Masa muda memang masa yang menyenangkan. Masa dimana kita masih mempunyai keinginan tinggi dalam mengekspresikan diri.

Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam mengekspresikan diri melalui berbagai aktivitas atau gaya hidup. Misalnya traveling, jalan-jalan, berkumpul bersama teman-teman dan lainnya.

Semuanya itu boleh saja dilakukan asalkan positif. Bisa juga malah menumbuhkan kreativitas dalam diri kita.

Akan tetapi sudah kah kita menyadari bahwa ada beberapa aktivitas atau perilaku yang tidak disukai atau bahkan dianggap meresahkan publik?

Bisa dibilang perilaku yang mengganggu kenyamana publik. Untuk kamu anak muda yang gaul, keren, dan oke, tentu tidak ingin melakukan hal yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan di lingkungan publik.

Dan jangan kamu lakukan beberapa hal di bawah ini.

1Merusak Fasilitas dan Sarana Publik

bpbd.slemankab.go.id

Sarana dan fasilitas publik ditujukan kepada semua orang. Setiap orang berhak menggunakannya. Seperti taman kota, toilet umum, lapangan olahraga dan sebagainya.

Tapi bagaimana jika sarana dan fasilitas tersebut rusak? Tentunya kamu tidak bisa menggunakannya dengan baik dan hak orang lain pun juga tidak akan terpenuhi.

Tanpa kita sadari mungkin kita pernah melakukan pengrusakan terhadap fasilitas umum. Ya, mungkin tidak secara langsung tapi perlahan-lahan.

Misal saja seperti membuang sampah sembarangan, iseng-iseng mencoret-coret di sembarang tempat, dan lain-lain.

So, bagi kamu anak muda yang gaul, sebaiknya jangan lakukan ini.

2Merokok di Sembarang Tempat

tmroffi.wordpress.com

Sudah menjadi kebiasaan yang sering kita temui di tempat umum, yakni melihat orang-orang merokok di sembarang tempat.

Entah di taman, di angkot atau di terminal. Meskipun bahaya rokok sudah jelas, namun kebiasaan rokok belum bisa dihindari.

Bagi kamu, kaum-kaum yang belum bisa move on dari kebiasaan merokok paling tidak menghargai hak orang lain dengan jangan merokok di sembarang tempat.

Jika kamu merokok seenaknya, asap-asap itu tentu sangat mengganggu apalagi jika yang terkena dampak asap adalah anak-anak bahkah bayi, duh betapa kasiannya.

Merokoklah pada tempat yang disediakan. Dan alangkah lebih baik hindari yang namanya rokok.

3Berucap Kata-kata Kasar di Tempat Umum

www.rumahdakwah.net

Mungkin kamu pernah mendengar orang-orang dengan perilaku yang seperti itu, mengucapakan kata-kata yang tidak enak di dengar seperti makian atau kata-kata kasar.

Kita tahu bahwa setiap orang memilii watak yang berbeda-beda. Nah, jika perilaku tersebut kamu lakukan di tempat umum apakah orang lain yang mendengarnya bisa menerima hal itu?

Bahkan lebih parahnya lagi jika kata-kata itu didengar lalu ditirukan oleh anak-anak kecil. Dampaknya malah semakin tidak baik.

Kamu yang ngaku anak muda gaul and so cool, sebagai generasi penerus bangsa tentu perilaku ini tidak akan kamu lakukan di dalam kehidupan sehari-hari dan dimananpun kamu berada. Ya kan guys?

4Ugal-ugalan di Jalanan

ching044428.blogspot.com

Jalanan juga adalah salah satu hak banyak orang. Siapapun tentu menginginkan perjalanan yang lancar dan cepat sampai tujuan.

Akan tetapi, hal itu bukan berarti harus dilakukan dengan ugal-ugalan? Misalnya mengendarai kendaraan dengan kencang seperti di arena balap.

Ingat guys, jalanan itu bukan miliki diri kita sendiri, berkendara di jalanan juga harus hati-hati tak usah kebut-kebutan. Kita juga harus memperhatikan keselamatan diri kita dan oranglain.

Ngebut ugal-ugalan tentunya bukan tipe anak muda yang ngaku gaul dan keren. Kamu anak muda yang gaul and cool abis, adalah yang bisa menghargai hak-hak orang lain.

Berkendara dengn hati-hati, mematuhi peraturan lalu lintas dan tentunya tidak kebut-kebutan akan membuat perjalanan menjadi nyaman dan aman, baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya jangan kamu lakukan di tempat umum, anak muda yang keren dan oke tentunya bisa menjaga sikapnya dimanapun ia berada.

Dengan berperilaku baik di tempat umum juga akan membuat nyaman pengguna layanan publik yang lain. Kamu pun juga akan merasa aman dan nyaman.