Bagi wanita yang sudah memasuki usia subur, menstruasi merupakan hal yang lumrah bagi mereka. Yups, nyeri haid pun tak bisa dihindari. Terkadang bagi sebagian wanita mengalami nyeri yang begitu hebat.

Entah itu nyeri punggung, nyeri perut, pusing, mual dan sebagainya. Bahkan ada yang saking sakitnya sampai-sampai mereka pingsan.

Nyeri haid yang sampai seperti ini tidak boleh dibiarkan ya Guys, selain mengganggu aktivitas, tapi juga bisa jadi itu adalah gejala penyakit tertentu.

Perlu kamu tahu, nyeri haid muncul disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan.

Kontraksi inilah penyebab nyeri haid. Mau tahu cara mengurangi dan mengatasinya? Check this one out Guys!

1Konsumsi Obat Pereda Nyeri Haid

deherba.com

Saat ini sudah sangat banyak dijual berbagai obat atau minuman khusus untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi untuk wanita. Obat-obatan ini biasanya mengandung analgesik untuk meredakan nyeri, dan antipiretik untuk pereda demam dengan dosis yang sesuai.

Tapi usahakan memilih obat herbal seperti ramuan kunyit asam. Tapi jika kamu tidak terbiasa meminumnya dan lebih memilih obat kimia, pilih obat yang tidak menimbulkan ketergantungan ya Guys, contohnya seperti asam mefenamat.

Tapi minum sesuai dosisnya, jika perlu konsultasikan dulu ke dokter. Obat sebagai pereda nyeri ini lumayan ampuh untuk mengurangi nyeri haidmu.

2Kompres Hangat

tokoalkes.com

Apabila nyeri tak tertahankan, kamu bisa mengompres hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri. Kompres bisa dilakukan dengan cara menempelkan botol kaca atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya.

Jika tidak ada botol, bisa gunakan handuk yang direndam dalam air hangat, kemudian lakukan dengan pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri.

Kompres membantu melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

3Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi

brilio.net

Saat menstruasi, terkadang beberapa wanita rentan dengan anemia yang diakibatkan dengan pendarahan yang terjadi. Maka dari itu, konsumsi makanan kaya zat besi, seperti bayam, hati ayam, daging sapi, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

4Istirahat Cukup

deloiz.blogspot.com

Yups, istirahat cukup memang penting Guys, ketika menstruasi ataupun tidak. Tapi ketika menstruasi, istirahat cukup lebih diutamakan.

Dengan beristirahat cukup, setidaknya tidur selama 7 jam di malam hari dan meluangkan waktu untuk tidur siang selama 1 jam bisa membantu tubuh lebih rileks dan bugar, sehingga bisa mengurangi sakit akibat menstruasi.

5Menungging

bilqisld.blogspot.com

Pada saat posisi menungging, rahim dapat tergantung ke bawah, hal ini dapat membantu tubuh untuk relaksasi. Yups, yang akhirnya dapat mengurangi nyeri haid.

Nah, itu dia tadi Guys, beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika nyeri haidmu sudah tak bisa tertahankan. Tapi, kalau sudah sampai pingsan segera konsultasikan ke dokter ya, agar bisa mengantisipasi jika ada kemungkinan penyakit. Semoga bermanfaat!