Gusi bengkak memang bukan penyakit yang asing lagi. Bahkan balita sekalipun kerap kali terkena sakit yang satu ini. Gusi bengkak memang bukan penyakit yang enak. Lho? Memangnya ada penyakit yang enak? Hihi.

Biasanya orang yang terkena gusi bengkak akan mengalami kekurangan nafsu makan, nafsu bicara dan kekurangan intensitas waktu tersenyum. Wajar saja dong, karena gusinya sedang mengalami pembengkakan, jadi agak sulit untuk tersenyum.

Kamu tidak perlu berprasangka buruk dulu ya guys. Hehehe.

Gusi bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal, namun yang kerap kali terjadi adalah karena infeksi atau adanya sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi. Kemudian makanan tersebut membusuk dan dimakan oleh kuman sehingga menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Rasa sakit yang diakibatkan oleh gusi bengkak memang bukan rasa sakit yang sederhana, biasanya akan ada rasa ngilu yang sangat amat menyiksa bagi penderita gusi bengkak. Kekurangan vitamin C dan nutrisi lainnya juga mampu mengakibatkan pembengkakan pada gusi.

Nah, untuk itu kamu harus mengetahui beberapa obat yang dianjurkan nenek moyang kita. Meskipun obat ini adalah obat-obat tradisional tetapi khasiatnya tentu tidak akan kalah dengan obat yang sudah beredar dipasaran saat ini.

Yuk simak ulasannya berikut ini mengenai obat gusi bengkak.

1Lada dan Garam

bobobibi.com

Garam yang dicampurkan dengan lada akan menjadi obat sakit gigi yang efektif, terutama disaat sakit gigi menjadi sangat mengganggu.

Lada dan garam memiliki kandungan alami yang mana mampu membunuh kuman sekaligus mengatasi rasa sakit akibat sakit gigi dan pembengkakan pada gusi.

Caranya juga sangat mudah. Campur lada dan garam dengan beberapa gelas air hingga menjadi pasta. Aplikasikan pasta lada dan garam ini pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit hingga kandungan alami dari kedua bahan alami ini meresap.

Kamu bisa melakukan cara ini selama beberapa hari hingga sakit gigi mereda.

Untuk rasa tidak perlu ditanya, pasti asin bercampur pedas. Hehe.

2Bawang Putih

budidayacaraalam.blogspot.com

Aduh! Lagi-lagi bumbu yang ditakuti vampir ini menjadi obat yang penuh khasiat. Bawang putih dapat meredakan rasa nyeri yang seringkali terjadi saat gigi merasa sakit.

Bawang putih memiliki antibiotic dan berbagai komponen aktif alami lainnya yang mampu membantu menyembuhkan sakit gigi dan membunuh bakteri yang menjadi penyebab awal sakit gigi maupun gusi bengkak.

Campur bawang putih yang sudah kamu tumbuk dengan garam atau lada hitam dan aplikasikan obat alami ini pada gigi yang berlubang, untuk hasil yang terbaik kamu bisa menambahkan bubuk cengkih agar rasa sakitnya makin mereda.

Lakukan cara ini setiap hari hingga sakit gigi dan gusi bengkak yang kamu alami mereda dan tidak terjadi lagi.

3Bawang Bombai

wartakesehatan.com

Ngga perlu jauh-jauh ke India kok untuk mendapatkan bawang yang satu ini. Wkwkwk.

Ternyata bawang bombai memiliki khasiat membantu mengobati sakit gigi dan meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh gusi bengkak.

Bawang bombai bersifat antiseptik dan anti mikroba yang dapat mengontrol dan mengobati rasa sakit pada gigi. Cukup haluskan bawang bombai hingga menjadi lebih halus kemudian kamu bisa menempelkan halusan bawang bombai tersebut pada gigi yang sakit atau berlubang.

4Biji Cengkih

www.infoagribisnis.com

Tidak ada yang lebih baik untuk menyembuhkan sakit gigi dan membunuh kuman penyebab sakit gigi selain cengkih. Cengkih bersifat anti-inflamasi, anti bakteri, antioksidan, dan anestesi yang dapat mengobati rasa sakit pada gigi.

Caranya, giling cengkih dan tambahkan dengan sedikit minyak zaitun lalu aplikasikan obat tradisional tersebut pada gusi yang membengkak dan gigi yang sakit. Agar lebih memudahkan dalam proses pengobatan, gunakanlah cotton ball.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi dengan gusi bengkak, karena kamu bisa mengobatinya dengan bahan-bahan alami diatas. Mudah bukan? Selamat mencoba dan mengaplikasikan ya.

SHARE