Neraka jahanam disediakan oleh Allah bagi mereka yang durhaka kepada-Nya hingga di ujung usianya saat ajal menjemput. Bagi orang-orang yang senantiasa bergelimang maksiat dan dosa tanpa mengenal pertaubatan. Neraka jahanam akan menjadi hunian mereka kelak setelah kiamat datang.

Ingatlah tatkala neraka jahanam ditarik dengan tujuh puluh ribu tali kekang yang setiap talinya ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat. Saat itu orang-orang kafir dan sombong dalam kehinaan. Mereka berharap seandainya dapat menebus semua itu dengan emas sebesar dunia.

1Pemandangan Singkat Jahanam

kaskus.co.id

Coba bayangkan bagaimana pemandangan neraka jahanam yang sungainya berupa darah dan nanah beraroma busuk yang menggelegak dan sangat menusuk hidung. Minumannya adalah air yang terus mendidih. Naungannya adalah awan hitam yang panas.

Anginnya membawa hawa yang sangat panas. Makanannya berupa zaqqum yang berduri dan tetesannya bila jatuh ke  bumi, niscaya bumi akan hancur beserta isinya. Bahan bakarnya adalah manusia dan batu api. Panasnya terasa membakar kullit hingga ulu hati.

Pakaiannya adalah baju yang membakar. Kedalamannya sejauh batu yang diluncurkan selama 70 tahun hingga menyentuh dasarnya. Suara neraka akan meraung geram, mengancam  para penghuninya. Mereka akan dibelenggu dengan rantai besi yang membara hingga kemerahan.

Mereka dipukul dengan palu godam. Dimana godam tersebut jika mengenai sebuah gunung, niscaya akan hancur menjadi abu. Wajah mereka akan diseret di atas bara api dengan kondisi tangan terikat.

Sungguh. Kecelakaan macam apalagi yang begitu pedih dan besar daripada itu semua.

Ya Allah.. Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahanam. Aamiin..

2Lokasi Neraka

kwikku.com

Sebagian salaf berpendapat bahwa neraka terletak di dasar bumi yang ke tujuh sebagaimana pendapat sahabat Ibnu Mas’ud dan lainnya. Sedangkan kebanyakan ulama lebih memilih berdiam diri untuk masalah ini.

3Pemandangan Lain di Jahanam

kucintaislammu.blogspot.com

Terdapat sebuah gunung api bernama Shu’uda. Di gunung ini nantinya seorang kafir diperintahkan oleh Allah untuk mendakinya. Sebagaimana dalam surat Al Muddatsir ayat 17.

Setiap kali dirinya meletakkan tangannya di atas permukaan gunung tersebut, maka tangannya langsung meleleh. Dan ketika diangkat, kembali seperti sedia kala. Dia akan menghabiskan waktu hingga 70 tahun untuk mendakinya dan menuruninya dengan waktu yang sama.

Terdapat lembah bernama Al-Ghayy. Lembah ini berada di dasar Jahanam. Terdapat sungai yang berisi nanah bercampur darah, dikhususkan bagi para penghuni neraka. Lembah ini dikhususkan bagi mereka yang meremehkan sholat dan mengikuti syahwatnya. Sebagaimana dalam Surat Maryam ayat 59.

Di jahanam juga terdapat lembah Atsam. Yaitu lembah yang dipenuhi dengan ulat dan kalajengking. Azab di dalamnya berlipat-lipat. Lembah ini diperuntukkan bagi yang merbuat syirik, berzina dan membunuh jiwa tanpa hak. Sebagaimana dalam surat Al Furqan ayat 68.

Ada juga lembah Maubiqa. Lembah yang dialiri nanah berbau busuk. Allah siapkan bagi para penyembah berhala.

youtube.com
youtube.com

Selain itu, ada juga sebuah bangunan bernama Al Falaq. Ibnu Rajab menjelaskan jika pintunya dibuka, maka seluruh penduduk neraka akan menjerit karena tidak mampu menahan nafasnya.

Terdapat penjara Bulas. Diperuntukkan bagi orang-orang yang menyombongkan diri. Mereka akan digiring seperti semut-semut kecil. Mereka akan diselimuti dengan kobaran api dan tengggelam dalam keringat dan nanah bercampur darah penduduk neraka. Sebagaimana hadits riwayat Ahmad.

Ada pula belenggu jahanam yang terdiri dari tiga belenggu. Al Aghal adalah belenggu dari besi yang senantiasa membara. Dipasang di leher setiap penduduk neraka sebagaimana dalam surat Saba’ ayat 33.

Al –Ashfad, berbentuk tali api yang sangat kuat sehingga seseorang tak berdaya diikatnya sebagaimana dalam surat Ibrahim ayat 49. Juga As-Salasil, yaitu rantai besi yang memiliki panjang 70 hasta sebagaimana dalam surat Al Haqqah ayat 32.

Dan juga terdapat cambuk jahanam. Yang Allah berikan kepada para penjaga neraka dengan sifat dan karakter yang sangat keras dan kasar. Sebagaimana dalam surat Al Hajj ayat 21 dan surat At Tahrim ayat 6.

Demikianlah gambaran sekilas tentang neraka jahanam. Dimana di dalamnya penuh dengan siksa dan bencana yang tidak pernah satupun manusia yang pernah merasakannya. Semoga kita semua terhindar dari ancaman jahanam dan tidak termasuk dalam golongan ahli neraka.