Kanker adalah penyakit yang menjadi momok mengerikan bagi semua orang. Penyakit ini cenderung sulit dideteksi, meskipun berkat teknologi, ada beberapa jenis penyakit kanker yang mudah diketahui sejak dini.

Ketika penyakit ini menyerang tubuh, selain melakukan pengobatan kimiawi (kemoterapi), sangat dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan alami seperti berikut;

1Lidah Buaya (Aloe vera)

annunaki.me

Lidah buaya sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk memakan lidah buaya seperti Cendol ala Pontianak

2Buah Makasar (Brucea javanica)

blog.sendnpay.com

Tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit dan beracun. Namun apabila dipergunakan dengan baik dan sesui dengan dosis yang rumbuhan ini mampu menjadi mengobati Penyakit Diabetes Melitus karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu Buah Makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks, Caranya bisa dengan menyeduhnya kedalam setengah cangkir dan minum 2 – 3 kali sehari. Banyak Toko Herbal yang menjual Buah Makasar kering jadi anda tidak perlu susah susah menumbuk atau mengeringkannya sendiri).

3Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

jamuheritage.com

Temulawak merupakan tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan Empedu.

Tanaman temu lawak ternyata juga mujarab sebagai obat kanker. Tanaman ini digunakan rimpangnya ini untuk bahan utama jamu gendong ini.

Menurut seorang ahli herbal dari London, Inggris yang bernama Andrew Chevallier Mnimh, pada tumbuhan temulawak terkandung curcumol dan curdione yang memiliki khasiat sebagai zat anti kanker dan anti tumor.

Di Cina, secara tradisional rimpang tumbuhan temulawak sejak dulu sudah dipakai sebagai obat kanker leher rahim. Zat-zat dan bahan aktif yang dikandung umbi temulawak mempunyai kemampuan mematikan sel kanker jika dilakukan bersama-sama radioterapi dan kemoterapi.

Walaupun temulawak tidak mampu menjadi Obat Kanker Hati, namun temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati.

4Sarang Semut (Mymrmecodia pendans)

distributorobatherbal.heltaalami.com

Tanaman sarang semut yang memiliki nama ilmiah Mymrmecodia pendans merupakan tanman asli Papua.

Tanaman sarang semut berkhasiat obat karena banyak mengandung bahan aktif seperti anti kanker yang disebut flavonoid. Selain itu sarang semut juga mengandung tookoferol, polifenol, dan anti oksidan.

Flavonoid pada tanaman sarang semut ternyata mempunyai kemampuan untuk menghentikan perkembangan sel kanker. Ia bekerja dengan menghambat siklus pembelahan sel, kemudian juga memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh penderita kanker.

Tumbuhan ini mudah dikenali karena bentuknya yang sangat unik. Sarang semut memiliki rongga-rongga seperti labirin di dalam umbinya. Pada rongga-rongga ini hidup semut yang memanfaatkannya sebagai sarang.

Itulah sebabnya tanaman ini disebut sarang semut. Air hasil rebusan sarang semut yang diminum secara teratur dengan dosis yang sesuai dipercaya dapat membawa kesembuhan bagi penderita kanker.

5Kunyit Putih (Curcuma mangga)

deherba.com

Tumbuhan ini mempunyai nama ilmiah Curcuma mangga. Baunya memang seperti mangga kweni. Ia termasuk tumbuhan empon-empon yang memiliki rhizoma (akar tinggal) yang tumbuh di dalam tanah.

Kunyit putih, sesuai dengan namanya memang berbeda dari kunyit yang umum dipakai sebagai bumbu masakan. Warna rhizomanya putih bukan kuning, dengan bentuk bulat. Nama lain kunyit putih adalah temu puteri atau temu rapet.

Kunyit putih memiliki kandungan minyak atsiri yang efektif untuk menyembuhkan pembengkakan (anti-inflamasi) dan membantu merangsang peningkatan sistem imun (kekebalan tubuh). Selain itu kunyit putih juga merupakan antioksidan yang baik.

Kemampuan kunyit putih ini dalam pengobatan kanker karena ia memiliki kandungan senyawa yang disebut Ribosome Inacting Protein (RIP) yang memiliki kemampuan menonaktifkan perkembangan sel kanker, mematikan sel kanker tanpa merusak sel atau jaringan lain di sekitarnya, dan juga memblokir perkembangan sel kanker.

Antioksidan yang dikandung kunyit putih juga mencegah kerusakan gen karena pemicu kanker, dan zat anti inflamasinya membantu mengatasi pembengkakan dan peradangan. Kunyit putih bagus untuk penderita kanker dan tumor.

6Kunyit atau Kunir (Curcuma longa)

1000macammanfaat.com

Kunyit adalah tanaman yang mempunyai rimpang (empon-empon), yang lumrah digunakan sehari-hari sebagai bumbu masakan di Indonesia. Kunyit ternyata juga mempunyai fungsi sebagai obat kanker yang baik.

7Tapak Dara (Catharanthus roseus)

updatesehat.blogspot.com

Tumbuhan tapak dara yang mempunyai nama ilmiah Catharanthus roseus ini seringkali dimanfaatkan daunnya sebagai herbal. Tanaman tapak dara ternyata telah teruji sebagai bahan obat yang efektif untuk pencegah dan pembunuh sel-sel kanker.

Tanaman yang merupakan suku Apocynaceae yang berkerabat dekat dengan kamboja ini mempunyai kandungan senyawa alkaloid untuk obat kanker.

Golongan alkaloid yang dimaksud adalah alkaloid vinka yang disebut vinkristin dan vinblastin. Kedua alkaloid vinka ini mempunyai manfaat dalam menghambat perbanyakan dan penyebaran sel kanker.

Senyawa alkaloid vinkristin yang berasal dari tapak dara dapat digunakan sebagai bahan pengobatan kanker bronkial, tumor ganas yang tumbuh pada ginjal, kanker payudara, dan berbagai jenis tumor pada saraf maupun otot.

Senyawa alkaloid lain yang disebut cabtharanthin yang juga dikandung tanaman tapak dara diperkirakan dapat mendesak dan melarutkan inti sel kanker, sehingga membunuh sel kanker tersebut dengan efektif.

8Mengkudu (Morinda citrifolia L.)

kuherbal.com

Siapa yang tidak kenal mengkudu? Tanaman obat yang satu ini memang sangat populer. Daging buah mengkudu atau pace mempunyai bahan aktif yang dikenal dengan sebutan dammacanthel.

Bahan aktif dammacanthel merupakan antikanker yang mampu melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium prakanker dan dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Jika anda ingin menggunakan mengkudu, maka sebaiknya pilihlah buah yang tidak terlalu masak (lembek), karena proses fermentasi yang terjadi pada buah yang terlalu matang dapat mengurangi kandungan bahan aktif antikanker pada mengkudu ini.

9Daun Dewa (Gynura divaricata)

deherba.com

Daun dewa juga merupakan tanaman yang telah dikenal sebagai tanaman antikanker. Bagian tumbuhan yang biasa digunakan dari tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Gynura divaricata ini adalah daunnya.

10Ceremai (Phyllanthus acidus)

megamost.blogspot.com

Tanaman ceremai berkerabat dekat dengan meniran dan buahnya sering dimakan untuk membuat rujak buah.

Tanaman ceremai yang berbuah kuning kecil-kecil seperti kancing itu ternyata cukup ampuh sebagai obat kanker alami. Bagian yang digunakan adalah daun tanaman.

11Sirsak (Annona muricata)

manfaatdaun.com

Daun sirsak telah diteliti sejak dulu berkhasiat menmbunuh sel-sel aktif kanker , membantu sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan dan juga mencegah radikal bebas.

Sirsak yang mempunyai nama ilmiah Annona muricata ini mengandung bahan aktif yang bagus untuk membunuh sel kanker.

Bahan aktif itu antara lain annohexocin, acetogenins, annocatatin, annonol, annomurine dan telah lama dikenal sebagai bahan aktif antitumor dan kanker. Sekarang daun sirsak telah banyak digunakan untuk terapi tradisional untuk pengobatan penyakit kanker.

Daun sirsak yang telah cukup tua sebanyak 7 atau 8 lembar direbus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas. Air rebusan ini tinggal diminum.

Rasanya tawar jadi tidak terlalu menyulitkan untuk diminum, kecuali sedikit bau khasnya yang akan tercium di hidung.

12Andong Merah (Cordyline fruticosa)

obatsakit2011.blogspot.com

Tanaman andong merah adalah salah satu tanaman hias yang memiliki kemampuan penyembuhan kanker.

Beragam penyakit dan gangguan kesehatan dapat diobati dengan menggunakan herbal andong merah ini, di antaranya kanker dan tumor. Bagian tumbuhan untuk dimanfaatkan sebagai herbal adalah daun, bunga, akar, baik dalam kondisi kering atau segar.

13Delima (Punica granatum atau Punica malus L.)

lensaremaja.com

Membantu mencegah kanker baik kanker kulit maupun kanker prostat atau gangguan kelenjar prostat yang ditandai salah satunya dengan sering kencing pada laki-laki.

14Teh Hijau

isigood.com

Teh hijau sebenarnya lebih banyak digunakan sebagai herbal pencegah kanker. Tetapi teh hijau dipercaya pula memiliki kemampuan untuk mencegah penyebaran dan perkembangan kanker ke stadium lebih lanjut.

Suatu riset tentang teh hijau dalam kaitannya sebagai obat kanker telah dilakukan oleh Rutgers University, di mana pada uji tabung reaksi, teh hijau mampu memperlambat pembelahan sel-sel kanker paru dan kanker usus besar (kolon).

Penggunaan teh hijau tentu sangat aman, karena sifatnya sebagai anti oksidan. Walaupun, jika terlampau banyak mengkonsumsi (melebihi dosis yang diajurkan), maka dapat mengakibatkan pusing dan diare.

15Bawang Putih (Allium sativum)

selingkaran.com

Bumbu masakan yang satu ini memang sudah sangat terkenal, tetapi tahukah anda bahwa bawang putih punya zat anti kanker? Umbi lapis bawang putih yang mempunyai nama ilmiah Allium sativum mengandung bahan aktif yang dapat mengobati kanker, dikenal dengan nama allicin.

Penggunaan yang umum untuk bawang putih sebagai obat kanker adalah untuk kanker kolon (usus), kanker rectum (rectal cancer), kanker lambung, kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru.

16Jahe (Zingiber officinale)

apotekmaxs.com

Jahe berasal dari Asia Tenggara, tetapi dapat tumbuh menyebar ke berbagai belahan dunia. Saat ini jahe dimanfaatkan dalam pengobatan kanker karena kemampuannya yang baik untuk membantu pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi, dengan efek menghilangkan pusing-pusing dan muntah-muntah.

Telah banyak penelitian yang dilakukan tentang fungsi jahe dalam penyembuhan penyakit kanker.

17Kemangi (Ocimum basilicum)

cara.media

Tumbuhan yang satu ini sering digunakan sebagai bahan makanan segar di atas meja makan. Kemangi ternyata telah banyak menarik perhatian ahli barat untuk bahan obat penyembuhan kanker.

Diduga kemampuannya untuk pengobatan kanker berasal dari kemampuannya dalam mempengaruhi kemampuan virus yang berhubungan dengan kanker (Human Papilloma Virus) untuk menginfeksi sel-sel sehat.

18Kapulaga (Amomum compactum dan Elettaria cardamomum)

deherba.com

Kapulaga di negara barat dikenal sebagai cardamom. Tumbuhan ini menghasilkan buah dengan biji di dalam tanah, atau dekat permukaan tanah. Ada dua jenis kapulaga yang terkenal, yaitu yang berwarna hijau (Elettaria) dan yang berwarna hitam (Amomum).

Kapulaga termasuk suku jahe-jahean atau Zingiberaceae. Buah kapulaga yang kering sangat umum digunakan sebagai bumbu masakan Indonesia.

Siapa sangka, tumbuhan ini telah banyak diteliti terutama dalam bentuk ekstraknya yang terlarut dalam minyak ataupun ekstraknya yang terlarut dalam air yang berkhasiat untuk pengobatan kanker.

19Kayu Manis (Cinnamomum verum)

health.kompas.com

Cinnamon alias kayu manis ternyata punya kemampuan sebagai obat kanker. Kayu manis adalah bahan bumbu masakan yang umum digunakan di Indonesia, adalah kulit pohon tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Cinnamomum verum.

20Cengkeh (Eugenia caryophyllata)

ptkendura.indonetwork.co.id

Tumbuhan cengkeh kita kenal sebagai bumbu masakan. Dari tumbuhan cengkeh yang memiliki nama ilmiah Eugenia caryopyllata itu, diambil bunganya yang belum mekar. Tumbuhan cengkeh asli dari Indonesia.

Sejak jaman dulu bangsa-bangsa barat menjajah Indonesia demi mendapatkan cengkeh sebagai rempah-rempah yang bernilai tinggi dan mahal.

Cengkeh mempunyai banyak bahan aktif seperti tannin, terpenoid, eugenol, and acetyleugenol yang bermanfaat untuk penyembuhan kanker

21Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata / Bryophillum calycinum / Bryophyllum pinnatum)

remon.staff.ub.ac.id

Cocor bebek mengandung beragam bahan aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan bahan aktif yang bermanfaat antara lain bryophillin A sebagai antikanker

22Serai atau Sereh (Cymbopogon ciratis atau Andropogon nardus)

kumpulan.info

Selain berguna sebagai penyedap masakan, serai juga banyak dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional. Serai dapat bermanfaat bagi pencegahan penyakit tumor dan kanker.

23Ketumbar (Coriandrum sativum)

obatpenyakitrajasinga.com

Para ibu-ibu pasti tahu ketumbar. Anda yang suka dengan makanan ringan seperti peyek juga akan menemukan bumbu masakan yang satu ini di dalamnya. Ketumbar aliar coriander ternyata mempunyai efek sebagai obat kanker.

Ketumbar yang digunakan tentu saja ketumbar dalam bentuk bijinya yang bundar kecil-kecil itu, sekilas mirip biji lada., hanya saja dalamnya berongga. Kandungan linalool pada daun dan buah (biji) lah yang membuatnya diperhitungkan sebagai obat kanker alami.

24Jintan Putih (Cuminum cyminum)

thaisecondhand.com

Jintan putih bentuknya seperti jarum kecil panjangnya 5-6 mm dengan lekukan-lekukan. Warnanya cokelat muda /kehijauan/keabu-abuan. Biasanya dipakai berpasangan dengan ketumbar.

Jintan putih atau tumbuhan dengan nama ilmiah Cuminum cyminum merupakan tumbuhan berbunga yang termasuk suku Apiaceae, dan biasa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Jintan putih berkerabat dekat dengan jintan (Carum carvi) yang juga sama-sama memiliki potensi untuk herbal pengobatan kanker.

Tymoquinone adalah bahan aktif yang banyak sekali terkandung di dalam jintan putih. Bahan aktif ini sangat bagus untuk pengobatan penyakit kanker.

SHARE