Saat ini, pengobatan untuk permasalahan penyakit yang disebabkan oleh alergi sudah banyak tersedia. Seperti beberapa jenis obat yang mengandung anti-histaman dan steroid.

Selain obat-obatan kimia tersebut, ada juga solusi alami yang efektif dapat menghilangkan gejala alergi.

Namun sebelum melakukan pengobatan, baik secara alami maupun secara kimiawi. Perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab munculnya alergi sehingga bisa menghindar dari paparan alergen lebih lanjut.

Contohnya bagi yang alergi kacang tanah, disarankan tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Berikut ini beberapa obat alami yang bisa mengatasi alergi untuk kamu manfaatkan sebagai alternatif penyembuhan.

1Madu

source: caaantik.com

Madu merupakan salah satu bahan alam yang terbukti efektif untuk pengobatan berbagai permasalahan kesehatan. Salah satunya pada keluhan alergi. Madu yang bersumber dari serbuk sari dan bahan lainnya dipercaya efektif dalam melakukan penyembuhan.

Disarankan bagi kamu yang hendak menggunakan madu sebagai obat untuk memilih madu lokal karena mengandung serbuk sari tanaman lokal sehingga dapat melawan reaksi alergi yang muncul dari lingkungan sekitar.

Selain itu madu juga berfungsi merangsang sistem kekebalan tubuh menjadi stabil.

2Quercetin

fineartamerica.com

Quercetin adalah antioksidan yang banyak ditemukan dalam produk makanan alami seperti apel, beberapa jenis berry, bawang, dan teh hitam. Zat ini berfungsi membantu dalam memblokir sintesis histamin sehingga dapat mengurangi gejala alergi.

3Antihistamin Alami

drjohnsondds.com

 

Vitamin C merupakan salah satu antihistamin alami. Perbanyaklah asupan Vitamin C dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi untuk membantu mengobati alergi.

Obat-obatan yang mengandung antihistamin bisa kamu gunakan untuk memperkuat efek antihistamin alami.

4Antioksidan Alami

dapurhalal.com

Antioksidan alami bisa kamu peroleh dari buah-buahan dan sayuran yang kamu konsumsi sehari-hari.

Terdapat beberapa buah-buahan dan sayuran tinggi antioksidan yang sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi seperti ekstrak biji anggur, pisang, apel, tomat, wortel dan bawang.

5Berkumur Air Garam

spirit.web.id

Bagi kamu yang sedang mengalami keluhan tenggorokan bengkak akibat alergi bisa mencoba untuk berkumur menggunakan larutan air garam hangat. Bisa juga dipadukan dengan menyemprotkan nasal saline yang dapat membantu menghilangkan alergen yang masuk melalui hidung serta efek yang timbul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here