Pernahkah kah kamu merasakan mual, kembung dan perasaan tidak nyaman di perut? Ciri-ciri tersebut kemungkinan merupakan tanda-tanda sakit maag, kamu harus hati hati ya.

Penyakit maag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan lambung memproduksi asam lambung (HCl) berlebih. Penyakit ini memang sering dialami oleh banyak orang, baik tua, muda bahkan anak-anak pun sekarang ini sudah mengalaminya.

Terkadang kita tidak menyadari beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan sakit maag, antara lain makan tidak teratur, makan terburu-buru, makan makanan yang merangsang produksi asam lambung seperti pedas dan asam.

Bagi kamu yang gemar makan pedas dan asam sebaiknya berhati-hati. Selain itu maag dapat disebabkan karena pola tidur yang tidak teratur.

Penyakit maag dapat dikatakan sebagai penyakit umum yang tergolong ringan namun bisa sangat mengganggu bahkan sampai tahap maag kronis jika diabaikan.

Untuk mengobati maag biasanya kita selalu menggunakan obat-obatan kimia. Perlu kita ketahui, bahwa obat kimia biasanya memiliki sifat adiktif atau membuat kita kecanduan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena asam lambung yang berlebih dapat disembuhkan dengan pengobatan yang sederhana selain kita juga harus mencegahnya dengan menghindari faktor pencetusnya.

Tidak perlu obat-obatan kimia yang mahal, karena bahan-bahan alami disekitar kita dapat kita gunakan untuk mengobati asam lambung berlebih.

Yuuk mari kita bahas secara lengkap tentang sakit asam lambung ini

1Penyebab Penyakit Asam Lambung

bioactiva.co.id

Penyakit asam lambung pada umumnya  disebabkan karena gagal fungsi dengan baik pada lower esophageal sphincter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai ‘penjaga gerbang’.

Ketika sedang makan, otot LES akan rileks dan membiarkan makanan masuk ke dalam perut. Setelah makanan lewat, otot LES akan menjadi tegang dan menutup agar asam lambung dan makanan tidak naik kembali dari perut ke esofagus atau kerongkongan.

LES pada penderita penyakit asam lambung melemah. Akibatnya, asam lambung bisa bocor dan masuk ke esofagus. Penderita akan merasakan nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada dan perut menjadi terasa tidak enak.

Walau belum diketahui pasti mengapa LES melemah, ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal semacam ini.

Terlalu Gemuk atau Obesitas

Gemuk belum tentu mencerminkan sehat, justru gemuk itulah mulai dari semua penyakit, karena terlalu banyak menumpuk lemak.

Dan perlu kamu tahu ya bahwa, orang yang berbadan gemuk memiliki tekanan yang lebih tinggi di dalam perutnya dibandingkan dengan orang yang berberat badan ideal, tekanan yang tinggi ini diduga melemahkan otot LES.

Terlalu banyak Konsumsi Makanan Berlemak

Memang perlu sangat hati-hati ketika memasukkan makanan ke dalam perut, salah satunya yang harus diwaspadai adalah makanan berlemak, karena makanan berlemak ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencernakannya di dalam perut kita.

Dengan pencernaan yang lama itulah yang menyebabkan asam lambung yang diproduksi akan lebih banyak dan risikonya untuk naik kembali ke esofagus juga lebih tinggi.

Kopi, Cokelat, Alkohol dan Rokok

Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti diatas memang akan ber efek kurang baik bagi tubuh. Tak  heran bagi anak kos yang jarang makan tapi sukanya kopi dan merokok banyak yang terkena penyakit asam lambung.

Nah unsur-unsur yang ada di makanan diatas itulah yang membuat otot LES menjadi rileks sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Saat Ibu Sedang Hamil

Perubahan hormon adalah sesuatu yang pasti terjadi saat seorang wanita sedang hamil dan itulah yang menyebabkan melemahnya LES.

Selain itu saat wanita sednag hamil, seiring dengan peruntya yang besar akan terjadi peningkatan tekanan pada perut.

Menderita Hernia Hiatus

Ini adalah kondisi ketika sebagian dari lambung terdorong hingga melewati diafragma. LES melemah pada penderita hernia hiatus.

Stress Berat

Stress juga menyebabkan juga berperan dalam membuat LES menjadi lemah.

Selain itu  otot dan tubuh lemah, inilah alasan kenapa orang tidak boleh mudah stress, karena ketika ia mudah stress maka ia akan mudah sakit.

Penderita Diabetes

Penderita diabetes juga lebih berisiko menderita penyakit asam lambung. Kadar gula yang tinggi merusak saraf yang mengendalikan otot perut.

Akibatnya, makanan tinggal di dalam perut lebih lama sebelum berlanjut ke usus halus. Kondisi ini memberi asam lambung kesempatan untuk naik ke kerongkongan.

Terlalu Banyak Konsumsi Obat-Obatan

Selain faktor-faktor di atas, obat-obatan juga bisa memberi dampak kepada melemahnya otot LES.

Terhadap penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi,pemberian obat penghambat kalsium (calcium-channel blockers) bisa menjadi salah satu langkah pengobatan. Obat ini bisa melemahkan sistem kerja LES. Selain itu, nitrat yang dipakai untuk mengobati angina juga dapat melemahkan LES.

Bakteri Helicobacter Pylori

Berikutnya yang menyebabkan orang sakit asalm lambung adalah bakteri helicobactter pylori yang menyerang tubuhnya. Bakteri ini ada karena pola hidup yang kotor.

Asupan yang Buruk

Selain itu Penyakit Asam Lambung juga bisa disebabkan oleh pola makan yang buruk dan asupan makanan yang kurang baik , berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatnya kadar asam lambung seperti makanan pedas, makanan bersantan, makanan/minuman bersoda, junk Food / Fast Food dan zat pengawet dalam makanan

Asupan makanan yang kurang baik ini biasanya berupa makanan yang memiliki kadar keasaman tinggi dan makanan tertentu yang mampu memicu atau merangsang meningkatnya produksi asam lambung di perut .

2Gejala Penyakit Asam Lambung

sidomi.com

Setelah kita bahas bersama penyebab datangnya penyakit asam lambung, sebaiknya kita juga tahu tentang gejala yang terjadi ketika terkena penyakit asam lambung.

Ketika asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan teriritasi oleh asam lambung. Berikut ini adalah gejala-gejala yang paling umum dialami oleh penderita penyakit asam lambung

Perih di ulu hati

Merasakan perih di ulu hati saat kapanpun atau waktu yang tidak bisa diperkirakan

Rasa nyeri Perut

Perut terasa nyeri dan nyerinya ini tidak sederhana, tapi sampai melilit hingga orang tidak kuar menahannya

Nafsu makan turun drastis

Perut kembung, angin mudah sekali masuk dan rasanya perut penuh akhirnya malas makan atau memasukkan makanan. Ini juga disertai dengan nafsu makan menuru, tak jarang orang yang terkena gejala ini akhirnya sakit parah karena sedikit asupan makanan.

Sering buang gas (kentut)

Buang gas memang normal tapi kalau keseringan itu tandanya juga tidak normal.

Asam dan Pahit di Lidah

Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.

Dada terasa terbakar

Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk, hal ini terjadi karena asam lambung naik tinggi.

Kesulitan menelan

Hal ini juga membuat orang jadi malas makan karena  dia merasa seolah-olah ada sesuatu di kerongkonan , sehingga ada yang mengganjal dan tidak nyaman saat dipakai untuk makan.

Laringtis

Laringtis peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau.

Batuk kering tanpa henti

Batuk kering sering terjadi pada orang yang terkena gejala asam lambung tinggi, terutama di malam hari, batuk akan menggigil dan menyebabkan sakit pada perut karena saking keras dan seringnya.

Gigi menjadi rusak

Gejala lainnya adalah gigi menjadi rusak, gejala ini sudah termasuk kategori gejala yang parah, bisa dikatakan sudah dipastikan menderita asam lambung.

Bau napas tidak sedap

Sekalipun sering gosok gigi, karena ada asam dan pahit di lidah bau mulut akan tetap tidak sedap

Peningkatan air liur

Peningkatan jumlah air liur yang datang secara mendadak, hal ini terjadi karea asam lambung tinggi, akhirnya produksi air liur naik dan agak sedikit bau karena rasa asam dan pahit yang dirasakan lidah.

Asam lambung naik menjadi tinggi ini bisa dikatakan hal yang parah, walau sebenarnya orang sehat pun juga kadang mengalami, hanya saja tidak tinggi dan iti bisa diatasi dengan mengubah menu makanan dan juga membeli obat di apotek ketika gejalanya muncul.

Tapi jika timbul gejala yang lebih parah, harus segera di obati, sebelum di obati harus konsultasi ke dokter dulu, jangan sampai salah pilih obat dan salah dalam mengkonsumsinya.

3Cara Meredakan Gejala Asam Lambung

health.kompas.com

Saat seseorang merasakan gejala seperti diatas, bisa saja itu baru gejala dan belum parah, tentu itu bisa diredakan jika seseorang mau melakukan perbaikan dalam hidupnya.

Jika kamu sudah merasakannya, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

Diet

Diet atau menurunkan berat badan ini bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala asam lambung, diet yang dimaksud adalahh diet sehat dengan lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Diet ini dilakukan hanya jika diperlukan saja, tidak harus dilakukan.

Sering Makan

Bagi yang sedang mengalami gejala asam lambung bisa diatasi dengan sering makan tapi dengan porsi yang kecil. Sering memasukkan gizi ke dalam tubuh akan membuat imunitas tubuh menjadi naik dan tubuh akan merespon baik akan meredakan gejala asam lambung.

Jangan langsung berbaring setelah makan

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala asam lambung adalah jangan berbaring setelah makan.

Ini juga lho kesalahan yang sering dibuat banyak orang, saat setelah makan usahakan duduk dulu paling tidak selama 20 menit setelah makan, jangan langsung berbaring setelah makan.

Hindari cokelat, tomat, makanan berlemak, dan makanan pedas

Seperti yang disebutkan di atas bahwa makanan-makanan itu bisa menyebabkan asam lambung naik, jadi lebih baik saat kamu mendapatkan gejala stop segera mulai saat itu juga.

Stop minum alkohol, rokok dan kopi

Stop sekarang juga minum alkohol, kopi dan rokok, karena jika masih meneruskan hal ini sementara gejala semakin parah maka akan membuat semakin parah dan sulit disembuhkan dengan obat biasa.

Dengan alkohol dan rokok yang sifatnya merusak akan menambah parah gejala asam lambung tinggi.

Atur posisi tidur

Untuk meredakan asalm lambung, kamu bisa tidur denagn bantal yang agak tinggi, hal ini untuk mencegah naiknya asam lambung ketika sedang berbaring.

Ganti Pakaian ketat

Jika kamu memang terkena gejala asam lambung ganti pakaian ketat kamu ya, karena pakain ketat akan melilit kulit dan perut, sehinga yang seharusnya lancar jadi susah karena terlilit pakaian.

Cara Meredakan Asam Lambung

Dalam mengobati penyakit asam lambung bisa dengan beberapa cara, yaitu dengan cara sendiri yaitu dengan bahan-bahan alami, obat dokter dan operasi jika sampai parah.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan asam lambung.

4Obat Alami Untuk Asam Lambung

7alami.blogspot.com

Berikut tanaman alami yang dapat mengobati asam lambung tersebut.

Jahe

Tanaman alami ini dapat dengan mudah kamu temukan, seperti di kebun, di samping perkarangan rumah bahkan di dapur. Ternyata selain sebagai penyedap makanan, jahe juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan asam lambung.

Jahe mampu menetralisir asam lambung jika dikonsumsi tidak lebih dari 2 – 4 gram. Yang perlu kamu waspadai, jika dikonsumsi dengan dosis yang lebih besar justru maag yang diderita akan semakin buruk. Jadi gunakan sewajarnya saja.

Lidah Buaya

Tentu tak asing bagi kita tentang tanaman ini. Bahkan kita sering menjumpai lidah buaya di lingkungan rumah. Selama ini kita mengetahui khasiat lidah buaya sering digunakan untuk nutrisi rambut.

Namun ternyata lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi asam lambung berlebih juga, lho! Ketika maag menyerang, terkadang asam lambung naik sampai kerongkongan yang menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Minum ½ gelas jus lidah buaya setelah bangun tidur atau sebelum makan dapat meyembuhkan sakit maag. Manfaat dari lidah buaya adalah mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Selain dapat mengobati maag, jus lidah buaya juga dapat melancarkan buang air besar.

Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah kita jumpai. Rasanya yang manis membuat kebanyakan orang menyukai buah ini.

Pisang dapat menjadi antasida. Antasida adalah suatu zat yang dapat meredam produksi asam lambung (HCL) yang berlebihan. Maka dari itu pisang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit maag.

Tapi perlu diwaspadai, jika kamu telah mengkonsumsi pisang tapi mendapatkan hasil yang lebih parah, maka hentikan cara ini dan cobalah dengan alternatif lain.

Baking soda

Ketika kita membuat roti salah satu bahan yang kita gunakan adalah baking soda. Bahan ini tentu dapat kita jumpai di toko bahan roti. Baking soda memiliki sifat basa.

Seperti kita ketahui bahwa zat yang bersifat basa mampu menetralisir asam. Sehingga sifat basa yang terkandung di dalam bahan ini dapat digunakan untuk mengurangi asam lambung yang berlebih.

Caranya adalah campurkan 1 sendok teh baking soda lalu campurkan dengan segelas air, kemudian minum larutan ini.

Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit memiliki khasiat untuk mengobati asam lambung. Carasimple mengolah kunyit ini yaitu kunyit ditumbuk sampai halus dan buatlah menjadi bubuk. Jika sudah kering, bubuk siap diseduh sebagi minuman herbal alami penyehat lambung.

Bagaimana? Mudah dan praktis bukan? Untuk kamu yang sering mengeluhkan kondisi asam lambung berlebih, yuk coba bahan-bahan alami di atas dan mulailah rubah pola hidupmu menjadi lebih sehat lagi.

Cincau

Sudah kena banget dengan cincau ini ya guys, makanan ini juga banyak dipasaran dan segar banget jika dikonsumsi dicampus es.

Yup cincau ini dapat mengatur kadar asam lambung yang normal. Lalu bagaimana mengolahnya dengan agar menjadi manfaat?  Ambil daun cincau paling tidak segenggam, lalu ditumbuk sampai halus.

Setelah jadi tumbukkan itu direbus lalu disaring Dengan menambahkan air kapur sirih hingga kental lalu dicampur dengan air gula, kamu dapat mengkonsumsi cincau secara teratur agar dapat hasil yang maksimal.

Meniran

Meniran memang tanaman yang kaya akan manfaat dan sudah banyak orang yang mendapatkan manfaatnya. Dengan menggunakan meniran, kadar asam lambung dapat dikontrol secara alami.

Caranya cucilah meniran, lalu merebusnya hingga rebusan air tinggal setengah. Dengan menambahkan madu secukupnya lalu diminum secara berkala, minum paling tidak sehari sekali agar kamu dapat hasil yang maksimal.

Mentimun

Yup, sudah pasti ya guysm kenal baik dengan sayuran yang kaya manfaat ini.Mentimun yang segar ini ternyata memiliki bahan yang mampu untuk membuat asam lambung menjadi semakin baik.

Dengan memakan mentimun secara rutin, atau dengan mencampurkannya dengan yoghurt yang juga dapat menetralkan asam lambung ini, tentu kamu yang rajin mengkonsumsi mentimun akan membuat tubuh kamu lebih sehat dan jarang terhindar dari sakit.

Kamomila

Pasti masih asing dengan tanaman ini ya guys, ini merupakan tanaman jenis teh atau disebut dengan teh kembang atau teh bunga.

Teh bunga ini dapat menurunkan asam lambung secara berkala, dengan rutin minum rebusan dari teh bunga ini.

Susu Kambing

Yup betul sekali, susu kambing memang mempunyai banyak manfaat dan salah satunya adalah menurunkan asam lambung. Untuk susu kambing yang terbaik adalah susu kambing yang belum diolah, tapi bukan berarti yang sudah dikemasi tidka bagus, sama bagusnya kok.

Susu kambing ini juga menjadi alternatif ketika kamu menyukai susu, selain rasanya yang nikmat bisa dicampur dengan minuman lain juga bisa sebagai obat untuk menurunkan asam lambung kamu.

5Obat-obatan Apotik Untuk Mengatasi Asam Lambung

triman.co.id

Antasida

Antasida bisa dibeli di apotek secara langsung. Antasida berfungsi untuk menetralisir asam lambung. Tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat lain karena dapat berdampak pada tingkat penyerapan obat lain. Obat ini juga bisa meredakan rasa sakit akibattukak.

Alginat

Obat ini dikonsumsi tepat setelah makan. Alginat berfungsi melindungi dinding perut dan esofagus atau kerongkongan dari iritasi asam lambung yang berlebihan.Obat ini bisa dibeli langsung di apotek tanpa resep dokter.

Penghambat reseptor H2 atau H2-receptor antagonist (H2RA)

Obat ini mengurangi asam lambung dengan cara menghambat efek histamin. Histamin diperlukan tubuh untuk menghasilkan asam lambung. Contoh obat H2RA adalah ranitidin dan nizatidine. Pembelian obat ini biasanya memerlukan resep dokter.

Penghambat pompa proton atau proton-pump inhibitors (PPI)

Obat ini berfungsi untuk mengurangi produksi asam di dalam perut. Obat ini jarang memberikan efek samping yang berat. Jika pun ada, kondisinya tidak terlalu parah dan bisa berupa konstipasi, pusing, dan diare.

Contoh obat PPI adalah omeprazole, lansoprazole dan esomeprazole. Obat ini biasanya membutuhkan resep dari dokter.

Prokinetik

Obat ini berfungsi mempercepat proses pengosongan perut. Ini berarti makanan dan asam lambung akan lebih cepat masuk ke dalam usus halus sehingga mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik ke esofagus.

Obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh orang-orang berusia di bawah 20 tahun akibat potensi efek sampingnya. Contoh obat prokinetik adalah domperidone dan bethanecol. Obat ini umumnya memerlukan resep dokter.

6Penanganan dengan Operasi

health.kompas.com

Operasi merupakan jalan terakhir ketika usaha-usaha untuk menyembuhkan sendiri gagal, baik dengan cara alami ataupun dengan obat-obat resep dokter.

Tentu operasi ini tidak hanya biaya yang mahal tapi juga mempunyai resiko yang tinggi pada kesehatan, selain efek samping juga operasi belum tentu berhasil.

Maka dari itu gejala di atas harus betul-betul diketahui agar penanganan dengan cara sendiri bisa dilakukan.

7Komplikasi Ketika Asam Lambung Parah

tienspasuruan.my.id

Perlu kamu tahu ya, bahwa ketika penyakit asam lambung ini parah maka akan dapat memperparah gejala penyakit lain, khususnya asma. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai komplikasi-komplikasi tersebut.

Asma

Kamu perlu tahu asam lambung parah bisa mempengaruhi asma. Gejala asma yang kamu derita akan semakin buruk karena saluran udara bisa terganggu oleh asam lambung, selain itu obat-obatan asma juga memperparah gejala GERD.

Penyempitan saluran esofagus

Yaitu kerusakan pada dinding bagian bawah dari esofagus karena teriritasi asam lambung terus menerus. Setelah teriritasi terus-menerus, esofagus membentuk jaringan luka yang akibatnya menyempitkan saluran untuk lewatnya makanan.

Luka pada dinding esofagus

Asam lambung bisa mengikis dinding esofagus dengan sangat parah, ini yang menyebabkan luka atau tukak terbentuk. Tukak esofagus bisa berdarah dan menyebabkan munculnya rasa sakit dan kesulitan saat menelan.

Esofagus Barrett

Perubahan sel-sel pada dinding esofagus bisa terjadi setelah teriritasi asam lambung berulang kali. Kondisi ini disebut Esofagus Barrett dan bisa dianggap sebagai kondisi prakanker. Perubahan sel yang terjadi belum memiliki sifat-sifat kanker. Tapi di kemudian hari, sel-sel ini bisa memicu munculnya sel kanker walau terhitung jarang.

Kanker esofagus

Selain akibat GERD yang berkelanjutan, terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker esofagus. Risiko akan meningkat jika penderita adalah seorang pria, perokok dan peminum alkohol, mengalami obesitas atau kegemukan. Gejala paling umum dari kanker esofagus adalah kesulitan dan rasa sakit saat menelan serta penurunan berat badan.

8Diagnosis Untuk Mengetahui Gejala Asam Lambung

niemann-pick.org.uk

Untuk mengetahui apakah kamu menderita penyakit asam lambung atau GERD, dokter cukup menanyakan gejala-gejala yang dialami dan dokter bisa menentukan diagnosisnya.

Tes lebih lanjut hanya dianjurkan jika kamu merasakan sakit atau kesulitan saat menelan, serta jika gejala tidak mereda setelah mengonsumsi obat-obatan.

Tes lanjut dilakukan untuk memastikan gejala yang terjadi bukan karena penyakit lain seperti sindrom iritasi usus besar atau IBS. Terdapat beberapa jenis tes lanjutan untuk memeriksa penyakit asam lambung atau GERD, antara lain manometri, endoskopi, pemantauan keasaman esofagus, dan tes barium.

Tes manometri

Tes ini dilakukan untuk memeriksa seberapa baik fungsi otot LES melalui pengukuran tingkat tekanan di dalam ototnya.

Tes endoskopi

Tes endoskopi yaitu pemeriksaan yang dilakukan menggunakan alat endoskop untuk memastikan diagnosis GERD dan melihat apakah ada dinding esofagus yang rusak karena asam.

Tes  keasaman di esofagus.

Pengukuran pH atau keasaman di esofagus perlu dilakukan jika hasil endoskopi belum bisa memastikan adanya penyakit GERD. Diagnosis GERD dapat dipastikan jika pH di esofagus terbukti naik drastis setelah waktu makan.

Tes barium

Tes ini bertujuan memeriksa jika ada hambatan atau masalah pada saat menelan makanan atau minuman. Tes ini bisa menunjukkan jika ada masalah pada otot saluran pencernaan saat sedang menelan.

Barium adalah zat kimia aman dan tidak beracun yang bisa terlihat dengan jelas oleh sinar X. Larutan barium akan diminum, lalu dilakukan pemindaian sinar X untuk mengetahui masalahnya.

Yup, itulah pembahasan lengkap mulai dari penyakit asam lambung, penyebabnya, gejala, cara meredakan, obat untuk mengatasi, jika asam lambung parah dan diagnosis untuk mengetahui terkena penyakit asam lambung atau tidak.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.