Batuk merupakan penyakit yang memasyarakat, penyakit ini sudah mendarah daging sejak jaman dahulu sampai sekarang.

Penyakit ini rata-rata terjadi ketika musim berganti atau musim pancaroba, dimana musim itu memang banyak terjadi perubahan suhu dan cuaca.

Bagi yang tidak kuat maka akan mudah terkena sakit, tapi tidak sedikit juga yang terkena batuk ketika musim penghujan tiba.

Batuk ini bisa menyerang siapa saja lho guys, tidak hanya anak-anak, orang tua juga bisa kena. Namanya aja penyakit turun temurun yang mendarah daging, tentu semua orang pasti mengalaminya.

Batuk tidak hanya disebabkan karena perubahan suhu saja lho, tapi juga bisa karena asap rokok, asap mesin atau debu yang tidak sehat. Oleh Karena itu guys, di sekitar kita sudah banyak sekali hal semacam ini, kamu musti jaga kesehatan bener.

Bagi kamu yang sering kena batuk atau batuk kamu sembuhnya lama, mungkin saja obat batuk kamu obat batuk kimia yang ada efeknya. Nih guys kamu bisa coba obat batuk tradisional yang hebat dan tanpa efek samping tentunya.

1Ramuan Jeruk Nipis

spirit.web.id

Salah satu kegunaan jeruk nipis yang hebat adalah menyembuhkan batuk, kamu bisa menambahkan dengan madu atau kecap. Caranya mudah kok, air perasan jeruk nipis ditambah dengan sesendok kecap manis.

Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari. Jika kamu rutin meminumnya pasti batuk kamu akan cepat reda.

2Ramuan Jahe dan Kencur

tarunalaut.blogspot.com

Ramuan kedua tanaman ini digunakan sejak jaman dahulu lho, sejak obat kimia belum ada. Dan sudah terbukti kehebatannya.

Cara nya pun juga sangat mudah guys, siapkan jahe dan kencur secukupnya, parut keduanya hingga halus lalu campur hingga merata.

Rebus campuran kencur dan jahe tersebut pada segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi hangat. Minum ramuan ini setidaknya 3 kali sehari, batuk kamu yang bandel itu pasti akan segera reda.

3Ramuan Daun Sirih dan Jahe

ibucermat.com

Jika kamu kesulitan cari kencur, kamu bisa gunakan daun sirih yang bisa di padukan dengan jahe. Caranya tidak sulit guys, rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe.

Minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal sekali sehari. Lebih sering lebih bagus tentunya.

4Ramuan Belimbing Wuluh

mimunmedia.com

Sudah tahu belum belimbing satu ini? Belimbing ini mempunyai kehebatan untuk menyembuhkan batuk lho guys. Rasanya memang bikin merem melek tapi khasiatnya jangan tanya, justru buah ini lah yang paling ampuh untuk batuk.

Kamu bisa makan secara langsung belimbing ini tanpa harus di masak, tapi jika ingin di masak begini caranya, bersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus.

Masukan parutan tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh.

Minum air tersebut 3 kali sehari, jika kamu rajin tentu batuk kamu akan segera pergi, ingat lho batuk segera pergi.

5Ramuan Cabe Jawa dan Madu

hanya-senang-berbagi.blogspot.com

Sudah tahu cabe jawa belum guys? Kalau belum kamu bisa lihat gambar di atas. Jika tanaman ini ada di sekitar rumah kamu, kamu bisa menggunakannya untuk obat batuk.

Caranya begini guys,siapkan 6 gram cabe jawa kering dan madu secukupnya, tumbuk cabe jawa kering hingga halus campur dengan satu sendok madu dan minum secara rutin satu kali sehari hingga sembuh.

6Ramuan Asam Jawa dan Gula Merah

deherba.com

Asam jawa merupakan tanaman yang buahnya sering kali dibuat untuk bumbu masakan, terutama sayur. Tapi sebenarnya juga bisa buat obat batuk lho.

Caranya, siapkan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya. Aduk hingga rata dan tercampur seluruhnya, minum selagi hangat.

7Ramuan Jahe Merah

manfaatjahemerah.com

Jahe biasanya memang bisa untuk batuk, tapi jahe merah juga bagus lho guys, bagi kamu yang kesulitan nyari jahe biasa, kamu coba jahe merah dech. Caranya gampang banget, peras atau tumbuk jahe yang sudah di kupas lalu minum airnya.

 

SHARE