Kamu sering pusing? Penglihatan sering kabur? Atau cepat lelah? Hati-hati lhooh, itu hanya sebagian kecil dari gejala tekanan darah rendah atau dalam istilah medisnya disebut hipotensi.

Coba cek sesekali tekanan darahmu ke dokter atau tenaga medis terdekat.
Perlu kamu tahu, hipotensi itu merupakan keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normalnya.

Padahal tekanan darah yang normal ialah antara 90/60 dan 140/90 mmHg. Nah jika darah rendah biasanya kurang dari itu, sekitar kurang dari 90/60 atau 140/90. Kenapa? Karena tekanan darah normal tiap orang berbeda-beda.

Oke, kembali lagi ke persoalan hipotensi. Hipotensi terjadi jika darah tidak dapat dipam ke organ badan dengan efektif.

Sebagai contoh, jika tekanan darah tidak sampai ke otak dengan secukupnya, otak tidak menerima oksigen dan nutrien yang ia kehendaki menyebabkan seseorang itu terasa pening, melayang dan hendak pitam.

Ini sering dialami bila seseorang itu bangun dari duduk atau baring karena kebanyakan darah berkumpul di bagian bawah badan. Pernah merasakannya?

Lalu bagaimana mengobati hipotensi itu sendiri? Pengobatannya bisa dari pengobatan modern maupun pengobatan tradisional. Ya seperti yang kita tahu, pengobatan modern lebih kepada pengobatan kimiawi, sedangkan pengobatan tradisional itu lebih alami dan aman.

Penjelasan lebih lanjut dibaca yuuuk. Nah untuk pengobatan modern, jika memang penderita benar-benar memerlukan tindakan lanjut.

Maka seseorang yang menderita penyakit darah rendah perlu diberikan beberapa jenis obat seperti akrinor, fludrocotisone, midodrine, pyridostigmine, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), caffeine, dan erythropoietin.

Kalau yang kimia saja ada, pasti yang alami juga lebih banyak pilihannya dong ya.

Check this out, Guys!

1Kopi Hitam

sharingdisana.com

Kopi mengandung cafein yang berfungsi untuk meningkatkan kerja denyut jantung. Hal ini juga akan membantu untuk meningkatkan tekanan darah.

Eits, meskipun kopi dapat meningkatkan tekanan darah, tapi tidak boleh berlebihan yaa, karena dapat memberi pengaruh buruk bagi tubuh.

2Kehebatan Kemangi di balik Baunya yang Wangi

atikofianti.wordpress.com

Punya apa sih kemangi itu? Asal Kamu tahu, dia punya vitamin C, magnesium, kalium, dan asam pantotenat. Inilah yang membuat kemangi berperan dalam mengatasi tekanan darah rendah.

Selain itu, kemangi juga dapat menyeimbangkan pikiran dan mengurangi stress. Hmmm, apa mungkin efek dari baunya yaa? mungkin itu juga bisa.

3Jus Lemon

isipulsa.co.id

You must know, jus lemon yang penuh kesegaran ini sangat efektif lho untuk mengobati tekanan darah tinggi apalagi jika hipotensi yang disebabkan oleh dehidrasi. Segernya dapet, tapi hipotensi juga kabur kan? coba dan dicoba ya.

4Kacang Hijau

blog.evoucher.co.id

Kacang hijau dapat menaikkan darah karena mengandung zat besi tinggi didalamnya. Plusnya lagi, kacang hijau juga akan membantu mengatasi gangguan kesehatan lain misalnya adalah seperti penyakit dermatitis, pencernaan, dan juga neurologis.

Kacang hijau juga banyak vitamin nya lho.

5Alpukat

manfaatbagus.com

Kebanyakan alpukat dikonsumsi untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena di dalam alpukat mengandung potassium yang bisa menurunkan tekanan darah.

Namun sebenarnya, tanpa disangka, kandungan potassium di dalam alpukat tidak hanya digunakan untuk menurunkan darah, namun menstabilkan tekanan darah, sehingga tekanan darah akan kembali normal, baik bagi penderita hipertensi atau hipotensi. Multitalented yah?

Naaah, itu dia obat-obat yang dapat digunakan dalam mengatasi tekanan darah rendah. Udah lengkap, tinggal pilih yang modern atau yang tradisional. Sip banget, bukan? Selamat mencoba, semoga berhasil!

SHARE