Apa yang kamu lakukan ketika sakit gigi? Pasti kebanyakan penderita mengobati sakit gigi dengan berkumur air hangat dan menggunakan garam.

Sebenarnya cara mengobati sakit gigi tersebut tidak berhasil sepenuhnya lho. Ada beberapa kasus ada yang membuktikan bahwa rasa sakit pada gigi justru semakin parah, berdenyut, dan sangat mengganggu setelah berkumur air hangat campur garam.

Bagi beberapa orang yang memiliki gigi sensitif, tentu cara tersebut boleh jadi tidak berhasil. Oleh karena itu, pilih saja cara pengobatan alami dari tanaman alam yang aman digunakan.

1Minyak Batok Kelapa

blogobat.com

Siapkan batok kelapa yang telah terbagi dua, dan jangan lupa sediakan juga kapas secukupnya.

Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit.

Jangan terkejut karena reaksi dari obat ini cukup cepat. Rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit. Jika tidak percaya, coba saja.

2Daun Sirih dan Cengkeh

pondokibu.com

Bahan yang dibutuhkan yaitu daun sirih dan cengkeh secukupnya, sesuai keperluan. Setelah mendapatkan bahan yang dibutuhkan, rebus kedua bahan tersebut.

Air hasil rebusannya bisa segera kamu gunakan untuk berkumur beberapa kali. Oh ya, tapi jika kamu merasa belum mampu membuat ramuan ini, kamu bisa membeli obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih di pasar.

3Bawang Putih

notainfo.com

Siapkan satu siung bawang putih. Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.

Atau bisa juga menggunakan cara lain. Pertama, cuci bawang putih dengan air hangat sampai bersih. Lalu kunyah bawang putih mentah tersebut selama beberapa menit.

Setelah itu buang hasil kunyahan bawang putih tersebut. Beberapa saat kemudian, bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

4Minyak Cengkeh

pondokibu.com

Sediakan minyak cengkeh secukupnya. Kamu bisa mendapatkan di pasar jika sulit membuatnya sendiri.

Gunakan minyak cengkeh dengan cara diteteskan pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel).Sentuhkan kapas sampai rasa sakit pada gigimu berkurang atau hilang.

Setelah rasa sakit hilang, selama kurang lebih 30 menit, berkumur-kumurlah dengan air hangat. Usahakan untuk tidak makan dan minum apapun setelah berkumur.

5Bunga Matahari

tanamanobat.tk

Inilah salah satu ramuan obat sakit gigi yang cukup unik. Sediakan terlebih dahulu 50 gram bunga matahari, 5 gram jahe, dan 600 cc air bersih.

Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih, hingga air rebusan tersisa 300 cc. Saring air rebusan tersebut, lalu minum selagi hangat.

6Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)

ragamalami.com

Siapkan biji asam jawa secukupnya. Kemudian goreng biji asam tanpa minyak (sangrai). Jangan lupa tumbuk sampai lembut hasl sangrai biji jawa tadi.

Kemudian masukkan biji asam jawa yang telah halus pada selembar kain kecil, dan gosok pada gigi yang berlubang. Usahakan kain untuk membungkus biji asam jawa ini tidak terlalu tebal. Semakin tipis, semakin baik.

7Biji Jarak Cina

jualbibit.co.id

Siapkan bahan berupa 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas. Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar-benar halus.

Kemudian seduh bubuk halus biji jarak cina dalam satu gelas air panas dan aduk. Setelah air mendidih, saring airnya, dan tunggu sampai air biji jarak menjadi agak dingin. Setelah sudah tidak terlalu panas, gunakan air tersebut untuk berkumur.

8Daun Cengkeh

afdania.com

Sediakan daun cengkeh secukupnya. Kemudian cuci daun cengkeh tersebut sampai bersih dengan air mengalir. Seduh dalam segelas air panas dan lumatkan daun cengkeh.

Kamu bisa menggunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang sudah dihaluskan sebelumnya, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan daun cengkeh. Tempel dan gosokkan kapas pada gigi yang sakit (berlubang).

9Teh Hangat (Tanpa Gula)

isigood.com

Ini termasuk cara yang paling asyik. Kamu bisa sekaligus menikmati secangkir teh sambil melakukan pengobatan alami. Kamu hanya membutuhkan satu gelas teh hangat tanpa gula.

Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit mulutmu tidak digunakan untuk makan atau minum apapun. Setelah itu letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

10Cabe Rawit

datariau.com

Kamu bisa mendapatkan cabai rawit hijau atau merah di pasar atau tukang sayur keliling. Untuk memperoleh cabai ini tergolong sangat mudah. Siapkan saja secukupnya.

Cara membuat formulanya yaitu tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dengan air panas. Beri air seduhan cabai rawit tadi ke kapas bersih, kemudian tempel pada gigi yang sakit.

Jika kamu tidak mau menggunakan kapas, air cabai bisa juga digunakan untuk berkumur. Hanya saja, kamu akan kepedasan jika berkumur dengan air cabai. Maka jauh lebih baik menggunakan kapas.

11Getah Jarak

idnews.info

Sediakan bahan berupa getah tanaman jarak secukupnya, tak perlu banyak-banyak. Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang.

Kamu juga bisa menggunakan kapas yang sudah diberi getah jarak, kemudian diselipkan pada gigi yang berlubang.

12Akar Meniran

flonimal-nesia.blogspot.com

Siapkan akar meniran sebanyak 5 gram. Kemudian bersihkan akarnya sampai tidak ada sisa tanah dan kotoran yang menempel.

Kamu harus siap untuk mengunyah akarnya dengan menggunakan bagian gigi yang sakit. Kunyahlah agak lama, setelah itu buang kunyahan akar meniran, berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.

13Akar Kangkung

parenting.co.id

Siapkan segenggam akar kangkung dan 1/2 sendok teh cuka. Kemudian bersihkan terlebih dahulu akar kangkung, sampai tidak ada sisa tanah dan kotoran menempel.

Setelah selesai dicuci bersih, rebus akar kangkung ditambah segelas air dan 1/2 sendok teh cuka. Rebus sampai mendidih. Setelah itu tuang ke dalam gelas, tunggu sampai air rebusan menjadi agak dingin (hangat) lalu digunakan untuk berkumur.

14Serai

kumpulan.info

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu 40 gram serai dan 2 gelas air matang. Cara membuat obatnya dengan merebus semua serai dalam 2 gelas air sampai mendidih hingga airnya berkurang satu gelas.

Setelah mendidih, diamkan sebentar dan biarkan air menjadi hangat. Kemudian gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang.