Kamu pernah makan nasi liwet? Mungkin kamu tidak akan pernah merasakan cita rasa asli nasi liwet sebelum datang ke Solo. Memang di Solo lah dan dari Solo lah kuliner yang satu ini dikenal.

Nasi liwet memang sudah terkenal di Indonesia. Makanan khas ini telah menyebar ke berbagai daerah, bukan hanya di daerah sekitar Solo saja. Nah, tetapi sebenarnya seperti apakah nasi liwet?

1Nasi Liwet

en.wikipedia.org

Masakan yang satu ini tentu saja bahan utamanya adalah beras. Rasa gurih yang muncul saat kamu memakan nasi liwet disebabkan karena nasi olahan ini dimasak menggunakan air santan.

Kamu pikir sama dengan nasi uduk khas Lamongan? Tentu saja berbeda, selain air santan, dicampurkan juga kaldu ayam, bumbu-bumbu tradisional, daun salam dan sereh. Jadi, sensasi rasanya benar-benar berbeda dari nasi uduk Lamongan.

resepmasakanindonesia.me
resepmasakanindonesia.me

Lebih dari itu, berbagai topping yang diletakkan di atas nasi liwet akan membuatmu ngiler. Biasanya lauk pelengkap pada nasi liwet adalah tahu dan suwiran daging ayam.

Selain tahu, kuah sayur labu siam juga merupakan salah satu pelengkap yang membuat nasi liwet semakin enak. Nasi yang tadinya gurih dan pulen kiri basah dan lembut tersiram air kuah sayur labu siam.

Pada beberapa warung tertentu juga menyediakan lauk lainnya. Umumnya akan juga disediakan opor ayam, telur bacem yang dimasak dengan kuah kecap dan jeroan ayam seperti ati dan rempela.

jenzcorner.net
jenzcorner.net

Belum selesai sampai disitu, alas yang digunakan untuk mewadahi nasi liwet adalah daun pisang yang berwarna hijau segar. Aroma daun pisang samar-samar akan menambah kenikmatan saat kamu memakan nasi liwet.

Satu hal lagi yang menyempurnakan nasi liwet adalah kumut atau areh. Topping yang di letakkan di atas tahu dan suwiran daging ayam. Kumut adalah krim santan kental dengan aroma yang sangat gurih dan menggugah selera.

Bagaimana? Kamu sudah tidak sabar untuk mencoba nasi liwet? Datanglah ke Solo dan cari nasi liwet Bu Wongso Lemu sampai dapat.

2Bu Wongso Lemu

primadien.blogspot.com

Mengapa harus nasi liwet Bu Wongso Lemu? Warung nasi liwet yang satu ini adalah tempat nasi liwet yang paling populer da paling terkenal di Solo. Banyak media online yan telah membuat profil warung nasi liwet Bu Wongso Lemu.

Datanglah ke jalan Teuku Umar, daerah Keprabon, Surakarta. Mungkin kamu akan banyak menemukan warung nasi liwet dengan tulisan ‘wongso lemu’ atau ‘bu wongso lemu’ di Solo.

hennpuspita.blogspot.com
hennpuspita.blogspot.com

Begitu terkenalnya warung yang satu ini hingga banyak warung yang mencatut ‘merek’ Bu Wongso Lemu. Agar tidak keliru, datanglah hanya ke warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Asli di daerah Keprabon.

Jika kamu tidak yakin, kamu bisa cocokkan jam buka dan pengelola warung tersebut saat ini. Jam buka warung ini adalah mulai jam 17.00 sore hingga dan 01.00 dini hari.

Kini warung tersebut dikelola oleh cucu langsung Bu Wongso Lemu, namanya Ati Tri Wulandari. Kamu bisa memastikan langsung dengan menanyakan nama pengelola warung ini.

yoyok1001.blogspot.com
yoyok1001.blogspot.com

Warung nasi liwet Bu Wongso Lemu dapat dikatakan sebagai warung yang legendaris di Solo. Warung ini bahkan telah berdiri sejak lama, lebih dari 65 tahun lamanya sejak tahun 1950.

Tidak perlu khawatir dengan harga yang kamu pikir mahal. Semuanya tergantung lauk yang kamu pilih. Kisaran harganya diantara Rp 10.000 hingga Rp 17.000. Dijamin kamu tidak akan kecewa jika mencoba nasi liwet Bu Wongso Lemu.

SHARE