jamie-thomas.com

5 Negara Asing dengan Jumlah Warga Indonesia Terbanyak

Posted on

Banyak alasan yang mendorong masyarakat Indonesia tinggal di negara lain. Ada yang karena sekolah, bekerja, mengikuti suami yang warga negara asing, dll.

Di antara banyaknya warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri, sementara maupun menetap selamanya, ada 5 negara asing yang paling banyak dihuni warga Indonesia.

Apa saja 5 negara tersebut?

Malaysia (2.5 juta jiwa)

menara-fm.com
menara-fm.com

Sebagai negara yang serumpun dengan Indonesia, WNI cenderung mudah untuk beradaptasi dengan cepat di negara ini.

Bahasanya pun hampir sama, bahkan memang mirip dengan Bahasa di satu daerah di Indonesia, yaitu Bahasa melayu. Meskipun Malaysia juga banyak yang menggunakan Bahasa inggris.

Belanda (395 ribu jiwa)

anugrahromadhon4b.blogspot.com
anugrahromadhon4b.blogspot.com

Belanda adalah negara terbanyak kedua dalam jumlah penduduk Indonesia yang tinggal, setelah Malaysia. Salah satu alasannya karena ilmu-ilmu lanjutan seperti sastra sunda, sastra jawa, dan sastra Indonesia ada di Belanda.

Ketika Belanda menjajah Indonesia dalam jangka waktu yang sangat lama, banyak naskah tradisional daerah yang dibawa keluar dari tanah nusantara.

Sebagian besar warga Indonesia yang ada di Belanda tinggal sementara untuk keperluan sekolah. Namun ada juga yang memang menikah dengan warga asli Belanda.

Suriname (90 ribu jiwa)

suriname360.com
suriname360.com

Di negara ini, mayoritas penduduknya orang jawa sli lho. Suriname terletak di Amerika Selatan dengan penduduk total 534.189 jiwa dan luas wilayahnya 163.821 km persegi.

Asal muasal keberadaan WNI di negara ini adalah kebutuhan Belanda akan tenaga kerja untuk mengoptimalkan potensi wilayah Suriname. Ada cukup banyak orang Indonesia yang diberangkatkan oleh Belanda ke sana, sekitar 15% dari total populasi.

Pada waktu itu, penyebaran berita dan informasi masih sangat sulit, sehingga para WNI terlambat mengetahui bahwa Indonesia sudah merdeka. Oleh karena kendala akomodasi pula, akhirnya sebagian besar WNI memilih untuk menetap di Suriname.

Australia (86 ribu jiwa)

gapyear.com
gapyear.com

Akibat banyaknya pelaut Bugis yang dengan kapal pinisi kebanggaannya melakukan pelayaran hingga ke Asutralia, hingga menjadi rutinitas tahunan, pada akhirnya sebagian orang Indonesia menetap di Australia.

Jika masyarakat Bugis mengunjungi Australia pada zaman dahulu, mereka akan menetap selama berbulan-bulan.

Kaledonia Baru (7 ribu jiwa)

tabloidjubi.com
tabloidjubi.com

Kaledonia Baru adalah negeri jajahan Perancis yang letaknya ada di sebelah timur Australia atau sebelah utara Selandia Baru. Meskipun negara ini adalah bekas jajahan Perancis, namun sebagian kecil warganya adalah keturunan Indonesia, khususnya orang jawa.

Hampir sama seperti Suriname, Belanda mengirimkan para pekerja dari tanah jawa untuk berangkat ke Kaledonia Baru sebab kebutuhan Perancis akan pekerja. Belanda dan Perancis melakukan kerjasama ekonomi pada waktu itu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *