Hernia adalah penyakit yang terjadi saat ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat lewat otot atau kondisi celah jaringan di sekitarnya yang melemah.

Otot kita biasanya cukup kuat untuk menahan organ-organ tubuh sehingga tetap di lokasinya masing-masing. Melemahnya otot tersebut dapat mengakibatkan hernia.

Dalam masyarakat kita, hernia lebih dikenal dengan istilah turun berok. Penderita hernia, memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak.

Kebanyakan penderitanya akan merasakan nyeri, jika terjadi infeksi di dalamnya, misalnya, jika anak-anak penderitanya terlalu aktif.

Berasal dari bahasa Latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin.

Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus. Hernia yang terjadi pada anak-anak, lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar.

Sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.

Penyakit hernia banyak diderita oleh orang yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene yang penuh dengan aktivitas maupun kesibukan dimana aktivitas tersebut membutuhkan stamina yang tinggi.

Jika stamina kurang bagus dan terus dipaksakan maka, penyakit hernia akan segera menghinggapinya.

Cara mengobatinya ada lewat cara pengobatan modern dan ada juga lewat pengobatan tradisional.

1Jahe

apotekmaxs.com

 

Cara mengobati hernia dengan jahe sangatlah mudah. Jahe bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh hernia.

Tanaman jahe yang mudah ditemui dimana saja tentu akan memudahkan kita untuk mencari obat saat hernia datang.

Dan yang lebih penting lagi dengan jahe harga obat menjadi lebih murah. Caranya gampang, kamu bisa membuat minuman jahe sebanyak satu cangkir lalu minum di pagi hari saat perut kosong.

Kamu bisa merutinkan cara ini sehingga dampak nyeri dari hernia bisa terobati.

2Yogurt

juicing-for-health.com

Yogurt selain enak ternyat juga bisa menjadi obat. Caranya cukup mudah. Kamu biasakan rutin minum yogurt tiga kali sehari.

Yogurt sendiri seperti halnya jahe juga bermanfaat untuk mengobati rasa nyeri yang muncul dari hernia.

Yogurt adalah jenis susu segar yang mengalami proses fermentasi. Selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh, meredakan sakit yang diakibatkan oleh hernia bisa dilakukan dengan rajin minum yogurt.

3Akar Manis

kuherbal.com

Akar manis bisa juga untuk mengobati hernia. Kamu bisa mencari akar manis di beberapa toko ramuan herbal. Caranya cukup mudah. Campurkan satu sendok akan bubuk akar manis dalam sebuah gelas.

Lalu campur sengan susu agar rasanya lebih segar dan enak. Minum ramuan ini cukup hanya satu kali dalam satu minggu. Jangan terlalu banyak mengonsumsinya hanya karena semangat ingin sembuh saja.

Susu yang dicampur ramuan ini akan mempercepat penyembuhan sakit hernia yang kamu derita.

4Ramuan Teh

sinarharapan.co

Teh menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia saat sakit. Rasa segarnya bisa memberikan relaksasi.

Dicampur dengan gula, teh akan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu teh juga bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.

necturajuice.com
necturajuice.com

Salah satunya adalah penyakit hernia. Jika kamu tidak menyukai susu atau jahe, mengonsumsi teh chamomile sangat baik untuk kesehatan.

Caranya mudah, yakni cukup mengonsumsi minuman ini secara teratur saat masih dalam kondisi hangat.