Siapakah penemu rumus E=mc┬▓ ? kalau ditanya ke anak sekolah pasti semua tahu jawabannya. Ilmuwan yang terkenal nan nyentrik Albert Einstein.

Ilmuwan yang lahir di Ulm, Kerajaan W├╝rttemberg, Kerajaan Jerman, 14 Maret 1879 ini adalah ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20.

Einstein lewat teori relativitasnya yang terkenal menjadikannya salah satu ilmuwan yang paling dikagumi di dunia. Bahkan hingga saat ini. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”.

Einstein juga dinobatkan sebagai “Tokoh Abad Ini” oleh majalah Time. Bahkan untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein.

Nah, untuk menjadi besar ternyata Einstein memang memiliki kecerdasaan sekaligus kebijaksanaan. Ada beberapa nasihatnya yang terus melegenda hingga saat ini. Kata-katanya seperti filosof yang sarat makna.

Jika ingin sebesar Einstein, mungkin ada baiknya kita simak beberapa nasihatnya.

1Saya bukan pintar, hanya bertahan lebih lama

www.youtube.com

Einstein yang begitu jenius saja merendahkan hatinya dengan mengatakan ia tidak pintar. Namun semua keberhasilannya ia raih berkat kerja keras dan pantang menyerah.

Einstein ingin berkata ke setiap orang, mungkin setiap orang bisa jadi tidak pintar namun semua memiliki kesempatan yang sama jika ia bekerja lebih keras dan bertahan menghadapi ujian.

2Imajinasi adalah penarik masa depan

theunboundedspirit.com

Meskipun Einstein adalah seorang ilmuwan, lewat nasihatnya ini ia ingin menegaskan ada yang lebih penting dari pada ilmu pengetahuan.

Yak lewat imajinasi, seseorang bisa menembus batas ruang dan waktu. Sesuai dengan teori relativitas yang ia temukan.

Dalam hidup, imajinasi dapat menjadi gambaran akan kesuksesan yang ingin kita capai. Imajinasi bak stimulus untuk memicu kita bekerja keras menggapai hal tersebut. Tanpa imajinasi, hidup akan terasa hambar.

3Saya tak pernah memikirkan masa depan

www.youtube.com

Nah, nasihat ini mungkin yang paling cetar. Betapa banyak diantara kita yang terlalu takut memikirkan masa depan.

Bayangan suram sudah membayangi jika masa depan kita nanti begini dan begitu. Akhirnya kita hanya sibuk dalam ketakutan masa depan dan tak melakukan apa-apa di masa sekarang.

Hiduplah di masa ini. Jangan pernah takut apa yang akan terjadi di masa depan, alih-alih masa lalu.

4Saya hanya selalu menikmati rasa ingin tahu

www.pbs.org

Rasa ingin tahu yang besar akan memancing seseorang untuk melakukan sesuatu. Seperti Einstein, ia tak akan memecahkan banyak penemuan bila tidak memiliki rasa ingin tahu.

Rasa ingin tahu amat penting dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses. Ibaratnya, rasa ingin tahu adalah pemicu seseorang untuk berkembang. Peliharalah rasa ingin tahu itu agar terus tumbuh.

5Jangan takut salah untuk mencoba sesuatu

crazyengineers.com

Jangan pernah takut berbuat salah. Ilmuwan mungkin orang yang kerap akrab dengan kegagalan. Berapa banyak mereka melakukan kesalahan dan kegagalan dalam penelitiannya.

Namun yang orang-orang tahu bukan sebanyak apa kegagalannya, namun hanya satu saja keberhasilannya. Namun di balik satu keberhasilannya itu ada perjuangan panjang.

Nah jangan takut gagal, karena terbukti ada banyak keberhasilan yang akan terus diingat oleh orang-orang.