Dada sering terasa sesak, sulit bernapas,mengi, dan batuk-batuk? Hati-hati! Karena itu semua merupakan gejala dari penyakit asma. Ah, yang benar? Iya, memang jarang terjadi serangan asma yang bisa membahayakan nyawa.

Tapi, bukankah akan lebih baik jika kita lebih waspada dengan gejala-gejala seperti itu? Mengapa? Karena asma bisa muncul di usia berapa pun dan tidak selalu berawal dari masa kanak-kanak.

Meskipun asma digolongkan penyakit keturunan, tapi penyebab dasar penyakit ini belum sepenuhnya diketahui.

Faktor pemicu asma biasanya tiap orang berbeda-beda. Perlu diketahui, pemicu di sini bukan berarti sepenuhnya yang dapat menyebabkan asma. Akan tetapi semua yang dapat mengiritasi saluran pernapasan yang berujungpada munculnya gejala asma.

Setelah faktor memicu, mungkin akan lebih lengkap lagi jika kita membahas soal obat yang dapat mengatasi asma itu sendiri. Yups, kita akan membahas obat tradisional saja. Karena obat herbal lebih seru untuk diperbincangkan.

Ya bukan? Selain murah, obat tradisional juga non efek samping sehingga jauh lebih aman daripada obat modern/kimia. Eits, tapi jika untuk penderita kronis, jangan menjadikan obat tradisional sebagai pengobatan utama untuk kesembuhan.

Obat asma tradisional paling ampuh ternyata bisa didapatkan dengan mudah untuk menjadi alternatif pengobatan modern, atau digunakan berdampingan dengan obat modern.

Meskipun saat ini jenis obat modern atau obat-obatan kimia sering dinomor satukan untuk menyembuhkan penyakit, tetapi tanpa kita sadari ternyata di lingkungan sekitar kita banyak terdapat jenis-jenis obat alami atau obat-obatan herbal yang bisa membantu kamu menyembuhkan, meringankan atau mencegah dari berbagai penyakit, salah satunya termasuk sakit asma atau sesak nafas.

Obat sesak nafas tradisional dapat digunakan sebagai pilihan pertama untuk asma ringan, sebagai alternatif pengobatan modern, maupun digunakan bersamaan dengan obat modern untuk mempercepat pengobatan.

Jika ingin menggunakan obat tradisional bersamaan dengan obat modern, sebaiknya dicoba dalam jumlah sedikit dulu untuk mengetahui apakah ada efek samping.

Yah, untuk alternatif lah istilahnya, atau sebagai penunjang dari pengobatan modern itu sendiri. Nah bagi penderita asma yang tidak kronis, obat tradisional berikut ini boleh dicoba lhoh.

1Manisnya Madu, Jadi Obat Asmamu

obatstroke.biz.id

Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernafasan, yang kemudian dapat dikeluarkan. Kamu dapat mengkonsumsi madu dengan air putih hangat.

Jangan dengan air dingin karena akan memperburuk kondisi pernafasan, dan jangan dengan air panas, karena akan merusak nutrisi yang dikandung dalam madu. Campurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat kemudian dapat diminum.

Mengapa harus air hangat? Karena jika air dingin yang kita dapatkan adalah kondisi pernapasan yang semakin memburuk. Sedangkan jika dengan air panas akan merusak nutrisi pada madu itu sendiri.

Supaya semakin ampuh mengobati asma, dapat ditambahkan 1/4 sdt bubuk kunyit, atau ditambahkan 1/2 sdt bubuk kayu manis.

Jika tidak ada bubuk kunyit, bisa dengan kunyit yang telah dicuci, lalu dipotong-potong lalu dimasukkan kedalam campuran madu, atau kunyit yang ditumbuk halus kemudian dicampurkan.

Minuman madu ini juga bisa ditambahkan 1 sdt tumbukan bawang putih.

2Jahe Hangat, Asma Pun Minggat

apotekmaxs.com

Ya, seperti yang kita tahu, jahe terkenal dapat menghangatkan badan. Tapi, yang lebih menakjubkan lagi, jahe juga merupakan salah satu obat tradisional untuk asma yang ampuh juga lho.

Jahe dapat membantu mengatasi peradangan, asma sendiri disebabkan karena ada peradangan pada saluran nafas bawah. Jahe dapat ditambahkan ke dalam campuran madu, madu + jahe. Madu merupakan kombinasi yang cocok untuk jahe.

Selain rasanya yang nikmat, kombinasi ini akan semakin mempercepat mengatasi sakit asma. Saat jahe menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangannya, madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan.

Penggunaan jahe dapat dengan ditumbuk dulu hingga halus, atau dengan dipotong-potong saja, baru kemudian dicampurkan ke dalam campuran madu. Jika hanya dipotong-potong, berikan lebih banyak jahe dibandingkan dengan jika ditumbuk.

Asma disebabkan adanya peradangan pada saluran napas bagian bawah dan jahe dapat membantu mengatasi peradangan itu. Masih belum percaya? Silahkan dicoba saja.

3Bawang Putih

cari-manfaat.com

Bumbu dapur ibu satu ini memang punya banyak kebaikan yaa. Bawang putih terkenal sebagai antibiotik dan ekspetoran alami, lho.

Ketik asma menyerang, seringkali kelenjar lendir di saluran pernafasan memproduksi lendir kental yang menyebabkan tersumbatnya aliran udara. Nah, sebagai ekspetoran alami, bawang putih majur untuk meredakan gejala tersebut.

4Kencur Bikin Asma Kabur

brilio.net

Pasti banyak yang belum tahu bukan kalau rempah-rempah satu ini bisa mengatasi asma? Perlu kamu tahu, kencur sangat bagus untuk asma karena bisa menciptakan sensasi hangat di dada yang melegakan pernapasan.

Rasanya sih, memang sedikit aneh, tapi soal khasiat jangan ditanyaa.. Hehe

5Dari China Redakan Asma

treepicturesonline.com

Pengobatan China ini memang menjadi terkenal karena menggunakan ramuan herbal yang diklaim tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obatan kimia. Salah satunya, yups, pohon maidenhair.

Konon, tanaman herbal ini dipercaya sangat efektif dalam melawan reaksi alergi. Plusnya, tanaman yang bernama latin Ginkgo biloba ini merupakan sebuah anti-inflammatory yang bisa membuat paru-paru Kamu menjadi lebih rileks.

6Bunga Kenanga

manfaatbungabuah.blogspot.com

Harus makan bunga? Tenang saja, kamu tidak akan memakan bunganya, tetapi diharuskan untuk meminum ramuan yang terbuat dari bahan dasar bunga kenanga kering. Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami.

Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat.

Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

7Buah Cermai

ManfaatBuahan.com

Jenis obat asma tradisional paling ampuh yang keempat adalah dengan mengambil manfaat buah cermai/cerme. Buah yang rasanya unik ini ternyata juga bisa menjadi salah satu obat asma yang manjur.

Pertama, sediakan 6 biji buah cermai, dua siung bawang merah, ¼ genggam akar kara, 8 butir buah kelengkeng, dan dua gelas air matang. Cara pembuatan ramuannya juga tergolong mudah.

Cuci buah kelengkengnya sampai bersih, lalu tumbuk bersama bahan-bahan lain yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Kemudian rebus hasil tumbukannya dengan 2 gelas air sampai tersisa ½ gelas saja. Minumlah setelah airnya dingin dan disaring.

8Konsumsi Pisang Setiap Hari

manfaatbuahan.com

Sebuah penelitian dilakukan oleh para peneliti dari Imperial College London. Mereka menemukan bahwa setiap orang yang mengonsumsi setidaknya satu buah pisang sehari mampu terhindar dari risiko terserang asma.

Tak main-main, prosentasenya ternyata bisa mencapai 34 persen dan itu masih mungkin bisa semakin meningkat.

Tak cuma bermanfaat untuk mencegah penyakit asma saja, buah pisang mengandung fibre alias serat yang sangat tinggi. Inilah yang membuat pisang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Pencernaan yang baik akan membantu metabolisme sehingga tubuh bisa jadi lebih sehat.

9Daun Kitolod

Tipspetani.com

Mungkin kamu cukup asing dengan nama daun ini. Namun tumbuhan obat asma ini ternyata juga dinilai cukup efektif menangani asma. Pertama siapkan dua lembar daun ki tolod dan juga dua gelas air.

Setelah daun dicuci, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuannya setelah airnya dingin dan di saring sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan sore, lakukan secara teratur hingga sakit sesak nafasmu teratasi.

Naah, itu dia obat herbal yang bisa dijadikan obat alternatif penyembuhan asma. Jika alami saja masih bisa, kenapa harus kimia, bukan? Lebih aman memang, namun, jika tak kunjung mereda, segera konsultasikan ke dokter agar diberi penanganan lebih lanjut.

10Mengenal Penyebab Asma Untuk Melakukan Pencegahan

ahliobatherbal.blogspot.com

Setelah mengetahui obat tradisional apa saja yang dapat mengobati asma, ada baiknya jika kamu juga mengetahui penyebabnya, sehingga dapat menghindarinya dan melakukan pencegahan.

Penyakit asma sendiri adalah sebuah kondisi ketika saluran napas akan mengalami penyempitan dan bisa terjadi peradangan.

Beberapa gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita asma ketika penyakitnya kambuh adalah batuk-batuk, napas yang berdenging, hingga sulit bernapas.

Penyakit ini tergolong menjadi salah satu penyakit yang tidak terlalu ekstrim, tetapi juga bisa menimbulkan dampak yang berbahaya bagi keselamatan. Serangan asma biasanya akan membuat penderitanya menjadi sesak napas hebat, kulit berwarna kebiruan, bahkan biasanya jika sudah tidak kuat orang tersebut akan pingsan.

Sakit asma sulit sembuh secara total, karena kadang disebabkan oleh alergi. Dengan obat tradisional yang paling ampuh maupun dengan pengobatan medis, asma akan sembuh, tapi jika terpapar oleh hal yang menjadi penyebabnya secara berlebihan, akan kambuh lagi.

Secara umum asma terbagi menjadi dua jenis, yaitu asma ekstrinsik dan juga asma intrinsik. Apa perbedaan keduanya? Pada kasus asma ekstrinsik, biasanya asma akan kambuh karena alergi atau yang berasal dari luar tubuh.

Misalnya saat penderita menghirup deu, menghirup serbuk, jamur, bulu binatang, asap, bahkan saat menghirup udara dingin. Jenis asma ekstrinsik ini juga biasanya membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas olahraga yang terlalu berat.

Sedangkan jenis asma intrinsik adalah gejala asma yang biasanya akan muncul ketika orang merasa stres atau saat kondisi emosionalnya sedang kurang stabil. Bahkan terkadang bisa dipicu karena infeksi virus.

Penyebab-penyebab asma sebaiknya kamu ketahui supaya bisa menghindarinya dan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa faktor yang bisa mengakibatkan seseorang terkena asma antara lain adalah bawaan atau turunan dari orang tua atau dari silsilah keluarga.

Penyakit asma adalah salah satu jenis penyakit turunan, jadi jika keluarga ternyata punya riwayat penyakit asma, maka ada kemungkinan anak cucunya juga akan menderita penyakit tersebut. Akan tetapi perlu ketahui bahwa asma bukanlah jenis penyakit yang menular.

Faktor kedua biasanya berasal dari faktor lingkungan yang kotor. Jika lingkungan tempatmu berada setiap harinya selalu penuh debu atau asap, maka hal tersebut bisa memicu atau menimbulkan penyakit asma.

Bukan hanya di rumah, tetapi kejadian ini justru bisa terjadi di tempat-tempat umum, di lingkungan yang penuh dengan asap rokok, asap kendaraan, dan polusi udara lainnya. Maka dari itu, kami menyaranka untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menjauhkan diri dari berbagai benda yang bisa memicu asma.

Selanjutnya ada juga faktor makanan yang tentunya disebabkan oleh konsumsi makanan yang salah. Penyakit asma ini biasanya disebabkan karena seseorang terlalu banyak makan junk food.

Pada dasarnya junk food ini memiliki banyak kadar MSG dan juga pengawet makanan yang tidak baik untuk tubuh. Kamu juga tidak disarankan untuk terlalu banyak makan es, kacang, ataupun coklat.

Yang terakhir sebelum melanjutkan ke materi obat asma tradisional paling ampuh, kamu juga harus mewaspadai kondisi udara yang sangat dingin. Hal ini dikarenakan penggunaan AC dan juga suhu dingin di lingkungan juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit asma.

11Pantangan Bagi Penderita Asma

http://gejalapenyakitmu.blogspot.com

Makanan yang kaya kandungan lemak tinggi seperti gula dan tepung putih serta roti putih, coklat. makanan ini menyebabkan produksi lendir berlebih, jadi tidak baik untuk penderita asma.

Jauhi makanan yang menyebabkan reaksi alergi. contohnya seperti : telur, susu, ikan, kerang, kacang2an, kedelai.

Makanan kaya lemak dapat mengaktifkan respons imun dan menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, namun dampak spesifik terhadap saluran pernapasan belum pernah diteliti sebelumnya.
Dalam studi itu, Wood dan kawan-kawan melibatkan 30 orang yang tidak mengalami obesitas tapi mengidap asma, serta 16 orang dewasa yang obesitas.
Untuk mereka yang non-obesitas diminta secara acak untuk mengonsumsi makanan kaya lemak dan rendah lemak. Sedangkan kelompok obesitas seluruhnya diberi makanan kaya lemak.
Tim peneliti menemukan penanda peradangan saluran napas meningkat secara signifikan pada kelompok yang mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Mereka juga menemukan fungsi jantung terpengaruh oleh asupan makanan kaya lemak tersebut.
Dan pasien asma yang mengonsumsi makanan kaya lemak dan kemudian menghirup obat asma, hanya mengalami perbaikan sekitar 1% pada fungsi paru mereka.
Dan mereka yang mengonsumsi makanan rendah lemak mengalami perbaikan fungsi paru sebesar 4,5% setelah menggunakan obat hirup asma.

12Olahraga Terbaik Bagi Penderita Asma

wartakesehatan.com
Saat seseorang memiliki asma, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga diri agar asma tidak kambuh, salah satunya adalah memilih kegiatan yang tepat. Kegiatan yang terlalu berat bisa memicu terjadinya asma dan ini bisa berbahaya jika tidak mengatasinya dengan cepat.
Salah satu aktivitas yang juga sering dikhawatirkan banyak penderita asma adalah olahraga. Mereka tidak bisa sembarangan melakukan olahraga mengingat kondisi asma yang mungkin saja muncul.
Paling tidak ada 4 olahraga yang bisa dilakukan dengan aman untuk penderita asma.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa dengan asma yang berjalan 3 kali seminggu selam 12 minggu berturut-turut mampu mengontrol asma yang mereka derita sekaligus meningkatkan kebugaran tanpa memicu serangan tiba-tiba.

Berjalan selama 30 menit per hari juga sangat baik, dengan waktu 5 menit mengatur pemanasan dan pendinginan. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, bisa berjalan cepat selama 5 menit sekali dalam kurun waktu 30 menit.

Jika bicara tentang melatih pernapasan dengan baik, maka olahraga yoga tidak bisa dilewatkan. Bukan hanya melatih fleksibilitas tubuh, yoga juga melatih pernapasan yang sangat baik untuk para penderita asma. Berlatih pernapasan bisa memperbanyak kapasitas paru-paru.

Penelitian menunjukkan, orang yang melakukan latihan yoga dua setengah jam seminggu selama 10 minggu mampu menurunkan ketergantungan pengobatan terhadap asma. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan melakukan Tai Chi dan meditasi.

Olahraga air ini adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan untuk penderita asma, berenang dapat melatih sistem pernafasan, memperbaiki kerja otot pernafasan dan meningkatkan toleransi terhadap tindakan yang bisa memicu serangan asma.

Senam aerobik umumnya tidak memberatkan penderita asma, untuk memulai senam sangat disarankan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sesudah senam. Pemanasan bermanfaat agar tubuh siap melakukan aktifitas fisik. Senam aerobik juga disarankan tidak langsung 1 jam, melainkan bertahap. Dimulai dari 20 menit pertama, 40 menit, dan 60 menit.

Voli merupakan olahraga bertempo lebih cepat daripada bisbol, softball dan sepak bola tapi juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita asma. Aturan permainan tidak melibatkan gerakan terlalu banyak dan hal ini tidak menyulitkan penderita asma.
Bersepeda santai cenderung tida akan memperburuk asma. Bersepeda di medan yang terjal membuat kamu bisa berada dalam kesulitan. Napas akan masuk dan keluar dengan cepat karena menjaga kecepatan sepeda dan hal ini dapat berpotensi memicu serangan asma.
Namun, satu studi menemukan bahwa pengendara sepeda gunung lebih mungkin untuk memiliki asma, namun mereka masih mampu bersaing di Olimpiade sekalipun.

13Olahraga Berbahaya Bagi Penderita Asma

http://growupusa.org

Debu memiliki sifat merangsang alergi, sehingga bisa menyebabkan serangan asma. Oleh karena sangat penting untuk menjaga tingkat kebersihan yang sangat tinggi, sehingga ruangan atau kamar menjadi bebas debu.

Latihan atau olahraga yang memicu asma adalah jenis olahraga berat atau terlalu lama. Penyempitan saluran pernafasan akan dimulai lima sampai 20 menit setelah mulai olahraga, sehingga sulit untuk mengambil nafas.
Biasanya, udara yang kita ambil saat awal terasa hangat dan basah yang diambil lewat hidung. Namun pada saat olahraga orang cenderung bernapas melalui mulut, sehingga menghirup udara yang dingin dan kering.
Hal ini bisa memicu asma karena otot di sekitar saluran udara sensitif terhadap perubahan-perubahan suhu dan kelembaban – terjadi kontraksi, yang selanjutnya mempersempit jalan napas dan menyebabkan gejala asma akibat olahraga.
Emosi berlebihan seperti kecemasan, kemarahan, dan ketakutan menyebabkan stres, yang pada akhirnya mengakibatkan perubahan dan pola denyut jantung. Ada yang cepat, pernapasan menjadi dangkal, dan menyebabkan penyempitan saluran udara , selanjutnya menyebabkan serangan asma.
Penelitian menunjukkan bahwa kontak dengan kucing atau anjing sangat membahayakan bagi penderita asma. Fakta bahwa bulu, partikel rambut, air liur, dan bahkan kulit hewan semuanya dikenal sebagai pemicu asma.

Bahkan jika hewan peliharaan tidak secara fisik berada di sekitar Anda, tapi bulu yang tertinggal mungkin masih berada di lingkungan Anda berada, dan dapat menimbulkan risiko serangan.

Aspirin termasuk beberapa jenis obat yang bisa menjadi pemicu asma. Pemakaian aspirin dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kondisi asma semakin memburuk. Untuk mengatasi hal ini maka sebaiknya konsumsi obat bagi penderita asma hanya boleh dilakukan dengan dasar resep dokter.

Jika penderita asma sakit dan membutuhkan obat-obatan sebaiknya harus mendapatkan resep dari dokter. Meski spirin merupakan obat yang juga mengobati penyakit, namun penggunaan obat ini dapat meyebabkan adanya efek samping aspirin bagi penderita asma.

Perubahan cuaca yang terlalu ekstrim bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan. Jika cuaca terlalu dingin maka bisa menyebabkan saluran pernafasan mudah menyempit sehingga serangan asma bisa terjadi kapan saja.

Sementara jika cuaca terlalu panas maka bisa menyebabkan gangguan pada pernafasan. Jadi penderita asma harus bisa mengatur perlindungan saat cuaca sedang panas atau dingin.

Pantangan asma terakhir adalah garam. Garam biasanya dipakai untuk bumbu masakan dan sebagai salah satu zat pengawet alami. Namun konsumsi garam yang berlebihan untuk penderita asma bias menyebabkan kondisi asma menjadi lebih buruk.

Jadi sebaiknya penderita asma tidak mengkonsumsi garam secara berlebihan dan cenderung menggunakan bumbu pengganti.

Menjaga kesehatan diri. Penderita asma harus membiasakan untuk hidup sehat. Menjalankan beberapa kebiasaan yang cukup baik seperti berolahraga ringan, menjauhi pemicu alergi, menjaga kebersihan lingkungan dan konsumsi makanan yang sehat dan penuh dengan nutrisi.

Anak-anak yang menderita asma harus mendapatkan dukungan seperti ini dari keluarga.

ika penderita asma menjalani perawatan dengan obat-obatan dokter sebaiknya juga menjalani program perawatan hingga tuntas. Konsumsi obat untuk asma memang biasanya berjangka panjang. Evaluasi dari dokter penting untuk meringankan asma pada tahap yang sudah lanjut.

Jika penderita asma sebelumnya memiliki kebiasaan merokok, maka sebaiknya harus segera berhenti merokok. Rokok dan asap rokok menjadi pemicu yang sangat besar sehingga penderita asma lebih rentan terhadap asap rokok.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk berhenti merokok sebab bahaya merokok bagi kesehatan tubuh akan berdampak pada kematian.

14Aneka Olahan Jus Untuk Mengobati Asma

PanduanSama.Com

Ada berbagai jenis buah-buahan yang semuanya memiliki kandungan vitamin dan memiliki fungsi yang berbeda-beda bagi kesehatan. Karena fungsi dari masing-masing buah berbeda, belum tentu buah tersebut bisa mengobati setiap penyakit.

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti asma, kamu tidak bisa menyembuhkan penyakit itu, namun hanya bisa meredam penyakit asma agar tidak menjadi lebih parah.

Untuk meredakan penyakit asma yang anda miliki selain dengan meminum obat secara rutin setiap harinya, anda bisa juga mengkonsumsi jenis buah-buahan ini yang bisa memberikan pengobatan tambahan untuk meredakan asma yang kamu miliki.

Nah, agar tidak merasa terpaksa harus mengkonsumsi segala jenis buah untuk menyembuhkan asma, kamu juga bisa mengolah buah-buahan tadi menjadi minuman yang segar.

Selain menambah daya tarik, olahan jus buah juga dapat menambah suplemen dan asupan gizi pada tubuh. Untuk itu, berikut adalah beberapa resep olahan jus buah untuk penderita penyakit asma.

Jus kiwi nanas anggur
Bahan-bahan :

  • 100 gram kiwi
  • 75 gram nanas
  • 75 gram anggur merah
  • 2 sdm madu
  • ¾ gelas air matang

Cara membuat :

  • Ambil buah nanas, kupas kulitnya lalu buang bagian matanya dan rendam beberapa saat dengan air garam.
  • Masukkan nanas, kiwi, dan anggur ke dalam blender.
  • Tambahkan air putih, proses hingga halus.
  • Tuang ke dalam gelas saji kemudian tambahkan madu sambil di aduk-aduk.
Jus jambu jeruk bali
Bahan-bahan :

  • 100 gram jambu biji merah
  • 50 gram bulir jeruk bali
  • 1 sdm madu
  • 200 ml air putih

Cara mengolah :

  • Masukkan daging jambu biji merah ke dalam gelas blender.
  • Tambahkan bulir jeruk bali, madu serta air putih.
  • Haluskan, tuang ke gelas saji.
Jus buah nanas
Bahan-bahan :
  • 100 gram nanas
  • 100 gram jambu biji
  • 2 sdm sirup gula
  • ¾ gelas air putih
 Cara membuat jus :
  1. Nanas dikupas, buang bagian matanya lalu direndam sebentar dengan air garam.
  2. Jambu biji dikupas, potong-potong lalu proses dengan blender. Saring bijinya, sisihkan.
  3. Masukkan potongan buah nanas, jus jambu biji, sirup gula, dan air putih matang.
  4. Blender semuanya hingga halus. Jus buah siap dihidangkan.

Selain itu, ada juga buah pisang, buah yang tidak sulit untuk didapatkan dan harganya murah ini ternyata juga memiliki fungsi untuk mengobati asma. Buah pisang memang lebih enak dimakan secara langsung daripada buah alpukat, dan buah pisang ini terkadang oleh beberapa orang digunakan sebagai buah untuk minum obat.

Kamu juga boleh makan buah lain meskipun buah itu tidak memiliki fungsi untuk mengobati asma, karena buah pada dasarnya memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Jangan lupa makan buah tiap hari ya?

SHARE