Salah satu penyakit berbahaya yang mengancam wanita adalah kista. Kista sendiri adalah tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan di bagian organ reproduksi perempuan.

Bentuk kista seperti cairan kental, dan ada pula yang berbentuk seperti buah anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Kumpulan sel kista ini tidak dapat menyebar ke bagian tubuhb yang lain. Makanya kista digolongkan sebagai jenis tumor jinak.

pengobatankistapadawanita19.wordpress.com
pengobatankistapadawanita19.wordpress.com

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi menjadi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.

Kista tidak hanya bisa berkembang di tubuh dan indung telur atau ovarium wanita saja, tetapi bisa juga tumbuh di otak, usus dan paru-paru.

Polusi lingkungan terutama udara bisa menyebabkan penyakit kista muncul. Pasalnya, debu dan polusi dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas dari kendaraan bermotor bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga kista menjadi lebih mudah berkembang.

Selain itu faktor lingkungan, makanan pun turut ambil andil. Zat – zat lemak tidak mampu pecah dalam proses metabolisme oleh karena makan terlalu banyak lemah atau lemak yang tidak sehat sehingga hormon testosteron menjadi meningkat pada wanita.

Guna mengurangi dampak buruk kista, ada baiknya kamu menyimak beberapa bahan alami yang bisa mengurangi risiko dan bisa sebagai pengobatan kista.

1Teripang

www.tokopedia.com

Teripang yang biasa disebut sebagai timun laut adalah hewan laut yang dapat mengatasi kista. Kini teripang yang biasanya digunakan sebagai obat sudah dikemas dalam bentuk kapsul.

Kamu bisa mencari di toko obat dan apotek terdekat. Catatannya, kamu harus melihat bagaimana keamanan obat teripang sesuai BPOM.

Teripang atau yang biasa juga disebut gamat sendiria ada 40 jenis. Jenis gamat yang sering digunakan adalah spesies Stichopus hermanii.

Pengujian secara ilmiah teripang untuk menumpas kista dilakukan di Facultad de Quimica oleh Jaime Rodriguez. Ada lima senyawa yang mampu mengusir tumor atau kista ovarium .

2Mahkota Dewa

reps-id.com

Mahkota dewa memiliki kandungan zat aktif berupa alkoid, polifenol, saponin yang mempunyai peranan anti bakteri dan meningkatkan kekebalan.

Mahkota dewa juga mengandung flavonoid yang bersifat anti radang untuk mengurangi rasa sakit pada pembengkakan.

Untuk mengatasi kista, rebus buah dan daun mahkota dewa bersama dengan temu mangga. Rebus hingga air tersisa setengahnya. Minum ramuan tradisional ini secara teratur, dosis yang disarankan adalah dua kali dalam sehari.

3Rumput Mutiara

tehdaunjaticinanuansa.blogspot.com

Rumput mutiara biasa disebut dengan hedyotis corymbosa. Rumput mutiara adalah tanaman perdu yang liar dan memiliki manfaat diantaranya untuk kista dan radang panggul.

Cara menjadikan rumput mutiara obat kista sangat mudah. Rebus rumput mutiara bersama buah mahkota dewa. Minum air rebusannya dua kali dalam sehari.

Rumput mutiara dan buah mahkota dewa mengandung zat flavonoid yang berguna untuk mencegah peradangan, sehingga akan meringankan kista yang kamu derita.

4Benalu Teh

tehdaunjaticinanuansa.blogspot.com

Zat flavanones, flavonoid, dan chalcones yang terkandung di dalam benalu yang biasa tumbuh di pohon teh ini mampu digunakan untuk mengatasi kista ovarium.

Selain itu benalu pada teh juga berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pengumpalan darah, anti alergi dan antikanker.

Cara mengolahnya cukup mudah.Rebuslah benalu bersama rumput mutiara dengan air secukupnya. Minum air rebusan ini secara teratur untuk membantu terapi penyembuhan kista.

SHARE