Sistem pendidikan merupakan salah satu hal penting bagi generasi manusia, termasuk bagi sebuah negara. Semua negara di dunia ini berlomba-lomba memperbaiki sistem pendidikan di tempatnya.

Tak terkecuali Indonesia, setiap tahun pemerintah negeri ini menata ulang sistem pendidikan ke arah yang lebih baik dan lebih modern.

Beberapa faktor pendukung sistem pendidikan pun harus diperhatikan, seperti pendanaan, kualitas pengajar, sarana dan prasaran pendidikan itu sendiri.

Berbagai lembaga telah melakukan survey mengenai sistem pendidikan terbaik di dunia. dan merilis daftar Negaranya. Dalam daftar tersebut setidaknya ada lima Negara Asia yang memiliki sistem pendidikan paling baik.

Lantas Negara apa saja yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia?

1Finlandia

madaaris.net

Negara pertama yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia. Dari tahun ke tahun sistem pendidikan di Finlandia selalu menduduki perinkat teratas.

Sebuah survey global mengatakan, Finlandia disebut sebagai negara dengan kualitas hidup nomor satu di dunia.

Pemerintah Negara Finlandia memang memberikan andil besar. Pemerintah ikut terjun langsung dalam mengawasi sistem pendidikannya. Finlandia memiliki keunggulan dalam melaksanakan sistem pendidikannya.

Sedikitnya ada 5 hal yang menjadikan Finlandia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia peringkat pertama, yaitu pilihan sekolah sedikit dan semuanya dikelola oleh pemerintah, tidak ada PR, tidak ada UN, kurikulum pendidikan fleksibel, dan guru berkualitas.

SPONSORED: Alat Peraga Pendidikan

Finlandia membuktikan bahwa sekolah yang sedikit serta guru dengan kualitas terbaik adalah kuncinya.

2Korea Selatan

exaranda.com

Sistem Pendidikan di Korea Selatan adalah 6-3-3-4, yang terdiri dari 6 tahun SD, 3 tahun SMP, 3 tahun SMA dan 4 tahun perguruan tinggi.

Untuk jenjang pendidikan primer dari SD hingga SMP semua biaya sekolah ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan untuk jenjang pendidikan tingkat SMA dikenakan biaya, tapi hanya setengahnya karena setengahnya lagi ditanggung pemerintah.

Libur yang diberikan setiap sekolah pun tergolong lama. Sekolah di Korea Selatan akan diliburkan pada musim panas, liburan musim dingin dan musim semi.

Para siswa di Korea Selatan juga dididik dengan keras dan cermat. Dimulai dari usia 3 tahun, anak-anak di Korea Selatan sudah diperbolehkan masuk sekolah.

3Hongkong

brilio.net

Sistem pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah Hongkong adalah kompetitif dan mengedepankan kualitas pengajar. Selain itu, sistem pendidikannya pun mengadopsi struktur pendidikan Inggris.

Pendidikan di Hongkong juga lebih mengutamakan pengetahuan, kehlian praktik, serta kemampuan interpersonal.

Penerapan praktik kerja nyata ini bertujuan melatih para siswa di Hongkong akan terbiasa hingga nanti ke jenjang pekerjaan.

Sekolah menengah di Hongkong memang terbagi menjadi dua tingkat, yaitu Junior dan Senior. Sekolah-sekolah menengah tersebut juga dibagi lagi menjadi tiga kelompok. Pengelompokan ini bertujuan untuk menentukan peringkat dalam urutan Prestise Akademik.

Kelompok nomor 1 tentu kelompok yang paling bergengsi. Semakin baik peringkat siswa tersebut dari sekolah, maka semakin besar pula kesempatannya masuk ke Universitas bergengsi.

4Jepang

murniramli.blogspot.com

Salah satu hal yang berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang super canggih adalah sistem kurikulum di Negari Sakura.

Tingkat pendidikan di Jepang sebenarnya hampir sama seperti di Indonesia. Pendidikan SD 6 tahun, SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun. Sistem pendidikan di Jepang mengacu pada sistem pendidikan Amerika.

Sama seperti di Finlandia, di Jepang juga tidak mengenal ujian kenaikan kelas. Sistemnya yaitu setiap siswa yang telah menyelesaikan proses belajar di kelas satu otomatis akan langsung naik ke kelas dua, demikian seterusnya.

Ujian akhir sekolah pun tidak ada, jadi bagi siswa yang telah berhasil menyelesaikan SD langsung bisa mendaftar ke SMP.

Namun, untuk siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA harus mengikuti ujian masuk. Ujiannya bersifat standar.

5Singapura

flashnetku.blogspot.com

Negara ini memang menjadi sasaran empuk orang Indonesia untuk menempuh pendidikan bergengsi dengan kualitas internasional.

Singapura sendiri memiliki sistem pendidikan yang oke, dimana para siswa dituntut harus mengajukan pertanyaan dan mencari jawabannya dengan cara memecahkannya secara bersama-sama.

6Belanda

upeducationnetwork.org

Standar kualitas pendidikan di Belanda ini diterapkan oleh hukum lho. Menurut hukum yang berlaku, setiap program studi harus diakreditas oleh Pemerintah.

Sistem pendidikan di Belanda juga terkenal sangat unik dan berbeda dengan negara lain. Di Belanda penjurursan akademik sudah dimulai sejak pendidikan sekolah dasar.

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan minat dan kemampuan akademis masing-masing siswa.

7Kanada

dailymoslem.com

Kanada juga termasuk ke dalam daftar Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara ini menerapkan sistem pendidikan yang mencakup sekolah privat dan sekolah swasta.

Sistem tersebut termasuk perguruan tinggi, institut kejuruan, sekolah menengah, sekolah bahasa, dan universitas.

Di Kanada tidak ada peringkat resmi untuk institusi pendidikan tertentu. Namun, kita akan menemukan berbagai sekolah berkualitas di seluruh pelosok Kanada.