Bukan untuk kepentingan diri mereka sendiri saat orang tua menasihati anaknya tentang berbagai kebaikan. Mereka hanya ingin kamu sebagai anak dapat hidup dengan lebih baik dari segala pengalaman yang telah dilaluinya selama hidup.

Orang tua memberikan nasehat sesuai dengan pengalaman hidup yang membuat mereka tertempa hingga menjadi sosok yang begitu kuat, sabar dan penyayang. Kamu seharusnya bersyukur saat orang-orang di sekelilingmu memberi nasehat kehidupan.

Nasihat yang diberikan itu menunjukkan tanda bahwa sebenarnya mereka peduli pada dirimu yang masih memiliki perjalanan panjang ke depannya. Mereka tak ingin kamu salah langkah dan menyesal di kemudian hari.

Mungkin saat ini beberapa dari kamu hanya menganggap bahwa nasehat orang tua sebagai angin lalu. Namun, beberapa tahun ke depan, barulah kamu akan menyadari bahwa semua nasehat yang kamu dapatkan itu terbukti kebenarannya.

1Jagalah Kehormatan Keluarga

www.cakapsehat.com

Semua orang tua pasti memberikan nasehat ini kepada anak-anaknya. Orang tua hanya meminta kamu untuk berperilaku baik saat berada dalam lingkungan yang membesarkanmu. Mereka tak ingin anaknya masuk dalam pergaulan yang salah.

Kebaikan yang kamu lakukan pasti akan menuai kebaikan yang lain. Sehingga kehormatan keluarga pun akan selalu terjaga dan tak akan tercemarkan.

2Jangan Lupakan Asal Usulmu

reksana.info

Keluarga yang melahirkanmu dan mereka yang selalu merawatmu adalah orang nomer satu yang akan selalu ada untukmu. Segala adat dan kebiasaan yang mereka ajarkan pasti mendarah daging dalam kehidupanmu.

Kemanapun kamu pergi, jangan sampai melupakan tanah kelahiranmu, keluarga besar yang selalu mendukungmu serta orang-orang lain yang berjasa hingga membesarkan namamu.

3Hormatilah Kedua Orang Tuamu

tanjunkpriok.blogspot.com

Orang tua adalah tempat dimana kamu akan kembali. Orang tua pula yang menjadi perantara terkabulnya segala do’a yang kamu haturkan pada Allah Yang Maha Kuasa. Tak ada alasan bagi seorang anak untuk mengabaikan orang tuanya.

Dua orang besar dan sangat berjasa dalam kehidupan ini. Menghormati, mengasihi dan menyayangi mereka sepenuh hati adalah hal utama yang harus selalu kita lakukan agar selalu mendapat ridho-Nya.

4Saling Mengasihi dengan Pasangan

lady-cuek.blogspot.com

Orang tua selalu berpesan bahwa hiduplah dengan rukun bersama pasanganmu. Bagi mereka, pernikahan itu baiknya hanya sekali dilakukan hingga maut yang akan memisahkan. Orang tua tak ingin anaknya dalam hubungan pernikahan yang sulit.

Sehingga, nasehat orang tua padamu yang telah menikah ialah untuk membina rumah tangga yang harmonis dan penuh kasih.

5Pandai-pandailah Memasak

dapurlangkawi.com

Seorang wanita yang baik adalah mereka yang selalu memiliki waktu untuk menyajikan santapan lezat bagi anggota keluarganya. Tak berguna kecantikan seorang wanita jika mereka tak bisa menghidangkan masakan untuk suami dan anak-anaknya.

Nah, untuk wanita-wanita di luar sana yang belum bisa memasak, belajarlah mulai sekarang. Ibu dan nenekmu pasti bahagia jika kamu meminta bantuan mereka untuk mengajarimu memasak.

6Rajinlah dalam Merawat Diri

blog.shopious.com

Nasehat ini lebih sering diterima oleh kaum hawa daripada kaum adam. Orang tuamu pasti sering mengomentari caramu berpakaian dan berdandan. Jika kamu tak bisa merawat diri, ibu adalah orang pertama yang akan menegurmu.

Wanita haruslah berpenampilan baik ketika hendak bepergian. Karena dari penampilan, orang akan menilai dirimu secara keseluruhan. Apalagi nanti saat berumah tangga, di dalam rumah pun harus terlihat secantik mungkin untuk menyenangkan suami.

7Bersihkanlah Rumah

www.beritatrendz.com

Sebisa mungkin, rumah yang kamu tinggali bersih setiap saat. Semua ruangan harus dijaga kebersihannya kapanpun itu. Kamu tak boleh bermalas-malas di rumah dan mengabaikan seluruh pekerjaan rumah tangga.

Paling tidak, kebersihan itu dimulai dari kamar tidurmu terlebih dahulu lah.

8Jalin Hubungan dengan Keluarga Besar

andredhia.wordpress.com

Banyak lho orang di zaman ini yang tak begitu mengenal keluarga besarnya lagi. Bagaimana denganmu? Jika masih banyak saudara atau sepupu yang kamu kenal, jalinlah hubungan yang baik dengan mereka.

Zaman pun sudah memudahkan kok, kamu bisa membuat grup chatting dan sebagainya untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Sehingga, keakraban akan tetap terjalin meski kalian tak berada dalam kota yang sama.

9Hemat

ciricara.com

Meski bekerja keras, seseorang tak akan mudah untuk menjadi kaya. Karena apa? Karena uang itu hanya masuk kantong sebentar dan hilang dalam sekejap. Mulai sekarang, kamu harus menghemat semua uang yang kamu miliki.

Jangan mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Jika uang yang kamu miliki itu disimpan dengan baik, masa depanmu pun akan lebih terjamin.

10Bersikap Lembut pada Anak

ceelootee.com

Cara mendidik anak antara orang tua yang satu dan orang tua lainnya berbeda. Namun, dari perbedaan itu seharusnya kamu belajar. Barangkali kamu pernah mendapat teguran dari ibu atau nenekmu saat sedang memarahi anak.

Mereka mengatakan bahwa kamu harus bersikap lebih lembut saat berinteraksi dengan anak. Jangan kamu kemudian marah dan menolak nasehat tersebut, kamu bisa merenungkan terlebih dahulu masukan dari mereka.

Ada baiknya kamu malah bertukar ide langsung dan berbagi pengalaman hidup dengan orang tuamu dalam mendidik anak.

11Muliakan Tetangga

sahabatumar.blogspot.com

Sebagaimana yang pernah Rasulullah saw ajarkan, kita sebagai makhluk sosial harus bersikap baik dengan semua orang, termasuk pada tetangga terdekat kita. Jangan kamu sombong saat berhadapan dengan tetanggamu.

Karena tetangga adalah orang terdekat yang akan selalu ada untuk membantu kita ketika tertimpa musibah.

12Jadilah Wanita yang Kuat

anitascarf.com wanita

Wanita memang dikenal sebagai seorang yang lemah, tapi hal itu tak berlaku untuk dirimu. Orang tuamu selalu mengajarkan bahwa seorang wanita itu mampu untuk berdiri dan melakukan segala pekerjaan yang dilakukan pria.

Kamu bukanlah wanita cengeng yang bisanya hanya merengek saja. Iya kan?

13Jangan Mudah Dihasut

megaganista.blogspot.com

Sebagai seorang manusia, wajar apabila kita menginginkan sesuatu yang lebih dari yang telah kita miliki sekarang. Namun, kamu pun harus pandai-pandai bersyukur dan tak mudah terhasut serta terpana dengan semua harta duniawi yang Allah titipkan ini.

Akan banyak godaan dan hasutan yang akan melemahkan imanmu demi mendapatkan kekayaan di dunia. Tetapi, hal itu belum tentu baik untuk kehidupanmu dan keluarga.

14Berhubungan Baik dengan Mertua

kamarilham.blogspot.com

Saat kamu memutuskan untuk menikah, nasehat ini akan menjadi “wejangan” wajib semua orang tua. Karena menikah adalah bersatunya dua keluarga besar, maka kamu harus memiliki hubungan baik dengan mereka.

Setidaknya, hubungan itu terjalin dari mertuamu terlebih dahulu. Sehingga, kamu akan mudah untuk masuk dan diterima dalam keluarga besarnya di kemudian hari.

SHARE