Seiring berkembangnya pertumbuhan masyarakat, pemerintah telah lama menggulirkan program keluarga berencana. Salah satu programnya adalah mengajak masyarakat untuk tidak nikah muda.

Secara logis mungkin dianggap bahwa usia yang muda identik dengan emosi yang belum stabil. Sehingga terjadi banyak masalah dalam keluarga, dan pada akhirnya masalah tersebut merembet ke masyarakat.

alhabibsegafbaharun.com
alhabibsegafbaharun.com

Padahal, sesungguhnya hal lain yang secara logis lebih berpengaruh pada masalah keluarga adalah kemiskinan. Pemerintah tidak bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup.

Sementara itu globalisasi terus tumbuh, banyak hal baru seperti teknologi yang ingin dimiliki oleh masyarakat miskin. Kemiskinan ini pulalah yang menciptakan kriminalitas dan banyaknya perjudian di masyarakat.

Jadi, sebenarnya pengaruh nikah muda dengan masalah yang timbul di masyarakat tidak secara langsung dan signifikan. Buktinya beberapa daerah di bawah ini tetap terkenal dengan ‘tradisi’ nikah muda mereka.

1Indramayu

500px.org

2Sulawesi Barat

febiec.wordpress.com

Di Sulawesi Barat, nikah muda juga merupakan hal yang biasa. Di sini sangat umum bagi anak-anak gadis dengan usia 15 tahun telah menikah. Dan hal ini bukannya merupakan masalah seluruhnya.

Secara logika, harapan hidup akan meningkat. Pasangan suami istri baru dengan umur yang masih muda akan bekerja lebih giat atau bahkan merantau dan membuka lapangan kerja baru minimal untuk dirinya sendiri.

Jadi, merantaunya orang-orang dari desa ke kota sebenarnya tidak perlu menjadi masalah. Asalkan pemerintah dapat melakukan tata koa yang baik dan akomodatif untuk semua kalangan.

3Sulawesi Selatan

fayafay.blogspot.com

Di Makassar, tidak jauh dari pusat kota, terdapat sebuah pulau bernama Kodingareng. Nah, di pulau inilah terdapat banyak penduduk yang menikahkan anak-anaknya ketika telah menstruasi.

Para orang tua disini berpikir bahwa menikah adalah salah satu jalan paling pas untuk menjaga anak gadisnya. Memang benar kemajuan teknologi dan informasi sangat riskan sebagai media penyebar seks bebas.

Angka hamil di luar nikah pun cukup tinggi di masyarakat. Bahkan beberapa penelusuran menjelaskan tentang tingkat persentase ketidak perawanan gadis di beberapa kota besar yang sangat tinggi.

4Sumatera Barat

hipwee.com

Nah, kalau di Sumatera Barat, satu daerah yang terkenal dengan nikah muda adalah Dusun Jorong Mawar, Tanahdatar, Sumatera Barat. Selain daerah ini, tentu saja sebagian besar daerah di Sumatera Barat memang merupakan daerah santri.

Biasanya dengan pemahaman yang cukup dalam hal agama, orang tua akan memilih untuk menikahkan anaknya. Dukungan keluarga dan bimbingan secara berkala juga hal penting dalam membangun keluarga muda.

5Nikah Muda Madura

boombastis.com

Salah satu daerah santri yang juga identik dengan nikah muda adalah Madura. Sangat terkenal bahwa Madura adalah kota santri dengan banyak masjid besar dan pesantren serta kyai-kyai terkenal.

Mungkin karena inilah pernikahan usia muda menjadi lazim di Madura. Hal yang unik adalah orang Madura sangat handal dalam merantau. Mereka terutama menjadi pelaku usaha mandiri, mulai dari potong rambut hingga kuliner.

Hal itu membuat seperti tidak ada masalah sama sekali dengan nikah muda di Madura. Karena begitu menikah, pasangan muda akan merantau ke luar Madura untuk melanjutkan hidup secara mandiri.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menikahi gadis-gadis muda di salah satu daerah di atas?