Kanker serviks biasa juga disebut kanker mulut rahim. Jenis kanker ini paling banyak ditemui dan diderita oleh kaum wanita di Indonesia.

Berdasar data yang ada, dari seluruh jumlah penderita kanker di Indonesia ternyata sepertiganya adalah penderita kanker rahim.

WHO juga menyebutkan jika kanker rahim adalah pembunuh nomor satu bagi wanita. Ribuan orang tercatat meninggal gara-gara kanker jenis ini.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Data dari Wikipedia menyebut kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7 persennya disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim.

Kanker jenis ini biasanya tanpa gejala yang sangat nampak. Namun kebanyakan baru disadari atau didiagnosa jika sudah memasuki stadium lanjut.

Maka kaum wanita memang dianjurkan untuk secara berkala melakukan papsmear demi mendeteksi kemungkinan terkena kanker rahim.

Nah, kalau sudah masuk ke stadum lanjut biasanya cara pengobatannya lewat kemoterapi. Sebelum jauh dalam kemoterapi ada baiknya jika menggunakan obat alami untuk kanker rahim.

1Sarang Semut Papua

ohayonina.wordpress.com

Sarang semut Papua ini adalah jenis tanaman yang memang asli dari Papua. Tanaman sarang semut mengandunng flavonoid, tookoferol, polifenol, anti oksidan, anti kanker .

Kandungan flavonoid mampu menghentikan perkembangan aktif dari sel kanker serviks, menghambat siklus pembelahan sel, tubuh mendapatkan kekebalan tubuh.

Rebusan sarang semut yang dikonsumsi setiap hari secara teratur mendapatkan hasil postif kearah penyembukan bagi penderita kanker serviks.

2Manggis

5berita.com

Manggis yang sering disebut dengan julukan Ratu Buah (Queen of Fruits) memang sangat tepat sekali untuk pengobatan kanker rahim. Tidak hanya buah nya yang lembut dan menyegarkan, dan ternyata kulit nya pun memiliki khasiat yang luar bagi kesehatan.

Ekstrak dari kulit manggis sendiri mengandung senyawa Xanthone yang memiliki khasiat sebagai antiinflamasi dan peradangan yang mampu menghambat pertumbuhan sel yang abnormal seperti sel kanker.

Zat Xanthone dalam kulit manggis mengandung antioksidan yang sangat tinggi melebihi dari antioksidan yang terkandung dalam vitamin C, antioksidan ini berguna dalam menghancurkan zat radikal bebas di dalam tubuh yang berbahaya.

Hasil riset yang dilakukan oleh Moongkarndi peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Mahidol menguji bahwa Xanthone bersifat sebagai antiproliferasi yang sangat kuat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan mendukung penghancuran sel kanker.

3Daun Sirsak

source: www.peterparkerblog.com

Daun sirsak telah diteliti sejak dulu berkhasiat menmbunuh sel-sel aktif kanker , membantu sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.

Cara pengolahan daun sirsak untuk pengobatan dengan cara, buatlah rebusan daun sirsak dari 2 sampai 3 daun sirsak muda dan utuh, rebus selama 20 menit kemudian saring dan konsumsi air selagi hangat atau dingin.

4Kunyit Putih

deherba.com

Kunyit yang bisa digunakan untuk obat kanker adalah yang memiliki warna putih bukan kuning. Di Indonesia kunyit putih dikenal juga dengan temu puteri atau temu rapet.

Kunyit putih mengandung minyak atsiri yang diduga dapat mengatasi pembengkakan (anti-inflamasi) dan meningkatkan kekebalan tubuh (immunostimulan) serta antioksidan.

Penelitian ini didukung oleh American Institute of Cancer untuk mencegah kanker. Konsumsilah rebusan kunyit putih secara teratur setiap hari untuk mencegah kanker serviks.

5Keladi Tikus

www.keladitikus.org

Tanaman jenis talas yang memiliki nama ilmiah Typhonium flagelliforme ini dikenal pula dengan istilah Rodent Tuber, Laoshu Yu.

Keladi tikus berhasiat untuk menonaktifkan sel kanker, mematikan jaringan sel kanker dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Keladi tikus mengandung ribosome inacting protein (RIP), zat antioksidan dan zat antikurkumin.

6Tapak Dara

updatesehat.blogspot.com

Tapak dara dikenal dengan nama ilmiah Catharanthus roseus . Tapak dara mengandung senyawa yaitu vinkristin dan vinblastin yang memiliki khasiat menumpas sel kanker.

Adapun untuk membaut ramuan dari daun tapak dara harus dicampurkan dengan buah adas, kulit kayu pulasari, gula merah kemudian direbu dengan tiga gelas air dan air rebus diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

SHARE