Jika kamu sedang berdiskusi dan membicarakan tentang Norwegia, apakah pembahasan yang akan kamu lontarkan satu sama lain? Mungkinkah kebudayaan atau tempat wisatanya yang cukup seru untuk dikunjungi?

Hmmm. Atau malah bukan keduanya? Memang sih, apabila dibandingkan negara-negara lain di Eropa, destinasi wisata di Norwegia tak begitu terkenal. Sehingga tak membuatnya masuk dalam tujuan wisata yang menarik bagi sebagaian besar orang.

Tetapi, tahukah kamu? Norwegia ternyata memiliki gebrakan yang sungguh mengagumkan dalam kemakmuran bangsanya. Bahkan, kemakmuran di negara ini berada di peringkat satu dunia. Keren kan?

Sepertinya hal ini cukup mampu untuk membuat Indonesia iri terhadap Norwegia. Dan saat dibilang pemerintahnya “keterlaluan” dalam memberikan kemakmuran untuk rakyatnya, hal ini dalam konotasi positif ya guys, jangan disalah artikan dulu.

Well, bagi kamu yang ingin tahu seberapa “keterlaluannya” pemerintah negara yang berada di Semenanjung Skandinavia ini, check this out guys.

1Sampah yang Dieskpor

www.fastcoexist.com

Di mana sampah-sampah di Indonesia? Hanya dengan sekali tunjuk, kamu sudah bisa melihatnya berserakan dimana-dimana. Lantas, bagaimana dengan Norwegia? Sampah mereka diekspor guys, ya, diekspor.

Norwegia bukanlah negara yang kaya akan sumber daya seperti Indonesia, tetapi, mereka memutar otak sedemikian rupa untuk menambah pemasukan negaranya. Salah satunya dengan menjual sampah.

Belasan tahun Norwegia mengekspor sampahnya ke Swedia untuk dijadikan sebagai bahan baku pembangkit listrik. Adakah Indonesia mau meniru langkah Norwegia mengekspor sampah atau menciptakan pembangkit listrik dari sampah seperti Swedia?

2Jadi Sarjana? Siapapun Bisa

gazettereview.com

Anak-anak yang sudah memasuki usia sekolah, mulai dari taman bermain hingga ke universitas, tak dipungut biaya sama sekali di negara ini. Sekolah gratis untuk semua orang dari semua kalangan adalah hal yang lumrah di Norwegia.

www.askham-bryan.ac.uk
www.askham-bryan.ac.uk

Tak perlu bakat khusus untuk mendapat beasiswa agar sekolah gratis lagi jika kamu berada di Norwegia. Bagi pelajar asing sekalipun, fasilitas hidup yang memadahi akan disediakan dengan baik oleh pemerintah Norwegia.

3Surganya Bagi Para Penggila Buku

www.home-reviews.com

Penggila buku tak akan pernah menyesal untuk berada di Norwegia. Karena, pemerintah akan memberikan fasilitas untuk menunjang kegemaran membaca bagi warga negaranya dengan mudah.

Jadi, setiap ada satu buku baru yang diterbitkan, maka, pemerintah akan langsung membelinya. Bukan hanya satu atau dua buku guys, melainkan lebih dari 1000 kopi buku yang akan dibagikan ke seluruh pepustakaan disana.

Sehingga, para pecinta buku bisa menyalurkan hobinya dengan gratis. Mereka hanya perlu berkunjung ke perpustakaan dan meminjam langsung saja buku-buku baru itu. Tanpa perlu membelinya dan mengeluarkan uang sepeserpun. Keren banget kan?

4Keamanan Norwegia yang Mengangumkan

rebrn.com

Selain kemakmuran negara yang menjadi sorotan utama dari pemerintah Norwegia, keamanannya pun juga sangat diperhatikan. Norwegia yang mendapat gelar negara paling aman di dunia pun tak perlu diragukan lagi.

Ibarat kata polisi Indonesia sedang berkutat dengan masalah teroris dan lain sebagainya, polisi Norwegia mungkin sedang duduk santai sambil ngobrol-ngobrol seru disana. Asal kamu tahu guys, tingkat kematian petugas kepolisian Norwegia ini sangat rendah lho.

Hanya 10 orang saja polisi Norwegia yang meninggal saat sedang bertugas. Dan hal itu terjadi saat Perang Dunia Kedua sedang berlangsung.

5Kamar Tahanan atau Kamar Hotel?

www.latitudenews.com

Tidak banyaknya kasus kejahatan di Norwegia, menjadikan penjara di sini tak dihuni banyak napi. Sehingga, fasilitas dalam penjara pun dimaksimalkan untuk para tahanan. Mau internetan gratis di dalam penjara? Bukan hal mustahil di Norwegia.

Mereka seperti berada di dalam hotel dengan fasilitas lengkap dan memadai. Seperti di Halden, kamar tahanan saja seperti kamar hotel yang nyaman untuk ditempati.

Seluruh kebijakan pemerintah Norwegia yang diberikan secara cuma-cuma untuk warganya ini pasti sangatlah membuat iri bangsa-bangsa lain. Dan salah satunya adalah Indonesia, betul atau tidak guys?