Bandung dianugerahi seorang pemimpin yang tak hanya pintar mengelola sebuah kota, tapi juga cerdas, humoris, dan bijak. Selain usia seorang walikota yang tergolong muda, Ridwan Kamil memang memiliki jiwa dan pembawaan yang mampu masuk ke segala usia.

Terbukti dari rasa cinta seluruh warga Bandung padanya. Beliau begitu dihormati. Sifat kerja keras dan lebih banyak aksi daripada wacana semakin membuatnya sukses menarik perhatian seluruh rakyat Indonesia, bahkan dikenal di Negara-negara tetangga.

Bandung mengalami progress yang menanjak tajam setelah ketika masa kepemimpinan Ridwan Kamil. Pesatnya pembangunan di Bandung terutama pada bidang infrastruktur dan kesejahteraan warga.

Ia tak banyak bicara. Namun ketika ia berpesan pada warganya, khususnya kaum muda, segera saja kata-kata atau kalimat itu menjadi terkenal dan digunakan banyak orang.

1Jangan Berhenti Belajar

detikmedan.com

Tidak ada batas usia untuk menjadi cerdas. Jadilah pembelajar seumur hidup, bahkan sampai kita mati. Selama kita masih hidup di dunia, maka selama itu pula proses belajar akan terus berlangsung.

“Never stop learning, no age limit for getting smarter”

2Karya dan Inspirasi

kalampos.com

Kalau kamu ingat kalimat Chairil Anwar yang berbunyi, “Sekali Berarti Sesudah Itu Mati” kurang lebih sama dengan apa yang dipesankan Ridwan Kamil pada kita.

“Hidup hanya sekali. Jangan menua tanpa karya dan inspirasi”

3Bandung dan Filosofi Hidup

rss.ayosearch.com

Kecintaan Ridwan Kamil pada Bandung, yang juga kota kelahiran dan tempat ia tumbuh, dibuktikan dengan kerja-kerja besar yang ia lakukan saat ini.

Maka tak salah ketika ia mengatakan, “Bagi saya, Bandung bukan hanya nama kota. Ia juga merupakan filosofi hidup”

4Perjuangan dan Kesabaran

dakwahjateng.com

Hidup tak pernah lepas dari ujian kebahagiaan, kesedihan, dan peristiwa serta perasaan lainnya yang sangat beragam. Hanya satu kuncinya untuk menghadapi proses panjang hidup ini, yaitu sabar.

“Karena hidup adalah perjuangan berbekal kesabaran”

5Definisi Bahagia

berkuliah.com

Setiap manusia bisa bebas mendeskripsikan bagaimana bentuk kebahagiaan mereka. Namun bagi Ridwan Kamil, arti kebahagiaan begitu sederhana dan memang bahagia itu bisa diperoleh dengan cara yang tak melulu soal kemewahan, harta melimpah.

“Bahagia, adalah mereka yang hidup serba cukup walau tidak kaya raya”

6Arti Kegagalan

galihsedayu.wordpress.com

Setiap manusia juga pasti menemui pintu kegagalan sepanjang hidupnya. Ketika gagal melakukan sesuatu atau gagal mencapai impian, maka di situlah kita belajar untuk bangkit, berdiri, dan berjalan kembali.

“Kegagalan adalah teguran untuk move on”

7Cinta Indonesia

corongnews.com

Ketika tugas-tugas kepemerintahan mengharuskan Ridwan Kamil untuk berkeliling ke beberapa negara, yang ia rasakan justru sebuah kecintaan semakin dalam pada Indonesia. Mengapa bisa begitu?

Ia begitu menggebu, semakin antusias dan bersemangat membangun negeri ini melalui Bandung. Indonesia ternyata memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan negara-negara lain.

“The more I travel, the more I’m in love with Indonesia”

8Tugas Generasi

kaskus.co.id

Tugas kaum muda sekarang tentu lebih besar dengan tantangan zaman yang juga jauh lebih dahsyat. Terlebih lagi, posisi Walikota Bandung di masa depan tentu akan digantikan oleh anak muda.

Maka, mereka tak bisa hanya diam saja. Termasuk dalam sikap dan sifat, budaya timur yang santun tetap harus dijaga.

“Tugas maha besar generasi kita, adalah mewariskan toleransi bukan kekerasan. Kecerdasan bukan kebodohan, kerja keras bukan kemalasan”

9Kesuksesan

regional.kompas.com

Proses menjadi sukses tentu tidaklah mudah. Ridwan Kamil berusaha menyemangati semua orang bahwa proses ini harus dilewati bukan dengan santai dan bermalas-malasan.

“Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa”

10Galau

youtube.com

Kalau ditanya soal galau, barangkali jawaban Ridwan Kamil bukan justru terlihat aneh, menggelikan, atau konyol. Justru jawaban yang ia lontarkan sangat manis.

“Bapak pernah galau gak?”
“Lumayan. Tapi ada bu wali yang selalu setia menyemangati”

11Rendah Hati

harryrafli.blogspot.com

Setelah semua upaya kita dalam menjalani proses kehidupan dengans segala kerumitan masalahnya, maka ingat muara seluruh hidup ini ada pada siapa.

Jangan pernah lupa bahwa ada Dzat yang perlu kita ingat, perlu kita jadikan tempat berdoa agar keberkahan selalu menyertai.

“Selalu rendah hatilah kita, karena ada Yang Maha Tinggi”

SHARE