Fitrah manusia adalah makhluk yang mempunyai akal yang sehat, mempunyai hati nurani, dengan hati nurani tersebut mereka mampu membedakan mana yang benar mana yang salah.

Mereka juga diberi nafsu, agar mereka mampu membedakan mana yang boleh dan tidak.Mereka juga mempunya mata yang mampu melihat mana yang seharusnya dilakukan dan yang seharusnya tidak dilakukan.

Tapi kenyataannya banyak yang berbeda, dengan akal dan nafsu mereka yang lebih tinggi dari hati, justru banyak menimbulkan kerusakan.

Baik kerusakan pada dirinya juga pada orang lain, tak heran banyak manusia menjadi korban nafsu orang lain. Bahkan mereka tidak pandang bulu, anaknya sendiri, saudaranya sendiri bahkan sampai ibunya sendiri menjadi korban.

Ya, nafsu itulah yang ternyata yang lebih mengerikan dari setan, karena tidak ada ceritanya setan menganiaya setan, tapi manusia ada bahkan banyak.

Untuk itu perlu kita harus hati-hati betul dengan nafsu kita. Yuuk mari pelajari beberapa hal di bawah ini.

1Memenuhi Nafsu Tak Ada Ujungnya

mtf-online.com

Ya, hal yang pertama yang harus kita pahami adalah memnuhi nafsu ini tidak ada ujungnya, tidak puasnya, tidak ada selesainya.

Ketika nafsu sudah dipenuhi walau beberapa saat tetap saja akan hadir lagi, misal orang yang menyukai wanita karena kecantikannya, sungguh ia akan menyukai semua wanita cantik yang ada di dunia.

2Nafsu Tinggi Mematikan Hati Nurani

blog.debusana.com

Jika nafsu sudah di ubun-ubun, maka matilah hati nurani, seperti yang kita ketahui bersama, banyak sekali korban pemerkosaan dan pencabulan yang korbannya adalah anak sendiri, murid sendiri bahkan malah istri orang lain.

Ini sudah jelas bahwa telah mati hati nuraninya, ia sudah seperti orang kesetanan yang tidak tahu aturan, tidak peduli orang lain, masa bodoh terhadap agama dan ini akan sangat mengerikan dan juga sangat merugikan orang lain.

3Nafsu Tinggi Menghilangkan Akal Sehat

international.sindonews.com

Hal berikutnya jika nafsu sudah tinggi maka hilanglah akal sehatnya, misal yang sudah banyak terjadi di Indonesia, ada yang mengaku sebagai nabi, mereka yang bunuh diri, ada juga orang yang meniduri mayat wanita, makan daging manusia dan sebagainya.

Bahkan ada yeng terjadi di luar negeri, manusia ada yang merubah dirinya dengan bentuk seperti setan, seperti hewan dll, hal ini membuktikan nafsu mereka sudah kelewat batas akal pikiran manusia.

Inilah contoh nyata dan fakta mereka yang sudah dikuasai oleh nafsu buta, akal sehatnya hilang, cara berpikirnya sudah bukan cara berpikir manusia normal lagi.

4Nafsu Harus Dikontrol Terus

usrahkeluarga.blogspot.com

 

Sekuat apapun iman kamu, serajin apapun ibadah kamu, kamu harus tetap mengontrol nafsu kamu, karena setan tidak henti-hentinya membisikkan hal yang jelek kepadamu. Dan yang harus kamu tahu iman itu naik turun, tidak selamanya naik.

Ada kalanya iman turun dan pada saat itulah setan akan meracuni pikiran dengan segala macam cara.

Untuk itu kita harus terus waspada, terus bergerak dan berpikir, jangan sampai setan megalahkan dengan membuat indah nafsu kita, sehinngga terpedaya olehnya.