Makanan yang bergizi tinggi serta mengandung banyak nutrisi haruslah dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi itu diperlukan untuk memberikan tambahan energi bagi tubuh si ibu dan janin yang ada dalam kandungan.

Macam-macam nutrisi terkandung dalam bahan makanan yang dapat diolah dengan baik oleh seorang ibu, salah satunya yakni dari kacang hijau. Jangan salah, kacang yang berukuran kecil ini memiliki begitu banyak manfaat jika dikonsumsi.

Kacang hijau mampu menjaga kebugaran tubuhmu selama masa kehamilan karena mengandung begitu banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung sumber mineral yang cukup penting untuk ibu hamil.

blog.evoucher.co.id
blog.evoucher.co.id

Jika mengonsumsi kacang hijau, bukan ibu saja yang merasakan khasiatnya, bayimu juga akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk membantu pertumbuhannya. Berikut ini kandungan dan manfaat kacang hijau bagi ibu hamil.

1Sumber Mineral

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Kacang hijau memiliki sumber mineral yang cukup penting bagi tubuh, yaitu kalsium dan juga fosfor yang berguna dalam proses pembentukan tulang si janin yang ada di dalam kandungan.

2Asam Folat

time.com

Kacang hijau mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan janin. Asam folat ini sangat baik untuk perkembangan saraf dan otak pada bayi serta mampu mengurangi resiko kelainan jantung pada bayi, bibir sumbing, dan cacat fisik.

3Protein Tinggi

gigisusu.net

Kacang hijau bisa kamu konsumsi karena mengandung 24% protein nabati yang baik. Masyarakat meyakini jika mengonsumsi kacang hijau, nantinya bayi yang kamu lahirkan akan memiliki rambut yang lebat.

Karena pertumbuhan sel dalam tubuh yang salah satunya adalah sel rambut, memerlukan asupan gizi terutama protein. Selain itu, fungsi protein juga mampu mengganti sel-sel yang rusak dan membentuk sel-sel baru.

4Serat

www.kehamilanku.web.id

Kebanyakan ibu hamil pasti pernah merasakan konstipasi, sehingga menghambat proses pembuangan feses. Jika kamu mengonsumsi kacang hijau, maka kandungan seratnya akan membantumu untuk melancarkan pencernaan.

5Karbohidrat Kompleks

uswahislam.blogspot.com

Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam kacang hijau akan memberimu energi tambahan dan menjadikan tubuhmu merasakan kenyang yang lebih lama karena karbohidrat kompleks lama untuk dicerna dan diproses ketika dalam tubuh.

6Rendah Lemak

smoothdietindonesia.com

Jika kamu mengonsumsi kacang hijau, tidak perlu takut dengan lemak yang terkandung di dalamnya. Kadar lemak dalam kacang hijau sangatlah rendah, dengan 23% kandungan asam lemak jenuh dan 73% asam lemak tak jenuh.

Kandungan lemak tak jenuh ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi kacang hijau aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan yang memiliki berat badan yang berlebih sekalipun.

7Vitamin B1

seputar-ibuhamil.blogspot.com

Vitamin B1 yang terkandung dalam kacang hijau memiliki manfaat yang cukup baik bagi pertumbuhan bayi, dapat pula meningkatkan nafsu makan, sumber energi bagi tubuh, serta memaksimalkan sistem kerja saraf.

8Vitamin B2

mommyleje.blogspot.com

Ketika kamu mengonsumsi kacang hijau, penyerapan protein di dalam tubuhmu dapat dibantu dengan adanya vitamin B2 yang terkandung di dalamnya. Sehingga tubuhmu akan menjadi lebih mudah untuk menyerap protein.

Wah, ternyata banyak juga ya kandungan yang ada di dalam kacang hijau, selain itu manfaat yang didapat pun cukup banyak. Jadi, tidak ada runginya untuk mengolah salah satu jenis kacang ini menjadi menu rutin bagi kamu para ibu hamil.

Kamu bisa membuatnya menjadi berbagai macam olahan yang menggoda selera, seperti bubur kacang hijau, puding kacang hijau atau menu-menu baru hasil kreasimu sendiri.

Sehingga, bukan hanya rasa nikmat kacang hijau saja yang terasa, manfaatnya pun kamu dapat sekaligus saat mengonsumsinya.

SHARE