Penyakit ini memang tidak mematikan. Namun jika kamu sampai mengalaminya, tentu sangat mengganggu aktifitasmu sehari-hari. Wasir atau sering juga disebut wasir merupakan salah satu penyakit yang terletak pada bagian anus.

Tanda wasir berupa benjolan berwarna merah dan kebiruan pada bagian anus. Bentuknya seperti bisul di kulit.

Penyebab penyakit wasir ini salah satunya karena jarang mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan. Kebiasaan buang air besar yang tidak teratur. Kurang olahraga. Serta usia lanjut meningkatkan resiko terkena wasir.

Bagi kamu yang belum terkena wasir, disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan seperti menghindari mengejan saat buang air besar.

Menghindari konstipasi atau diare dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Mengkonsumsi cairan dan suplemen tinggi serat. Serta cukup berolahraga.

Kebiasaan memaksakan untuk buang air besar, membaca di toilet dan banyak mengangkat beban berat perlu juga untuk dihindari. Bagi orang yang kelebihan berat badan juga disarankan mengurangi bobotnya untuk menghindari resiko wasir.

Namun, bila kamu sudah terlanjur terkena penyakit ini, perlu ada beberapa makanan yang dipantang atau dilarang olehmu. Antara lain seperti makanan pedas, makanan berlemak dan minuman beralkohol.

Pada perawatan awal untuk penyakit wasir ringan biasanya pasien diminta untuk banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi. Kemudian banyak mengkonsumsi air untuk menjaga kondisi hidrasi tubuh. Juga diperlukan banyak istirahat untuk mengurangi wasir yang lebih parah.

Namun, jika beberapa prosedur ini gejalanya tidak membaik, bahkan lebih parah. Maka tindakan selanjutnya harus dilakukan operasi pembedahan kecil.

Berikut ini ada beberapa cara mengobati ambeien atau wasir yang telah terbukti berhasil dan tanpa operasi.

1Air Putih

gigisusu.net

Mengobati wasir dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih paling tidak sebanyak 8 gelas dalam sehari. Air putih berfungsi memperlancar metabolisme tubuh dan menetralisir racun. Dengan mengkonsumsinya dalam porsi yang sesuai, dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri akibat wasir.

2Kulit Manggis

thanksdokter.com

Manggis memiliki kulit berwarna ungu kehitaman dengan daging buah berwarna putih. Rasanya manis dengan sedikit asam. Selain daging buahnya dikonsumsi sebagaimana buah yang lain. Kulitnya pun kini banyak digunakan sebagai obat.

Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan kulit manggis adalah penyakit wasir. Caranya dengan mengeringkan terlebih dahulu kulit manggis. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air. Sisakan hingga 1 gelas saja.

Minumlah air rebusan kulit manggis di pagi dan malam hari. Dapatkan hasil yang memuaskan dengan mengkonsumsinya secara rutin.

3Daun Pepaya

mencegahpenyakit.com

Pepaya memiliki fungsi yang beraneka ragam. Salah satunya dengan mengkonsumsi daunnya. Walaupun pahit rasanya, namun sangat bermanfaat bagi kesehatanmu.

Untuk mengobati wasir dengan kulit pepaya, pertama siapkan daun pepaya sebanyak satu genggam tangan. Selanjutnya rebus air daun pepaya hingga mendidih. Lalu diamkan hingga dingin.

Kamu bisa mengkonsumsinya di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

4Lidah Buaya

bfresh-magazine.co.id

Tanaman dengan daging buah seperti jel ini juga mampu mengobati wasir dengan cukup efektif. Pertama, ambil satu tangkai lidah buaya. Potong bagian ujung dan pangkalnya. Kemudian cucilah hingga bersih.

Selanjutnya parutlah lidah buaya hingga lembut. Jika sudah, peraslah menggunakan sendok diatas saringan agar lendirnya keluar. Tambahkan 2 sendok madu dan 70 cc air matang. Minumlah ramuan herbal ini sekali dalam sehari.

5Daun Sirsak

ayeey.com

Pertama, siapkan 10 lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Biarkan hingga dingin. Kamu bisa meminumnya secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selain dauunya, buah sirsak juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari diabetes hingga kanker, baca selengkapnya di sini.