Saat kekurangan darah tubuh akan menjadi lemas. Kepala juga akan ikut pusing. Kondisi kekurangan darah ini lazim disebut anemia.

Sebenarnya anemia adalah gejala kekurangan hemoglobin (Hb). Hb sendiri adalah protein dalam sel darah merah yang bertugas mengantar oksigen dari paru-paru kebagian tubuh yang lain.

Oksigen teramat sangat penting bagi tubuh. Tanpa oksigen, manusia tidak akan bisa hidup. Salah satu fungsinya, oksigen berguna untuk menghasilkan energi.

Selain itu, Hb dalam sel darah merah bertugas untuk mmbawa Co2 atau gas karbondioksida hasil metabolisme tubuh ke paru-paru, untuk selanjutnya dikeluarkan saat bernafas. Hb juga adalah pigmen yang bertanggung jawab menjadikan sel darah merah berwarna merah.

Maka, jika kekurangan Hb bisa dipastikan tubuh akan kekurangan energi. Proses metabolisme juga akan terganggu. Kamu jika terkenan anemia juga akan sering mual, konsentrasi terganggu dan kurang bergairah.

Namun jangan khawatir dulu. Jika anemia menyerang, ada obat-obat alami yang bisa kamu gunakan. Beberapa lebih bersifat pencegahan dibandikan mengobati

1Sayuran Hijau

teropongbisnis.com

Makan sayuran hijau terutama yang mengandung zat besi yang tinggi bisa menjadi obat anemia. Zat besi yang tinggi membantu proses pembentukan hemoglobin.

Contoh sayuran yang mengandung banyak zat besi antara lain bayam, seledri, kubis, kol, kangkung, kentang manis.

Selain itu kacang-kacangan juga bagus untuk pengobatan anemia.Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk meningkatkan sel darah merah yang ada dalam tubuh kamu.

Dengan memperbanyak makan kacang-kacangan anemia akan lebih cepat teratasi.

2Buah-buahan

cirebontrust.com

Selain meningkatkan asupan sayuran, kamu juga perlu memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia antara lain apel, anggur, semangka, aprikot, kismis dan buah pulm.

Buah-buahan dipercaya oleh banyak orang memiliki banyak nutrisi dan zat-zat yang sangat baik untuk tubuh. Termasuk salah satunya untuk mengobati anemia.

Mengonsumi buah-buahan tersebut secara rutin akan memastikan kadar Hemoglobin dalam darah kamu dalam kondisi cukup.

3Makan Daging dan Seafood

infojajan.com

Ini mungkin obat anemia paling enak di dunia. Bagaimana tidak, jika penyakit seperti kolesterol, darah tinggi atau mungkin obesitas, pantangannya adalah berbagai macam daging dan seafood.

Padahal seperti kita tahu, aneka daging dan seafood sungguh menggoda. Daging utamanya daging kambing dan seafood kaya dengan kandungan vitamin B12, zat besi dan asam folat yang berfungsi dalam peningkatan produksi sel darah merah di tubuh.

Untuk itu saat kamu merasa terserang anemia tidak ada salahnya memperbanyak mengkonsumsi daging dan seafood, namun tentunya kadarnya tidak berlebihan.

4Daun Bawang dan Telur

www.ummi-online.com

Ramuan ini dipercaya sejak lama sebagai obat anemia. Daun bawang dan telur dipercaya bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Car mengolahnya cukup mudah. Caranya kamu bisa merebus daun bawang merah dengan campuran sebutir kuning telur.

Rebusan kedua bahan tersebut bisa kamu makan untuk melakukan pengobatan anemia. Agar lebih baik lagi hasilnya maka lebih baik kamu melakukan cara ini secara rutin dua kali sehari.

5Penambah Darah

source: www.cbsnews.com

Jika cara-cara alami sudah dilakukan dan belum juga membuahkan hasil, tak ada salahnya mengonsumsi multivitamin penambah darah.

Multivitamin penambah darah sudah banyak beredar di pasaran. Yang kamu harus perhatikan jika ingin membeli multivitamin ini adalah pastikan kandungannya.

Kamu bisa cek apakah ada izin dari BPOM sehingga obat tersebut aman. Lalu usahakan beli di apotek yang terpercaya. Hindari jual beli online kecuali sang penjual sudah sangat terpercaya.