Waktu kecil dulu, kamu pasti pernah kesemsem pengen punya kotak musik. Itu lho, kotak musik yang setiap musiknya mengalun, ada balerina atau semacam putri gitu yang menari-nari berputar-putar.

Zaman dulu, di mana belum ada smartphone yang bisa mengunduh musik dengan mudahnya, kotak musik seperti itu merupakan barang yang luar biasa. Tapi mungkin sekarang, kotak musik seperti itu jadi benda yang begitu biasa.

Tapi, setiap disebutkan kata kotak musik, maka otak kita pasti akan mengingat benda dengan balerina berputar seperti zaman dahulu. Dan kita pasti tidak akan pernah menyangka kalau ada kotak musik berbentuk yang lain. Contohnya saja kotak musik berbentuk tembakan seperti di bawah ini!

1Melihat Tembakan dari Dekat

boredpanda.com

Kalau kita lihat dari dekat, mungkin kita menyangka, alat-alat seperti gambar di atas digunakan untuk peperangan. Gimana nggak, soalnya bentuknya mirip tembakan atau pistol gitu. Tapi siapa yang menyangka, ternyata alat-alat itu adalah bagian dari sebuah kotak musik.

Wah, kotak musik? Kok bisa sih kotak musik, kan alatnya nggak ada bedanya sama pistol gitu? Jadi penasaran kan? Kalau penasaran, kita lanjutkan membacanya yuk! Supaya kita dapat jawaban dari pertanyaan di atas.

2Inilah Kotak Musik dan yang Menciptakannya

boredpanda.com

Nah, inilah bentuk keseluruhan dari kotak musik tersebut. Oiya, kita pun bisa melihat tuh, foto orang yang menciptakan alat ini. Jadi alat ini adalah kotak musik, sedangkan benda berbentuk pistol berjajar di atasnya itu berfungsi untuk mengeluarkan suaranya.

Jadi tiap irama dari kotak musik, ditembakkan sampai ke telinga pendengar dari alat itu. Serupa senapan yang menembakkan peluru ke jantung sasarannya. Keren kan analoginya. Kalau peperangan pakai alat ini, bisa-bisa selepas perang semua orang jadi bahagia.

3Seperti Pistol yang Siap Menembak

boredpanda.com

Pada foto di atas, kita bisa melihat lagi pistol-pistol berjajar yang siap menembakkan irama musik ke pendengarnya. Kebayangnya sih, nada-nada akan beralun bergantian dari masing-masing pistol atau senapan itu.

Jadi penasaran pengen denger suara musik dari alat itu ya? Karena nggak bisa dengar secara langsung, kita kenalan aja yuk dengan kota musik ini lebih dekat. Siapa tau saja suatu saat nanti bisa lihat langsung. Dan bisa memainkannya.

4Inilah Penampakannya dari Atas

boredpanda.com

Kalau dari atas penampakannya seperti ini lho. Kita bisa melihat bagaimana alat berupa pistol itu disusun. Sebenarnya mirip-mirip juga sih sama piano, kalau dilihat dari atas ya! Tapi yang jadi pertanyaan, suara musiknya dari mana ya?

Daripada kita pusing dan menyimpulkan sendiri tapi salah, mungkin kita lihat saja dulu bentuk kotak musik ini secara utuh, bisa jadi kita nanti menemukan alat yang terlihat bisa diputar atau dimainkan. Lanjut lihat-lihatnya yuk!

5Inilah Penampakannya dari Samping

boredpanda.com

Nah, kalau kita lihat dari samping, bentuknya begini nih. Di bagian samping ada alat yang sepertinya bisa diputar. Seperti pedal sepeda gitu. Bisa jadi alat itu ya yang digunakan untuk mengeluarkan suara.

6Inilah Penampakannya dari Belakang

boredpanda.com

Kalau dari belakang, kita bisa lihat bentuk kotak musik ini seperti tabung berbentuk silinder. Bentuknya bulat memanjang. Dibagian belakangnya nampak pula baut-baut. Mungkin dengan memutar baut, kita bisa membuka bagian tabungnya.

7Di Sinilah Asal Musik Pengisi

boredpanda.com

Musik yang bisa kita dengarkan dari kotak musik, tidak hadir dengan sendirinya, namun musik-musik itu sengaja dicipta. Oleh karena itu, ada tim khusus yang dengan sengaja mempersiapkannya. Oke punya kan, proses pembuatan kotak musiknya.