Penyakit ginjal umumnya adalah penyakit yang menyebabkan fungsi ginjal, salah satu atau bahkan keduanya, dalam tubuh manusia terganggu sehingga tak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Para penderita tak hanya akan mengalami kondisi lemah dan sakit karena semakin lama beberapa regulasi dalam tubuh yang biasanya discover ginjal menjadi sangat terhambat.

Namun penderita juga akan merasakan sakit yang tak kunjung usai pada area yang terkena sakit tersebut.

Salah satu jenis penyakit ginjal yang amat dikenal oleh masyarakat luas adalah penyakit gagal ginjal. Penyakit ini sejatinya tak dapat disembuhkan, namun bisa diterapi untuk dihambat pertumbuhannya.

Pertumbuhan di sini maksudnya adalah pertumbuhan penyakit yang semakin merusak ginjal, dan juga bisa mengurangi rasa sakit pada si penderita

Biasanya dokter atau tenaga medis akan menyarankan beberapa terapi pada penderita penyakit ginjal, baiks ecara pola hidup maupun konsumsi makanan sehat.

Namun ketika dirasa penyakit ginjalnya telah mulai parah, maka selain pola hidup dan pola makan sehat, penderita juga dianjurkan melakukan cuci darah, bahkan sampai melakukan operasi donor ginjal.

Selain itu, para Dokter atau tenaga medis juga akan menambah asupan obat atau beberapa elemen yangd apat dikonsumsi oleh penderita demi menghambat kerusakan semakin parah dari ginjalnya.

Yang pertama adalah mengurangi garam atau konsumsi obat anti hipertensi untuk menjaga tekanan darah dari si Penderita agar tetap normal, karena jika tekanan darahnya tinggi akan semakin memicu kerusakan ginjal.

Yang kedua adalah konsumsi obat seperti kalium karbonat untuk perbaikan keseimbangan fosfat bagi penderitanya.

Salah satu fungsi ginjal adalah menampung kelebihan fosfat yang dihasilkan oleh tubuh. Namun bagi pengidap penyakit gagal ginjal, kelebihan fosfat ini justru akan semakin memperparah kondisi kerusakan ginjal.

Yang ketiga, penderita diterapi dengan obat aspirin untuk menjaga jantungnya agar tidak terkena efek dari penyakitnya tersebut. Dan yang keempat penderita dianjurkan mengkonsumsi obat diuretic seperti furosemida.