Nike Ardilla memiliki nama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi. Lahir di Bandung pada tanggal 27 Desember 1975. Nike adalah seorang penyanyi, aktris dan model yang sangat terkenal di Indonesia.

Semenjak kemunculannya di dunia hiburan, banyak prestasi yang telah ia torehkan. Namun, pelantun lagu Bintang Kehidupan ini menemui ajalnya ketika berusia 19 tahun.

Nike meninggal di saat namanya tengah naik dan bersinar di jagat hiburan tanah air. Lalu sejak kapan Nike memulai karir hingga namanya dikenal banyak orang? Berikut jawabannya.

1Awal Karier Nike Ardilla

ariemm.blogspot.com

Anak dari pasangan Raden Eddy Kusnadi dan Nining Ningsihrat ini memulai kariernya dengan mengikuti berbagai festival menyanyi di kota kelahirannya, Bandung. Pada suatu hari, seorang produser musik yakni Deddy Dores menemukan bakat dari Nike Ardilla.

Pertemuan Nike dengan Deddy Dores inilah yang membawanya masuk ke panggung yang lebih besar. Di tahun 1987, Nike telah dibuatkan beberapa lagu oleh Deddy Dores. Album pertama dengan lagu andalan adalah Seberkas Sinar terjual lebih dari 500.000 kopi.

Setahun kemudian, album kedua Nike dirilis. Album yang bertajuk Bintang Kehidupan itu sangat diterima oleh masyarakat Indonesia, penjualan album pun mencapai 2 juta kopi. Karier seorang Nike Ardilla pun semakin melejit.

Di tahun 1987, Nike masuk dalam dunia akting. Ia beradu peran dengan Ida Iasya dan Slamet Rahardjo dalam film Kasmaran. Film yang diperankan oleh Nike Ardilla pun menjadi box office.

Bukan hanya film, Nike pun sukses dalam bermain sinetron dan menjadi model. Akan tetapi, kariernya yang gemilang diwarnai duka mendalam. Pada tanggal 19 Mei 1995, Nike Ardilla ditemukan telah meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan tunggal.

Saat itu Nike sedang mengendarai mobil dan menabrak pagar beton bak sampah. Banyak sekali artis dan penggemar setia Nike Ardilla yang mengantarkannya menuju tempat peristirahatan terakhir.

Berita mengejutkan ini sungguh menggemparkan dunia hiburan Indonesia.

2Museum Nike Ardilla

Meskipun sudah meninggal dunia, Nike Ardilla masih begitu disayang oleh penggemarnya. Mereka menyebut dirinya dengan nama Nike Ardilla Fans Club. Di setiap tanggal kelahiran dan kematian Nike Ardilla, mereka selalu memperingatinya bersama-sama.

Media pun seakan masih belum percaya dengan kematian mendadak seorang artis ternama Indonesia ini. Mereka masih saja membahas mengenai Nike Ardilla, salah satunya adalah Majalah Asia Week.

Salah satu judul artikel yang mereka buat adalah “In Dead She Soared”. Untuk mengenang sosok Nike Ardilla yang kariernya begitu gemilang, di Jalan Soekarno Hatta, dibuatlah Museum Nike Ardilla.

rudysalam18.blogspot.com
rudysalam18.blogspot.com

Museum ini merupakan tempat tinggal ibunda Nike. Lantai dua dari rumah ini pun disulap menjadi museum Nike Ardilla. Banyak sekali foto-foto Nike Ardilla terpajang di tembok rumah ini.

Selain itu ada pula kostum panggung beserta foto pemakaiannya, poster, lukisan, aksesoris yang pernah dipakai Nike seperti kalung, anting, kacamata, dan lain sebagainya.

rudysalam18.blogspot.com
rudysalam18.blogspot.com

Selain itu masih ada koleksi-koleksi Nike Ardilla yang tersimpan rapi. Dalam kamar tersebut juga ada beberapa piagam dan penghargaan yang sempat diterima Nike selama ia berkarir di dunia hiburan, sejak tahun 1987 sampai 1995.

3Lagu yang Dinyanyikan Kembali

www.youtube.com

Lagu-lagu fenomenal milik Nike Ardilla memang banyak digemari masyarakat luas. Salah satu yang menggemari karya dari Nike adalah artis yang kini kariernya pun tengah bersinar di industri hiburan tanah air, yakni Syahrini.

Wanita kelahiran Bogor ini memulai karier bermusiknya sejak tahun 2008. Namanya lebih dikenal masyarakat ketika ia berduet dengan Anang Hermansyah. Syahrini begitu mengidolakan sosok Nike Ardilla dan menyanyikan kembali salah satu lagu milik Nike.

Lagu yang dinyanyikan Syahrini adalah Sandiwara Cinta. Musisi yang mengaransemen lagu Sandiwara Cinta ini adalah Sumantri Limin. Lagu lawas milik Nike pun masih digemari oleh banyak masyarakat setelah berpuluh-puluh tahun diluncurkan.

4Lagu yang “Dijiplak”

www.josepvinaixa.com

Beberapa waktu yang lalu Nike Ardilla Fans Club sempat dibuat heboh dengan sebuah lagu yang berjudul Dark Horse yang dibawakan oleh Katy Perry. Penyanyi asal Amerika Serikat itu dituding menjiplak lagu milik Nike Ardilla yang berjudul Tinggallah Ku Sendiri.

Pada bagian intro lagu Dark Horse memiliki beberapa bar yang memang mirip dengan lagu Nike. Lagu yang diciptakan oleh Yuke NS ini sangat populer di tahun 90-an.

Namun, pada akhirnya tidak timbul masalah berarti pada lagu milik Nike Ardilla dan Katy Perry tersebut. Begitulah sosok Nike Ardilla, meski raganya sudah tak di dunia lagi, tetapi karyanya selalu hadir bagi para pecintanya.