Penyakit jantung mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Di Indonesia penyakit ini sudah masyhur diberbagai kalangan. Ini karena pola hidup masyarakat Indonesia yang kurang sehat.

Seperti kebiasaan merokok, minuman bersoda dan terlalu sering mengkonsumsi makanan instan.

Penyakit yang satu ini memang tergolong penyakit yang parah. Banyak orang khawatir dan waspada terhadap penyakit jantung karena juga dapat menyerang secara tiba-tiba bahkan kemungkinan fatalnya adalah meninggal dunia.

Cara yang paling sederhana untuk mencegah penyakit jantung adalah memulai gaya hidup sehat. Tapi untuk kamu ketahui juga banyak obat atau ramuan tradisional di sekitarmu yang ampuh mengobati penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati sakit jantung :

1Daun Sukun

kapsuldaunsukun.blogspot.com

Daun sukun mengandung sitosterol dan flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Petiklah daun sukun tua, kemudian rebus ke dalam 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah disaring, minumlah airnya. Lakukan selama seminggu. Ingat ya, daun sukun yang sudah tua.

2Kelapa Muda Bakar

resephariini.com

Yang satu ini memang terdengar unik. Tetapi khasiatnya tak kalah dengan ramuan yang lain. Kelapa muda bakar dipercaya mampu menangani sakit jantung, diabetes, dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Kamu hanya perlu menambahkan 3 batang serai ketika membakar kelapa muda tersebut.

3Jus Mengkudu

reps-id.com

Mengkudu mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab serangan jantung maupun kanker. Radikal bebas menyebabkan endapan pada pembuluh darah, sehingga menyumbatnya.

Kamu juga dapat mendapatkan manfaat dari jus mengkudu berupa antioksidan dari sumber makanan berupa sayuran hijau, termasuk brokoli.

4Ubi Jalar dan Wortel

www.program-hamil.com

Zat fotinutrien yang terdapat dalam Ubi jalar membantu sistem peredaran dalam tubuh dan sel-sel tubuh yang rusak. Zat ini juga efektif untuk melawan serangan jantung.

Siapkan 3 buah wortel segar. Setelah dicuci, parut dan ambil airnya dengan cara diperas kemudian tambahkan 2 sendok makan madu. Cobalah untuk meminum ramuan alami ini sebanyak 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

5Kunyit

www.1000macammanfaat.com

Bumbu dapur yang satu ini ternyata bermanfaat untuk melarutkan kolesterol jahat dalam darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Ambil kunyit seukuran 4 ruas jari. Setelah diparut, seduh ke dalam ½ gelas air panas selama ¼ jam. Kemudian saring seduhan kunyit tersebut dan tambahkan madu secukupnya.

6Daun Sirih Merah

www.suarapembaruan.com

Daun sirih merah mengandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid dan masih banyak lagi. Kandungan kimia inilah yang mendasari daun sirih merah sering digunakan sebagai ramuan penyakit kronis seperti sakits jantung.

Kamu bisa mencobanya dengan mengiris tipis beberapa lembar daun sirih kemudian rebus. Rebusan air daun sirih tersebut akan membantu mengobati penyakit jantung.

7Oprasi Bypass

www.rumahsehatterpadu.or.id

Tidak semua penyakit jantung bisa disembuhkan hanya dengan obat-obatan. Ketika obat sudah tidak bisa menyembuhkan maka kamu harus segera melakukan operasi bypass.

Operasi ini adalah dimana aliran darah dialirkan dari area penyempitan di arteri koroner.

8Penggunaan Obat Jangka Panjang

www.rmol.co

Hal ini dilakukan untuk menurunkan resiko sakit jantung lebih lanjut. Obat-obatan ini mungkin mencakup dosis kecil aspirin reguler, obat penurun kolestrol, beta-blocker dan penghambat ACE (angiotensin-converting enzyme)

Selain mengkonsumsi ramuan-ramuan herbal atau tradisional, mengobati penyakit jantung juga bisa di imbangi dengan rutin berolahraga.

Karena ini akan membantu proses pembakaran lemak dan akan memperlancar pasokan oksigen ke jantung dan juga melancarkan peredaran darah.

Mulailah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk dari serangan berbagai penyakit.