Kamu suka baca buku? Atau kamu bingung dengan aktivitas apa yang sekiranya bisa kamu lakukan pada waktu luang?

Setidak-tidaknya, kamu harus membaca 8 buku di bawah ini selagi kamu masih muda. Buku ini bisa dibaca pada waktu kapanpun. Kamu tak hanya sekadar mendapat hiburan dari membaca novel, tapi sekaligus mendapat ilmu tentang nilai-nilai kehidupan.

Kenapa harus dibaca sebelum usia 25 tahun? Sebab pelajaran yang terkandung dalam buku ini akan membuatmu bersemangat, dan akan mempengaruhi produktivitasmu setiap hari. Sehebat itukah pengaruh buku-buku ini? YA!

Apa saja sih 8 buku yang wajib baca sebelum usia 25 tahun?

1To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee

entertainthis.usatoday.com

Bercerita tentang isu ras dan kelas ekonomi yang kontroversial. Lewat kasus pengadilan seorang pria kulit hitam yang didakwa melakukan pemerkosaan pada gadis kulit putih, novel ini mengajarkan kita untuk berjuang melawan prasangka demi keadilan.

2Namaku Merah oleh Orhan Pamuk

bookfans.net

Ceritanya penuh misteri, ada pembunuhan yang menegangkan, sekaligus sebuah perenungan mendalam tentang cinta dan seni.

Namaku Merah berlatar di Istanbul, Turki. Karya cemerlang ini diramu dengan intrik seni dan politik, dongeng-dongeng klasik, serta kisah cinta bercabang yang getir.

Orhan Pamuk memenangi nobel sastra, hingga mengukuhkan dirinya sebagai salah satu novelis terbaik dunia saat ini.

3Harafisy oleh Nguib Mahfouz

raptisrarebooks.com

Naguib Mahfouz juga merupakan peraih nobel sastra pada tahun 1988. Ia adalah novelis asal Mesir yang sangat piawai mengolah cerita.

Ia mampu menenggelamkan tokoh-tokohnya ke dalam dunia yang absurd, di antara para bedebah, elite politik yang mabuk kekuasaan, dan orang-orang yang bertahan hidup dengan nurani.

4Bumi Manusia oleh Pramoedya Ananta Toer

traxonsky.com

Roman Tetralogi Pulau Buru ini mengambil latar belakang cerita pada awal abad 20. Ketika membacanya, seolah kita dibalikkan pada waktu lampau, hidup di era awal mula lahirnya pergerakan nasional.

Ada pertautan rasa, kegamangan jiwa, percintaan, dan pertarungan kekuatan yang mengawali bangunan nasional. Kemudian di masa depan akan melahirkan Indonesia modern.

Pram masuk ke dalam nominasi penerima nobel sastra sebab tulisannya yang penuh keberanian dan semangat.

5Negeri Senja oleh Seno Gumira Ajidarma

mosesfiles.wordpress.com

Novel roman ini berkisah mengenai seorang pengembara yang menemukan sebuah negeri dengan matahari menggantung di cakrawala, tidak pernah turun ataupun naik. Itu artinya, negeri tersebut tidak pernah merasakan malam dan pagi hari.

Melalui novel ini, kita akan belajar tentang drama manusia dalam permainan kekuasaan. Ada intrik dan teror, perlawanan dan pemberontakan, pencidukan dan pembantaian. Imajinasimu akan terbentang tanpa batas.

6Wind in the Willows oleh Kenneth Graham

thebritishtoastrack.com

Konon katanya ini adalah salah satu buku anak-anak terbaik di dunia. Novel ini mengajarkan tentang bagaimana menghargai hal-hal sederhana dalam hidup. Ada campuran kisah lucu, mistisisme, petualangan, persahabatan, dan rasa kemanusiaan.

7The Art of War oleh Sun Tzu

quotesgram.com

Buku ini merupakan salah satu buku tertua di dunia. Berisi tentang strategi militer yang sampai saat ini masih dijadikan rujukan. Bagi kamu yang suka dunia politik, maka wajib sekali membaca buku ini

8The Lord of the Rings oleh J.R.R. Tolkien

vox.com

Buku ini adalah salah satu cerita fiksi terdahsyat yang sejauh ini menjadi salah satu karya literatur terpopuler serta berpengaruh di abad ke-20. Ada filmnya juga lho.

SHARE