Rematik. Pasti sudah sering mendengarnya bukan? Apalagi jika bersama orang yang lanjut usia, pasti mereka sering mengeluhkan itu bukan? Lalu apa bedanya dengan asam urat?

Nah, asam urat adalah penyakit yang juga merupakan rematik, tetapi jika rematik maka belum tentu termasuk asam urat. Jadi asam urat adalah jenis dari rematik.

Rematik itu adalah penyakit yang menyerang anggota gerak, yaitu sendi, otot, tulang dan jarinagan sekitar sendi. You must know, lebih dari 355 juta jiwa penduduk dunia menderita rematik.

Angka ini diperkirakan terus meningkat hingga 2025 dengan indikasi 25% penderitanya mengalami kelumpuhan. Oh my God, what should we do then? Tahu penyebabnya. Ya, meskipun penyebab rematik itu sangat beragam, tapi biasanya rematik semakin parah pada seringnya tubuh yang berkontak dengan udara dingin.

Contoh misal, bekerja di lingkungan yang lembab, mandi di malam hari, dan lain sebagainya sehingga terjadi penyumbatan energy dalam tubuh. Kenali gejalanya.

Rematik dapat dikenali dengan adanya gejala-gejala seperti cedera, kesemutan yang terlalu sering, rasa pegal pada sendi, dan lainnya. Yang terakhir, apa sih obatnya? Mungkin di sini kita membahas untuk obat tradisionalnya.

Sekali lagi, seperti yang kita tahu, obat tradisional lebih murah dan yang pasti aman.

1Brotowali Pahit si Kaya Benefit

alfalfa.co.id

Mengobati rematik secara alami sangat mudah dilakukan tentu dengan hasil yang tidak mengecewakan, banyak sekali tanaman obat di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit rematik ini.

Salah satunya dengan Brotowali. Meskipun terkenal dengan rasanya yang teramat sangat pahit, tapi brotowali dijamin unbelievable khasiatnyaa, sebanding lah dengan rasanya yang begitu pahit. Ibaratnya, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, bukaan? Hehe

2Akar Pepaya Gantung

manfaat-aneka-buah.blogspot.com

Kita tahu, pepaya dari ujung daun sampai ujung akar punya berjuta-juta manfaat. Nah, akarnya ini memang lebih dikhususkan untuk penyakit rematik. Bisa dikeringkan dulu kemudian direbus dan air ekstraknya dapat diminum.

3Kulit Manggis

purwatiwidiastuti.wordpress.com

Kulit manggis kini memang marak digunakan di bidang pengobatan. Bukan pengobatan saja, tapi untuk dikonsumsi sehari-hari pun manfaatnya juga bukan main baiknya.

Sedangkan untuk pengobatan rematik, caranya dengan kulit manggis, diiris tipis dan dijemur hingga kering. Setelah itu, masukkan kedalam gelas dan seduh dengan menggunakan air panas. Tunggu sampai air berubah warna, kemudian minum air tersebut setiap hari.

4Jahe

apotekmaxs.com

Sekali lagi, jahe memang memiliki banyak manfaat. Obat herbal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan, pengobatan juga OK.

Jika digunakan sebagaiĀ obat rematik, caranya dengan menyiapkan jahe sebanyak 2 ibu jari, dipotong-potong dan juga sedikit diremukkan.

Rebus jahe yang sudah diremukkan tersebut dengan menggunakan air 1 gelas dan juga sedikit gula dan jika ada tambahkan sedikit madu murni.

Jika sudah matang, maka air tersebut dapat diminum dan ramuan ini dapat diminum setiap hari secara teratur agar hasil yang diberikan maksimal.

5Cengkeh

tokopedia.com

Untuk mengatasi rematik dan asam urat, cengkeh juga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk cengkeh yang juga dicampur dengan jahe, takarannya 1 sama.

Ramuan ini hanya digunakan untuk bagian luarnya saja, di bagian yang terasa sakit. Oleskanlah ramuan ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

6Kumis Kucing dan Meniran

panoramio.com

Obat tradisonal yang terakhir adalah kumis kucing dan meniran. Kedua tumbuhan tersebut memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Diantaranya adalah kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin dan flavonoid.

Bukan hanya itu saja, ternyata kumis kucing juga memiliki kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang bermanfaat untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh.

SHARE