Dalam dunia bisnis kemampuan negosiasi atau lobi menjadi sangat penting. Lobi dibutuhkan seseorang agar apa yang kita inginkan bisa terakomodir.

Karena dalam bisnis bisa jadi akan banyak hal yang tida terduga terjadi. Nah mengantisipasi hal hal yang tidak terduga ini, diperlukan kesiapan untuk negosiasi.

Selain itu, bisnis menjadi sangat penting memerlukan negosiasi untuk mengegolkan sebuah proyek. Terkadang kita diminta terlebih dahulu untuk melakukan presentasi tentang proyek kita.

Nah disinilah pentingnya kemampuan negosiasi sebagai salah satu syarat kemampuan yang harus dimiliki pebisnis. Apa saja tips negosiasi agar bisa tembus proyek kita

1Pisahkan Pokok Masalah

www.causeplanet.org

Pertama pisahkan pokok masalah yang dinegosiasikan dengan mitra bisnis. Jangan sampai masalah pribadi menghambat proses negosiasi yang sedang berjalan.

Tak heran perusahaan-perusahaan besar biasanya mempunyai tim negosiasi yang terdiri dari beberapa orang dengan keahlian berlapis-lapis. Dengan begitu, tidak akan pernah terjadi konflik pribadi dengan proses negosiasi.

2Mengacu Pada Tujuan Utama

www.yesforeurope.eu

Apa hasil akhir yangkita inginkan dalam negosiasi ini? Bukan masalah menang atau kalah,apalagi sampai menjatuhkan mitra bisnis.

So, tetap berkepala dingin dan jangan pernah terpancing dengan emosi atau ego mau menang sendiri. Bisa jadi calon mitra bisnis ingin menguji kita sejauh mana kita menginginkan proyek tersebut.

3Win Win Solution

Selalu fleksibelselama negosiasi agar terhindar dari jalan buntu. Persiapkan beberapa solusi alternatif yang diprediksi bisa menciptakan kondisi saling menguntungkan bagi mitra bisnis

Mengalah sedikit untuk bisa mengambiil keuntungan yang lebih banyak diperlukan dalam pola pikir negosiator bisnis. Dan kemampuan itu harus dimiliki dengan perhitungan yang sangat cepat dan cermat.

4Selesaikan dengan Cepat

www.business2community.com

Selesaikan proses negosiasi dengan cepat dan tidak bertele-tele. Hindari faktor-faktor yang bisa melelahkan mitra bisnis seperti proses negosiasi yang terlalu lama, tempat negosiasi yang tidak kondusif,dll.

Karena faktor-faktor tersebut cenderung membuat mitra bisnis jadi emosional dan berbalik menekan kita. Jika sudah ada tanda-tanda untuk closing kesepakatan, ada baiknya langsung ditekan untuk melakukan deal. Selebihnya kita bisa berhaha hihi dengan klien setelah terjadi kesepakatan.

5Riset, riset dan riset

mrbusinessgolf.com

Hal terpenting dalam negosiasi sering berkaitan dengan etika dan budaya. Negosiator ulung selalumelakukan riset untuk mengetahui karakter mitra bisnisnya.

Apa latar belakangnya,kebiasaan, hobi, kesukaan, dll. Terbukti bahwa kebanyakan kontrak besar bisnis dimenangkan bukan di meja rapat, tapi di lapangan golf,kapal pesiar atau restoran.