Darah tinggi atau yang juga sering dikenal dengan hipertensi erat kaitannya dengan masalah kesehatan pembuluh darah.

Beberapa masalah yang ada di pembuluh darah tersebut antara lain seperti pengerasan dan penyumbatan arteri sehingga mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah.

Dampaknya, jantung akan bekerja memompa darah ekstra keras agar seluruh pembuluh darah mendapatkan pasokan. Kerja jantung yang berlebihan inilah sumber dari penyakit darah tinggi.

Kultur masyarakat Indonesia sejak dulu jika ada yang sakit, maka pengobatannya menggunakan bahan-bahan herbal. Termasuk juga untuk masalah penyakit darah tinggi.

Hal ini patut kamu syukuri karena dengan adanya obat herbal semakin memudahkanmu mendapatkan alternatif pengobatan darah tinggi.

Bahkan sebagian penderita darah tinggi juga terhindar dari penyakit lain yang lebih fatal setelah rutin mengkonsumsi obat-obatan herbal.

Bagi penderita hipertensi, obat-obatan kimia yang dikonsumsi adalah obat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah kembali normal. Karena darah tinggi merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan.

Namun hanya bisa dikontrol agar tetap pada tekanan darah normal.

Artinya seorang penderita darah tinggi haruslah mengkonsumsi obat darah tinggi seumur hidupnya. Sedangkan efek samping bila mengkonsumsi obat kimia secara terus menerus sangat berbahaya bagi tubuh.

Oleh karena itu, mengkonsumsi obat-obatan berbahan alami atau herbal dapat menjadi pilihan alternatif terbaik bagi para penderita darah tinggi untuk mengurangi resiko efek samping dari obat kimiawi.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat herbal darah tinggi.

1Daun Salam

id.wikipedia.org

Khasiat yang terkandung dalam daun salam ini antara lain seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Pertama siapkan daun salam kurang lebih sebanyak 10 lembar. Selanjutnya cucilah dengan air hingga bersih. Kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa sekitar satu gelas air.

Setelah air rebusan telah dingin, kemudian saring dan minum hingga habis pada malam hari. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari hingga menjadi kebiasaan.

2Rumput Laut

zonapos.tk

Tumbuhan laut dengan nama latin Laminaria japonica ini memiliki khasiat untuk menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol yang terlampau tinggi dan mencegah aterosklerosis atau lebih dikenal dengan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menambahkan rumput laut pada menu makanan harianmu.

Rumput laut yang populer saat ini adalah wakame yang sering digunakan untuk sup miso. Ada juga kombi dan nori yang mudah kamu peroleh di supermarket terdekat di kotamu.

3Mentimun

pu-news.com

Sayuran berwarna hijau dan berbentuk lonjong ini biasa kamu temukan di banyak sajian masakan khas Indonesia. Kadar mineral potassium yang tinggi di dalamnya berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, mentimun juga berguna untuk mengurangi penyakit batu ginjal.

Cara mengkonsumsinya pun bisa beraneka ragam. Kamu bisa memakannya langsung sebagai lalapan. Diblender menjadi jus bersama buah-buahan yang lain pun tidak masalah. Asalkan jumlah buah-buahan lainnya tidak lebih banyak daripada ketimunnya.

4Blewah

pusatorganik.co.id

Selain ketimun yang bisa menurunkan darah tinggi, ada juga buah yang memiliki kandungan persis dengan ketimun, yaitu blewah. Blewah ini merupakan buah yang sudah familiar banget bagi semua orang dan banyak sekali disukai karena segarnya.

Kandungan potassiumnya yang tinggi memiliki fungsi yang sama bagi tubuh. Blewah biasanya dinikmati dengan dimakan langsung atau disajikan dalam bentuk es buah.

Untuk menurunkan darah tinggi dengan blewah harus teratur dengan porsi yang cukup banyak.

5Bawang Putih dan Bawang Bombay

notainfo.com

Tanaman umbi-umbian yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur ini juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi penderita darah tinggi. Bawang putih dan bawang Bombay bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi serta menghancurkan penggumpalan darah.

Caranya gampang banget kok, kamu bisa konsumsi secara langsung dengan mengunyahnya jika tahan, tapi jika tidak tahan dengan rasanya kamu bisa iris tipis-tipis campurkan dengan segala jenis makanan.

Biasanya bawang memang dicampur sebagai penyedap rasa untuk masakan oseng, bakso dan lain sebagainya. Banyak-banyaklah konsumsi bawang putih atau bawang bombay ini jika kamu ingin darah kamu stabil.

6Buah Kesemek dan Biji Teratai

nasersafrudin.blogspot.com

Obat alami berikutnya yang dapat menurunkan darah tinggi adalah ramuan buah kesemek dan biji teratai, dimana keduanya ini jika diramu akan menjadi ramuan yang bagus untuk menurunkan darah.

Caranya sediakan buah kesemek 1 buah, biji teratai 200 g  dan air kira-kira 750 cc dan cara membuatnya rebus biji teratai pada periuk yang terbuat dari tanah sampai mendidih dan matang.

Buah kesemek diiris lalu masukkan pada rebusan biji teratai lalu rebus lagi hingga airnya tinggal 400 cc, setelah jadi minumlah ramuan tersebut secara rutin minimal sehari 1 kali agar darah segera turun.

7Mengkudu

perawatankulitmu.com

Sudah tahu mengkudu belum guys? sudah tahu pastinya ya, secara buah ini sudah familiar banget dan nyari buah ini juga mudah banget.

Buah yang tidak banyak diketahui orang manfaatnya ini memang kurang meyakinkan dan tidak terlalu menarik, tapi dibalik itu mengkudu mempunyai banyak manfaat dan salah satunya untuk menurunkan darah yang tinggi.

Cara membuatnya sediakan mengkudu 2 buah, lalu cuci sampai bersih buah mengkudu, lalu parut, peras, saring untuk diambil airnya.
lalu minum ramuan mengkudu sehari dua sampai tiga kali agar darah segera turun.

Mengkudu ini juga bisa dicampur dengan madu jika ingin mendapat hasil yang lebih bagus, caranya cuci sampai bersih 2 buah mengkudu, lalu peras untuk diambil airnya kamudian tambahkan madu satu sendok makan, aduk hingga merata, saring lalu minum ramuan ini setiap dua hari sekali.

Campuran madu diatas berguna untuk menurunkan darah secara cepat dan membuat darah menjadi lebih stabil untuk waktu yang lama.

8Meniran

duniakita-dd.blogspot.com

Yup, berikutnya yang dapat menurunkan darah tinggi secara alami adalah meniran. Sudah kenal beum guys? meniran ini banyak dimanfaatkan untuk sakit kuning lho.

Meniran ini memang tidak banyak tumbuh di pekarangan atau kebun, meniran ini harus budidaya, karena tumbuhan ini termasuk tumbuhan obat yang berkualitas dan tentunya banyak sekali manfaatnya.

Sediakan saja daun meniran ¼ genggam dan air matang ½ cangkir dan cara membuat nya yaitu daun meniran ditumbuk dan digiling halus. Tambahkan air, lalu peras dan saring.

Minum ramuan meniran 2-3 x 1 hari dan yang harus kamu perhatikan ramuan harus diminum sekali habis lho, karena jika dibiarkan sisa akan tidak bermanfaat lagi ramuan tersebut.

9Bunga Rosella

deherba.com

Bunga rosella merupakan bunga dengan warna merah yang sudah cukup familiar di telinga orang, secara teh dari bunga ini sudah banyak dijual di pasaran, biasanya sudah dikemas dalam bentuk kering dan diplastik.

Manfaat dari bunga rosella ini juga sangat banyak, salah satunya adalah untuk menurunkan darah tinggi.

Cara untuk membuat ramuan bunga rosella cukup mudah kok, kalau secara umum dibuat teh rosella, sediakan segenggam bunga rosella yang sudah dikeringkan, lalu sediakan air hangat dan sedikit gula, campurkan ketiganya dan setelah beberapa saat air berubah jadi kemerahan itu tandanya sudah siap diminum.

Lakukan itu sehari paling tidak sehari 2 kali dalam 1 bulan, setiap pagi dan malam agar darah tinggi segera turun, eh tapi jangan salah lho, selain darah bisa turun, kamu juga akan mendapat banyak manfaat lain dari bunga rosella ini.

10Ciplukan

odzzal65.com

Mungkin agak aneh bagi banyak orang ya, secara ciplukan ini tanaman yang tidak dikenal untuk obat tapi hanya sebagai ilalang di sawah atau kebun.

Ciplukan ternyata juga bisa menjadi obat lho dan salah satunya dapat menurunkan darah tinggi, caranya cukup mudah keringkan bunga ciplukan kira-kira beratnya 5 gram dan sediakan air 110 ml.

Cuci ciplukan, lalu rebus dengan 110 ml air bersih selama seperempat jam sambil sesekali diaduk, angkat lalu saring dan dinginkan. Minum sehari dua kali, setiap minum sebanyak 100 ml. Jangan gunakan ramuan ini lebih dari 24 jam ya, karena manfaatnya akan hilang ketika setelah selesai 24 jam.

11Daun Seledri

1001budidaya.com

Bahan alami berikutnya yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi adalah seledri, tentu sudah kenal banget dengan daun kecil warna hijau ini ya guys, secara hampir setiap hari daun ini dibuat tambahan kelengkapan untuk sayur yang dimakan sehari-hari.

Yup, daun seledri ternyata juga bisa menurunkan darah tinggi kamu, caranya sediakan daun seledri secukupnya dan air yang sudah masak. Ambil daun seledri, lalu cuci sampai bersih, tambahkan air bersih secukupnya.

Setelah itu remas-remaslah dengan tangan, kemudian diperas dan saring untuk diambil airnya, minum secara rutin sehari tiga kali sebanyak dua sendok makan. Jika kamu lakukan itu secara rutin setiap hari darah tinggi kamu akan segera stabil.

Untuk cara lain mengkonsumsi daun seledri adalah dengan dijadikan lalapan, caranya cuci dulu seledri, setelah itu langsung bisa dijadikan lalapan saat makan.

12Daun Alpukat

tokopedia.com

Pasti banyak orang terheran dengan daun ini, secara memang sangat sedikit yang tahu dan jarang sekali digunakan orang, secara selama ini hanya buahnya yang dimanfaatkan tapi daun alpukat ternyata juga bisa menurunkan panas.

Caranya begini ya sediakan daun alpukat 4 lembar, gula batu 8 gr dan air bersih 1 gelas lalu ambil daun alpukat, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan satu gelas air bersih, lalu tambahkan gula batu, biarkan sampai mendidih, angkat dan dinginkan.

Setelah itu diminum dalam sehari 1 kali saja, kapanpun bisa yang penting rutin minumnya.

13Daun Pepaya

akuratpost.com

Daun pepaya secara turun temurun sudah menjadi obat bagi keluarga, hal ini sudah dilakukan banyak orang dan merupakan salah satu ilmu warisan nenek moyang.

Daun pepaya memang rasanya pahit tapi justru pahit itulah yang sangat manjur bagi kesehatan, tidak hanya untuk darah tinggi saja, tapi juga banyak manfaat lainnya untuk tubuh kita, bagi orang yang mempunyai masalah pencernaan atau perut sering bermasalah bisa diatasi dengan daun pepaya.

Cara mengolah daun pepaya yaitu ambil daun pepaya, lalu cuci sampai bersih, setelah dicuci kemudian ditumbuk dan diremas-remas, peras untuk diambil airnya.

Minum ramuan daun pepaya sehari satu sampai dua kali sebanyak seperempat sampai setengah gelas dan lakukan itu secara rutin, dalam beberapa hari akan terasa hasilnya.

14Daun dan Ranting Pulutan

luirig.altervista.org

Masih asing banget pastinya ya sama daun dan ranting pulutan, secara tumbuhan ini memang jarang sekali digunakan sama orang jawa, daun pulutan digunakan orang di luar jawa.

Cara menolah daun dan ranting pulutan mudah sekali yaitu sediakan daun daun dan ranting secukupnya dan air lalu rebus daun dan ranting pulutan sampai mendidih.

Minum ramuan 2-3 x 1 hari sebanyak ½ – 1 gelas secara rutin setiap hari agar darah yang tinggi segera turun.

15Belimbing Wuluh

jagakesehatan.com

Nah, kalau ini sudah kenal banget ya guys, secara belimbing wuluh ini banyak tumbuh di pekarangan khususnya di daerah jawa. Belimbing ini terkenal dengan rasanya yang sangat asam, tapi dibalik rasa asamnya itulah belimbing ini banyak mengandung kandungan untuk menyehatkan tubuh.

Yang sudah dikenal adalah batuk, ya batuk akan segera kabur dengan belimbing wuluh, tapi ternyata belimbing ini juga mampu menurunkan darah yang tinggi, banyak yang tidak tahu sich, makanya setelah kamu tahu kamu coba di rumah ya

Caranya gampang banget kok, sediakan belimbing wuluh secukupnya lalu cuci buah belimbing wuluh sampai bersih. lalu parut, peras dan ambil airnya. Minum perasan belimbing wuluh 1-2 x hari.

Jika kamu tidak tahan dengan rasanya yang sangat asam, bisa kamu tambah dengan air putih secukupnya, dengan minum secara teratur darah tinggi kamu akan segera turun dalam beberapa hari.

16Daun Singkong

pertanianku.com

Yup, betul sekali daun singkong juga dapat menurunkan darah yang lagi menjulang tinggi. Daun singkong ini juga merupakan ilmu warisan turun-temurun dari nenek moyang, entah bagaimana ceritanya nenek moyang dulu menemukan daun singkong jadi obat darah tinggi.

Yang paling umum pengolahan daun singkong untuk menurunkan darah yaitu dengan mengolahnya menjadi sayur, tidak hanya jaman dahulu tapi sampai sekarang pun sayur daun singkong masih sering dikonsumi, selain rasanya yang banyak orang suka juga manfaatnya yang bisa menurunkan darah yang tinggi.

Selain sayuran, duan singkong juga bisa sebagai lalapan, tapi ini sangat jarang sekali, karena duan singkong memang paling enak kalau dibikin sayuran.

Jika kamu mempunyai darah tinggi, cobalah daun singkong ini, cara mengkonsumsinya sangat mudah, bisa dikonsumsi saat makan setiap hari.

17Daun Kaki Kuda

obatkuno02.blogspot.com

Daun kaki kuda memang sangat asing di telinga khususnya bagi orang jawa, karena memang sangat jarang sekali orang-orang jawa menggunakan daun ini.

Daun kaki kuda dapat menurunkan darah yang tinggi dengan cara mencucinya bersih lalu dikonsumsi dijadikan lalapan saat makan dan lakukan itu secara teratur, darah tinggi akan berangsur turun.

18Teh Hijau

lensaremaja.com

Bahan alami berikutnya yang dapat menurunkan darah tinggi adalah teh hijau. Teh hijau ini sudah banyak dikonsumsi sebagai minuman hangat saat santai ataupun jamuan untuk tamu.

Memang teh hijau ini kadang tidak mudah mendapatkannya, kamu bisa membeli teh hijau di pasar tertentu saja atau pada orang tertentu.

Cara mudah mengkonsumsi teh hijau adalah menyeduhnya atau membuat teh. Jika darah sedang tinggi, maka minumlah teh hijau setiap hari paling tidak 1 kali secara rutin.

Ingat ya untuk teh hijau ini cukup 1 kali saja dalam sehari jangan lebih dan sekiranya darah sudah turun atau stabil, teh hijau jangan sering dikonsumsi, cukup sekali dalam 3-4 hari saja sudah cukup.

19Wortel

1001budidaya.com

Yup, bahan alami selanjutnya yang dapat menurunkan darah tinggi adalah wortel. Wortel tidak hanya berguna untuk kesehatan mata dan kulit saja ya guys, tapi juga dapat menurunkan darah yang lagi tinggi. Wortel sudah jelas dikenal oleh semua kalangan dan sudah hampir menjadi makanan sehari-hari.

Biasanya wortel hanya diolah dibikin sayuran dengan bahan lain, tapi kamu juga bisa mengolahnya dengan membuat jus. Caranya mudah sekali kok, ambil beberapa wortel, kupas kulitnya sampai bersih, cuci juga sampai bersih, potong kecil-kecil lalu masukkan ke blender dengan tambahan air dan sedikit gula.

Setelah jadi tinggal diminum 2 kali dalam sehari dan dapatkan hasilnya dengan minum secara rutin setiap hari

20Lidah Buaya

wisatapontianak.com

Yup, bahan alami berikutnya yang dapat menurunkan darah tinggi adalah lidah buaya, pastilah sudah kenal banget dengan bahan alami satu ini. Memang sich rata-rata orang menganal lidah buaya untuk perawatan rambut dan muka saja, walau sebenarnya lidah buaya juga sanggup menurunkan darah yang sedang menjulang tinggi.

Caranya mudah kok guys, kupas lidah buaya, lalu potong-potong dadu, cuci sampai tak berlendir. Saat mencuci gunakan air yang sedang mengalir. Setelah bersih lalu bikin larutan kapur sirih, masukkan lidah buaya kedalamnya dan biarkan selama 1 jam.

Kemudian cuci lagi hingga bersih pada air yang mengalir, lakukan 4-5 kali untuk menghilangkan kapur. Rebus lidah buaya ke dalam air yang mendidih, biarkan hingga mendidih, tiriskan. Tambahkan satu gelas air matang dan madu murni sebanyak 2 sendok makan.

Minum ramuan lidah buaya ini secara rutin, darah yang sedang tinggi pasti akan segera turun dan stabil.

21Temu Hitam

tanamanobat.net

Salah satu obat untuk menurunkan darah yang lagi tinggi dari tanaman obat keluarga adalah temu hitam. Temu hitam yang mempunyai nama latin uma aeruginosa Roxb ini mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk menstabilkan dan melancarkan sirkulasi darah, selain itu juga bisa menetralkan racun dalam tubuh.

Temu hitam, bisa diolah dijadikan minuman dengan cara ambil temu hitam secukupnya, dibersihkan kulitnya, lalu dicuci, potong-potong lalu ditumbuk dan dicampur air yang sudah masak.

Minum secara rutin paling tidak sehari 2 kali, jika dilakukan secara teratur setiap hari darah akan segera stabil dan nafsu makan akan bertambah.

Untuk pengolahan temu hitam ini akan lebih mantap lagi jika dicampur dengan bahan-bahan berikut daun mahkota dewa, bunga soka dan  bunga mawar, caranya sediakan kira-kira  25 gr temu hitam yang sudah bersih, 30 gr daun mahkota dewa, 2 kuntum bunga soka dan 2 kuntum bunga mawar.

Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum. lakukan 2 kali sehari sampai di dapatkan hasil yang memuaskan.

22Kemangi

biodiversitywarriors.org

Yup, berikutnya adalah kemangi, sudah kenal banget ya guys sama tanaman satu ini, secara kemangi banyak tumbuh liar di pekarangan atau di kebun dan kemangi memang sudah banyak digunakan oleh orang untuk lalapan.

Kemangi mempunyai manfaat yang banyak selain bagus untuk reproduksi para pria, kemangi juga dapat menurunkan darah tinggi.

Untuk cara mengkonsumsi kemangi sendiri sangat mudah, asalkan sudah dicuci bersih, kemangi sudah bisa dikonsumsi tanpa harus dimasak, bisa dibuat lalapan atau dimasak menjadi sayur untuk makan besar.

23Kayu Manis

1001budidaya.com

Sudah kenal kayu manis apa belum? Mungkin terdengar samar-samar ya tentang salah satu kayu yang unik ini, secara kayu biasanya begitu-begitu saja tapi yang ini berbeda.

Yup kayu manis merupakan salah satu tanaman obat yang biasanya digunakan para ibu-ibu untuk penyedap masakan mereka. Selain untuk menyedapkan makanan, kayu manis juga bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi.

Kamu bisa menambahkan di minuman favorit atau makanan kamu,  iris tipis dan kecil-kecil agar kamu mudah mengkonsumsinya. Jika dilakukan secara rutin setiap hari minimal 1 kali, tentu darah yang tinggi akan berangsur turun dan stabil.

24Daun Pegagan

deherba.com

Yup, sudah dengar tentang daun ini ya guys? pastinya pernah ya hanya saja mungkin belum pernah menggunakannya untuk keperluan.

Daun pegagan juga bisa menurunkan darah yang tinggi, jika kamu punya daun ini manfaatkan saja, karena selain menurunkan darah tinggi, daun ini juga mempunyai manfaat lain, coba aja cari apa manfaatnya pasti banyak.

Cara mengkonsumsi daun pegagan adalah dengan dibuat jus, caranya mudah, sediakan saja daun pegagan secukupnya dan air putih yang cukup.

Campur keduanya dan blender, setelah itu saring dan minum air hasil saringan tersebut. Lakukan itu secara rutin paling tidak sehari 1 kali agar mendapat hasil yang maksimal.

Selain bahan-bahan diatas, ada juga obat alami yang bisa menurunkan darah tinggi dengan campuran jus buah dan sayuran segar, seperti beberapa di bawah ini.

25Labu Siam dengan Mentimun

tokopedia.com

Cara membuatnya cukup mudah, sediakan masing-masing labu siam dan mentimun sebanyak 200 gram, kupas dan bersihkan, iris kecil-kecil, lalu masukkan ke blender dengan tambahan air sedikit saja, setelah diproses bisa diminum secara rutin.

26Seledri dengan Selada

1001budidaya.com

Selanjutnya untuk jus campuran yaitu seledri dengan selada, kedua bahan ini bukan buah tapi sayuran. Untuk cara membuatnya semua bahan dicuci dan dimasukkan ke dalam juicer atau diblender dan disaring, airnya diminum untuk 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

27Belimbing Matang dengan Semangka

manfaat-aneka-buah.blogspot.com

Kalau di atas disebutkan belimbing wuluh, lain dengan ini, belimbing yang manis tapi yang matang dengan dipadukan dengan semangka bisa menjadi penurun darah yang tinggi.

Cara membuatnya hampir sama dengan yang di atas yaitu semua bahan dijus, airnya diminum, lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Cara yang ini memang bukan cara yang cepat, tapi memerlukan proses yang cukup lumayan, hanya saja efek sampingnya cukup bagus bagi tubuh, tidak seperti obat kimia.

28Wortel, Seledri dan Bawang Putih

medisian.blogspot.com

Bahan ketiga ini memang sudah disebutkan di atas secara satu-persatu, tapi kamu bisa mencampurkan ketiganya dengan dijadikan minuman jus.

Caranya sediakan 250 gram wortel, 50 gram seledri dan 2 siung bawang putih lalu semua bahan dijus atau diblender dan disaring, airnya/sarinya diminum.

Perlu kamu ketahui tentang bahan ketiga ini jika dicampur maka rasanya tidak begitu sedap, mungkin kamu akan mual, solusinya setelah minum ini, kamu segera minum air putih yang banyak atau makan buah yang segar agar tidak mual dan muntah.

Yup, itulah bahan-bahan alami yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan darah tinggi, sebagai catatan agar kamu mendapat hasil yang maksimal, fokuslah pada 1 bahan jangan ganti-ganti.

Karena setiap bahan mempunyai kandungan yang berbeda walau kemampuannya hampir sama, jadi fokus saja pada satu bahan yang kamu sukai atau yang mudah kamu dapatkan, bisa juga sesuai dengan kemampuan kamu.

Jika ini bermanfaat sebarkan pada teman, saudara atau keluarga, siapa tahu bisa bermanfaat bagi mereka dan semoga yang sedang mempunyai darah tinggi segera sembuh ya.

Semoga bermanfaat