Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.

Sinus membuka lubang pada hidung dan membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru.Terdapat empat pasang sinus di kerangka kepala manusia.

Sinusitis adalah peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

Berikut adalah beberapa obat herbal alami untuk mengatasi penyakit sinusitis.

1Neti Pot

donnafarhi.co.nz

Neti pot merupakan teko yang digunakan untuk pengobatan melalui hidung. Bentuk dari neti pot sangat mirip dengan teko teh biasa, hanya saja ukurannya lebih kecil dan ujungnya cocok dengan lubang hidung.

Cara menggunakan neti pot adalah dengan melarutkan satu sendok teh garam laut dalam 2 gelas air hangat. Alirkan air melalui watafel pada bagian badan neti pot, lalu tempatkan ujung neti pot pada hidung kamu.

Hati-hati dalam penggunaan neti pot ini agar tidak masuk kedalam tenggorokan melalui lubang hidung kamu. Jangan lupa gunakan air yang steril untuk menghindari infeksi serius akibat mikroba dalam air yang tidak bersih.

2Sari Cuka Apel

caratono.blogspot.com

Buah yang terkenal lezat ini ternyata juga bermanfaat untuk mengobati penyakit sinusitis, yakni dengan cara menyaring sari cuka apel. Yang kemudian diolah dengan bahan yang lainnya untuk dijadikan obat herbal sinusitis.

Cara membuatnya cukup mudah. Yaitu dengan mencampurkan satu sampai dua sendok teh air cuka mentah dan sari apel, lalu di campur dengan 600gr air dan satu sendok teh madu untuk menambah rasa manis. Minum tiga kali sehari selama lima hari.

Sari cuka apel ini bermanfaat untuk membantu lendir yang padat untuk menjadi tipis, sehingga sangat mudah untuk dihilangkan.

3Air Liur Lebah/PROPOLIS

mustakim.staff.ub.ac.id

Propolis merupakan zat alami yang diproduksi oleh lebah madu yang dikumpulkan dari pucuk daun-daun muda dan dicampur dengan air liur lebah, Propolis umumnya dipakai lebah sebagai menambal dan mensterilkan sarang mereka dari bakteri, jamur maupun serangan virus.

Propolis merupakan obat herbal alami untuk penyakit sinusitis. Kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin. Bisa dengan mengkonsumsinya secara oral dan menggunakan neti pot untuk propolis dalam bentuk cair.

4Jelly Gamat

goldgbioseacucumber.org

Jelly gamat merupakan olahan dari Tripang atau timun laut yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk mengobati sinusitis dari dalam. Kandungan yang lengkap seperti omega 3, 6 dan 9 antiseptik alami, anti peradangan dan banyak kandungan lainnya bisa menjadi obat sinusitis.

Sebagian ahli merekomendasikan jelly Gamat ini karena banyak sekali perubahan yang didapatkan penderita menuju kesembuhan.

Pengobatan dengan Jelly gamat ini cukup dengan 2 sendok makan dengan periodikal 3 kali sehari. Sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum makan. Lebih ampuh lagi jika kamu mengkombinasikannya dengan Daun Samiloto.

5Ekstrak Daun Sambiloto

wikimedia.org

Daun Sambiloto sangat berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Salah satunya untukmengobati sinusitis. Caranya dengan meneteskan ekstrak daun sambiloto kedalam lubang hidung sebanyak kurang lebih 3 tetes.

Untuk mendapatkan ekstraknya, daun sambiloto tersebut di lumatkan. Bisa menggunakan ulekan atau sendok hingga keluar air dari daunnya. Rasanya memang sangat pahit. Apalagi saat masuk ke kerongkongan.

namun khasiatnya untuk mengobati sisusitis begitu ampuh. Lakukan cara ini 2 hari sekali hingga sinusitis yang kamu rasakan sembuh. Jika suatu saat sinusitismu kambuh kembali, kamu bisa melakukan cara yang sama.

Padukan beberapa cara di atas agar mendapatkan hasil yang optimal.