Pernahkah kamu mengalami rasa nyeri atau ngilu pada persendian?

Hati-hati, kemungkinan besar itu adalah asam urat. Asam urat timbul akibat produksi zat asam bernama purin yang berlebih. Zat tersebut muncul akibat dari pemecahan zat nitrogen di dalam tubuh.

Kadar asam urat yang tinggi akan menyebabkan zat tersebut menetap di sendi. Jika asam urat pada sendi semakin banyak, akan terjadi penekanan pada sendi yang dapat menyebabkan nyeri dan pegal. Persendian yang biasanya terserang, yaitu sendi jari kaki, jari tangan, tumit, lutut, siku, dan pergelangan tangan.

Asam urat bisa muncul pada seseorang dengan rentang usia 20-40 tahun. Khusus buat kamu yang masih muda, jangan sampai penyakit asam urat ini menyulitkanmu dalam beraktivitas. Maka, cegah penyakit ini sedini mungkin agar di masa tua kamu tetap sehat dan bisa berkegiatan dengan optimal.

1Perbanyak Minum Air Putih

hemaviton.com

Minumlah air putih minimal 8 – 10 gelas per hari. Tujuannya yaitu untuk mengencerkan urin sehingga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih. Karena jika tubuh kita kurang cairan, maka pergkristalan asam urat akan mudah terbentuk.

Selain itu, minum air juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dan mempermudah ginjal untuk membuang atau megeluarkan zat asam urat yang dihasilkan oleh zat purin.

2Hindari Konsumsi Alkohol

m.detik.com

Serangan akut asam urat sering dipicu oleh overindulgence yang terkandung di dalam alkohol. Alkohol akan meningkatkan asam laktat yang dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

Orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki kadar asam urat lebih tinggi dibanding yang tidak mengonsumsinya. Selain beresiko terhadap penyakit asam urat, alkohol pun menjadi pemicu penyakit-penyakit lain yang berbahaya, seperti diabetes, kanker, jantung, dll.

3Konsumsi Makanan yang Mengandung Potasium Tinggi

tradisional-obat.blogspot.com

Konsumsi makanan yang mengandung potasium tidak terlalu tinggi seperti kentang, yoghurt, dan pisang. Kentang yang dikonsumsi haruslah kentang yang proses pematangannya tidak digoreng seperti junk food.

Terdapat pula kandungan natrium dalam buah pisang, termasuk sodium. Kandungan sodium juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

4Rajin Konsumsi Buah dan Sayur

blog.bouncerrentalnw.com

Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry. Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat, yaitu buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.

Adapun jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, yaitu kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

5Diet Sehat

kicantik.com

Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan asam urat. Atur pola makan dan rajin berlolahraga. Jika pola makan tidak dirubah, kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menimbulkan menumpuknya kristal asam urat.

Apabila kristal terbentuk dalam cairan sendi, maka akan terjadi penyakit gout (asam urat). Lebih parah lagi jika penimbunan ini terjadi dalam ginjal, tidak menutup kemungkinan akan menumpuk dan menjadi batu asam urat (batu ginjal).

Menjaga asupan makanan agar tidak berlebihan harus menjadi prioritas utama bagi para penderita asam urat. Jika tubuh masih sehat pun, tetap harus menjaga pola makan. Teratur dan secukupnya.

6Khasiat Daun Sambiloto

tradisionalobat.blogspot.com

Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun.

Dari berbagai penelitian menunjukan hasil bahwa terdapat kandungan zat aktif androgapholid yang sangat bermanfaat untuk pengobatan termasuk untuk penyakit asam urat.

Cara mengolah daun sambiloto menjadi obat herbal asam urat, yaitu dengan mencuci bersih 5-10 lembar daun. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Minum air rebusan 3 kali sehari. Diminum 1 jam sebelum makan, atau 2 jam sesudah makan.

7Rebusan Daun Sirsak

manfaatdaun.com

Daun sirsak mengandung Vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga dapat mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Selain itu, daun ini juga bisa meringankan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat,

Kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Cukup rebus daun sirsak sebanyak 5 lembar dengan air bersih sampai mendidih. Lalu minum setelah agak dingin. Lakukan setiap hari.

8Terapi Bekam

hariansehat.com

Inti teknik terapi bekam ialah mengeluarkan racun dengan cara mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh, termasuk zat purin berlebih yang menyebabkan asam urat.

Bekam bisa mengeluarkan kristal asam urat dari persendian dan jaringan di sekitarnya, sehingga rasa nyeri berkurang dan tidak terjadi peradangan, warna merah, atau pembengkakan pada persendian.

Bekam mengandung zat prostaglandin dari tempat yang sakit sehingga mengurangi rasa sakit. Teknik inipun dapat memicu sekresi zat endorfin dan enkefalin di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

SHARE