandiputra.blogspot.com

Hewan landak termasuk hewan yang tidak kuat dingin,ia butuh kehangatan. Saat hujan, badai atau salju tiba hawa dingin akan menusuk tulang mereka. Hal ini menyebabkan kondisi menjadi kritis.

Posisi kritis ini landak mau tidak mau harus merapatkan tubuh dengan landak yang lain, mereka butuh kehangatan dan mereka harus berjuang menahan rasa sakit terkena duri.

Tentu rasanya sangat sakit sekali bagi mereka, perih dan melukai kulit-kulit mereka tapi hal ini harus dilakukan demi kelangsungan hidup mereka, kalau tidak begitu mereka akan mati karena kedinginan.

3Kesakitan Yang Terus Terulang

jualo.com

Parahnya jika mereka menemukan sedikit kehangatan maka mereka akan sedikit menjauh tapi jika dingin kembali merasuk ke dalam tubuh mereka, mereka harus merapat lagi. Otomatis sakit akan didapatkan kembali.

Hal ini akan terus diulang-ulang sampai musim dingin berakhir, sepanjang malam landak harus merasakan sakit, luka yang belum sembuh harus terluka lagi, terus dan seperti itu sampai selesai.

4Pelajaran dari Landak

tanyakenapa.net

Hidup bersama, berjamaah kadang memang menyakitkan, bahkan sering terjadi saling melukai beberapa kali. Rasanya memang sakit, tapi itulah hidup, kita tidak bisa dan tidak mampu hidup sendiri

Kita selalu butuh orang lain untuk bertahan hidup, butuh orang lain untuk hidup berkelanjutan. Bahkan sampai mati pun kita butuh bantuan orang lain.

Oleh karena itu, jika kita mencari sahabat tanpa kesalahan maka bersiaplah sebatang kara, jika mencari pendamping hidup sempurna maka siaplah membujang selamanya dan jika mencari saudara tanpa problema maka hidup dalam pencarian yang tiada akhirnya.

Maka bersabarlah menanggung perihnya kesalahan orang lain, agar kita dapat mengembalikan keseimbangan dalam hidup ini.

Semoga bermanfaat ya guys.

SHARE