Permasalahan yang sering terjadi pada orang dewasa dan jarang ditemukan pada anak-anak adalah sakit pinggang dan punggung, hal ini di karenakan robekan, tarikan maupun tekanan pada bagian tulang belakang.

Ruas yang terdapat pada bagian tulang belakang yang mengalami robekan inilah yang menyebabkan terjadinya sakit pada area tulang belakang. Hingga menimbulkan nyeri yang biasa kita kenal dengan sakit pinggang atau sakit punggung.

Beberapa faktor seperti kurang olahraga, salah gerak, gangguan pada struktur tulang, hingga alas tidur yang tidak nyaman dapan memicu timbulnya sakit pada bagian tulang belakang. Selain itu, faktor usia juga dapat berpengaruh pada rasa nyeri pada bagian pinggang atau punggung.

Wanita yang sedang hamil juga terkadang mengalami sakit pada bagian pinggang atau punggung saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Dan dengan obat alami sajalah satu-satunya cara untuk mengobati sakit pinggang pada ibu hamil.

Ada obat alami luar dan dalam, obat tradisional dan obat medis serta tips mengatasi agar sakit pinggang cepat sembuh yang bisa menjadi panduan untuk mengatasi sakit pinggang

1Obat Alami dari Luar

kumiskucing.org

Obat terbaik adalah obat yang menyembuhkan dan tidak ada efek samping pada tubuh. Yup beberapa obat alami dari luar dibawah ini bisa kamu coba untuk mengatasi sakit pinggang

Daun Dewa

Sudah kenal daun dewa belum? Daun ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, tapi memang sulit sekali untuk mendapatkan daun ini karena selain jumlah yang sedikit juga perlu penanganan yang extra untuk merawatnya.

Daun dewa dapat menjadi obat alami untuk meredakan nyeri pinggang, caranya dengan merebus daun dewa dengan air lalu menyaringnya. Setelah itu sering dikonsumsi.

Jika kamu pengen yang lebih segar, bisa kamu campur dengan temulawak.

Bawang Putih

Selain digunakan untuk bahan masakan, si kecil yang memiliki bau yang menyengat ini ternyata dapat juga menjadi obat untuk sakit pinggang dan punggung. Bawang putih mengandung zat anti nyeri yang dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Pengaplikasiannya dapat digosokkan secara langsung pada bagian yang sakit, atau dapat juga dengan merendam bawang putih lalu dioleskan pada bagian yang terasa nyeri. Akan tetapi rendaman ini bukan hanya bawang putih saja tapi juga dicampurkan dengan cabe rawit.

Bawang Merah

Yup, tidak hanya bawang putih saja yang bermanfaat untuk sakit pinggang, tapi juga bawang merah ya guys, secara bawang merah ini memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Begini caranya menggunakan bawang merah.

Ambil 3 siung bawang merah dan dua siung rimpang jahe merah. Parut semua bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus. Saat sudah halus anda bisa mencampurkan minyak zaitun di parutan bawang merah dan parutan jahe tersebut.

Oleskanlah bahan tersebut ke bagian pinggang kamu yang sakit, mengoleskan bahan itu ke bagian punggung kamu bisa ditambah sedikit pijatan. Rasa hangat yang berasal dari bawang merah dan jahe merah itu bisa meringankan sakit pinggang yang kamu derita.

Lakukanlah cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. Kamu  juga harus melakukan cara ini secara teratur setiap harinya.

Cabe Rawit

Seperti yang telah disinggung pada poin atas, cabe rawit dapat dijadikan bahan kombinasi untuk meredakan sakit pinggang. Dengan menggunakan rendaman air bawang putih atau jahe dan cabe rawit, nyeri pada pinggang kamu akan dapat berkurang.

Kumis Kucing

Kumis kucing adalah tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Jenis tanaman dari famili Lamiaceae atau Labiatae ini dapat menanggulamgi berbagai macam penyakit dan bersifat antibakteri.

Kumis kucing atau remujung kering digunakan sebagai bahan campuran dalam ramuan obat tradisional. Salah satunya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri pada pinggang dan punggung.

Daun Landep

Sudah tahu daun landep apa belum guys? daun ini tiak hanya ampuh untuk sakit pinggang saja lho, tapi juga bisa menyembuhkan sakit kepala

Caranya, cuci dan giling sampai halus segenggam daun landep lalu tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai berbentuk seperti adonan.

Balurkan ramuan tersebut ke bagian pinggang yang sakit, setelah kering bisa diganti ramuan yang lain dan lakukan secara rutin.

Daun Bakung

Yup, obat alami untuk pengobatan sakit pinggang dari luar adalah daun bakung, dimana daun ini sudah cukup dikenal oleh banyak orang dan cukup ampuh mengatasi sakit pinggang.

Caranya, ambil beberapa lembar daun bakung lalu dipanggang sampai sedikit layu. Setelah itu olesi daun bakung tersebut dengan menggunakan minyak kelapa. Jika sudah merata, tinggal ditempelkan pada bagian pinggang yang sakit.

Daun Kecubung

Daun kecubung juga bisa menyembuhkan sakit pinggang, caranya sediakan 4 lembar daun kecubung kemudian dihaluskan dengan kapur sirih secukupnya hingga terbentuk sebuah adonan.

Nah, adonan tersebut dioleskan pada pinggang yang sakit sebagai balsem. Jika kamu punya luka memar dan bisul bisa juga diatasi dengan ramuan di atas.

Daun Pinang

Daun berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sakit pinggang adalah daun pinang. Caranya mudah, ambil beberapa lembar daun pinang kemudian digiling atau dtumbuk hingga halus.

Campur dengan minyak kelapa seperlunya, panaskan sebentar diatas api sabil aduk rata. Ramuan tersebut digunakan untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.

Lakukan itu secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

Biji Blustru

Biji blustru secukupnya disangrai sampai hangus, lalu giling sampai halus dan masukkan ke dalam stoples. Jika akan digunakan, ambil sebanyak 10 gram lalu masukkan ke dalam 1/2 seloki arak. Aduk merata, lalu endapkan. Airnya diminum sekaligus, sedangkan ampasnya dibubuhkan ke bagian pinggang yang sakit.

Halia

Halia ini masih satu keluarga dengan jahe dan temulawak. Karena itu khasiatnya juga tidak perlu diragukan lagi. Ambil 4-8 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya. Umbi halia diparut dan campur dengan buah asam jawa, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Jahe

Yup, kalau sudah disebutkan jahe merah diatas, tentu jahe emprit atau yang disebut orang jahe biasa juga bisa mengatasi sakit pinggang, secara jahe ini memang banyak sekali manfaatnya, tidak hanya untuk masakan, untuk batuk saja jahe juga bisa untuk sakit pinggang.

Cara mengobati sakit pinggang menggunakan jahe adalah sebagai berikut ini

Ambil larutan alkohol dengan kadar 75 persen. Iris tipis-tipis dua rimpang jahe berukuran sedang. Cuci cabai rawit secukupnya dan bersihkan tangkai dari cabe rawit itu.

Buatlah larutan fermentasi menggunakan semua bahan-bahan tersebut dengan cara mencampurkan semua bahan-bahan itu dan didiamkan selama dua minggu.

Setelah dua minggu, gunakanlah larutan fermentasi itu untuk memijat dan mengurut pinggang kamu yang sakit.

Kamu bisa melakukan cara ini dua kali dalam sehari. Larutan fermentasi itu bisa memberikan rasa hangat sehingga sakit pinggang yang kamu derita akan berkurang dan menghilang sedikit demi sedikit

2Obat Alami dari Dalam

harianlampung.co.id

Akar Ilalang

Tanaman ilalang atau alang-alang adalah tanaman gulma atau tanaman pengganggu. Akan tetapi, ternyata ilalang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ilalang mengandung glukosa, citric acid, malic acid, dan juga terdapat senyawa kimia, diantaranya cylindrin, fermenol, coixol, simiarenol, arundion, dan anemonin.

Air rebusan akar ilalang dapat digunakan untuk menyembuhkan rasa nyeri pada pinggang dan punggung. Konsumsi secara berkala dan teratur untuk hasil yang maksimal.

Jahe Merah

Orang orang cina percaya bahwa jahe merah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain berfungsi sebagai obat masuk angin, jahe merah atau dalam bahasa latin disebut dengan Zingiber officinale Roxb. var Rubra ini mempunyai khasiat dapat mengurangi rasa nyeri pada tulang belakang.

Dengan mencampurkan temu hitam atau daun dewa dapat membuat ramuan jahe merah terasa lebih menyegarkan. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi ramuan ini secara rutin, agar sakit pinggang yang kamu alami dapat berkurang.

Daun Beluntas

Ramuan berikutnya untuk mengatasi sakit pinggang adalah daun beluntas. Sudah banyak yang kenal daun ini, daun ini juga banyak berada di tepi jalan atau di kebun bahkan di pekarangan rumah sebagai pagar.

Caranya dengan menjadikan daun beluntas muda sebagai lalapan atau dengan merebus akar serta daunnya dan meminum air ramuan tersebut secara teratur.

Buah Takokak

Sudah kenal buah takokak belum? Mungkin agak terdengar asing ya, tapi gpp dech, lumayan buat menambah ilmu. Yup buah takokak ini juga mampu mengatasi sakit pinggang dari dalam.

Caranya ambil 100 gram buah takokak, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar, 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, lalu diminum hangat-hangat.

Lakukan itu secara teratur agar kamu dapat hasil yang maksimal

Angco

Sudah kenal buah angco belum? Pasti belum ya, buah angco ini dikenal orang dengan kurma tiongkok atau kurma cina.

Cara menggunakan buah angco yaitu sediakan 10 butir angco, 1 – 3 buah sun boi/kiam boi, 15 gram akar bawang merah segar, 25 gram jahe merah segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.

Lakukan secara teratur setiap hari minimal 1 kali dalam sehari supaya hasil yang didapat juga maksimal

Temulawak

Sudah tidak asing dengan yang satu ini ya guys? temulawak dari jaman dahulu memang terkenal untuk mengobati sakit pinggang

Caranya cukup mudah, ambil 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 1 genggam daun kumis kucing. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring. Airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas tiap kali minum.

Daun sirsak

Yup, daun berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan sakit pinggang adalah daun sirsak, sekarang lagi ramai banget ya guys, tentang daun sirsak yang katanya bisa menyembuhkan kanker.

Caranya, ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Air rebusan daun sirsak tersebut diminum sekali sehari dengan dosis 3/4 gelas setiap kali minum.

Dan pastinya lakukan itu secara rutin minimal sehari sekali agar sakit pinggang segera sembuh.

Herba Sangitan

Sudah tahu herba sangitan belum? Kalau belum tahu segera cari tau ya, karena herba ini bisa sembuhkan sakit pinggang.

Ambil 15-30 gram herba sangitan, cuci bersih dan potong-potong kasar. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum. Bisa juga dioleskan pada pinggang yang sakit atau bengkak..

Daun Mahkota Dewa

Selama ini daun mahkota dewa dipercaya bisa digunakan untuk mengasi berbagai macam masalah kesehatan. Daun mahkota dewa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil yang efektif namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang menggunakan daun mahkota dewa ini pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah bahan-bahannya. Kamu harus menyiapkan sebanyak 20 gram daun mahkota dewa, 5 gram akar sawi langit, temu hitam secukupnya dan dua rimpang jahe merah.

Cara pembuatan obat sakit pinggang menggunakan bahan-bahan tersebut adalah dengan merebus semua bahan menggunakan empat gelas air kemudian sisakan air rebusannya menjadi dua gelas air saja.

Minum selagi hangat sebanyak dua kali dalam sehari dengan meminum masing-masing satu gelas air rebusan. Lakukanlah secara teratur.

3Obat Tradisional

massageiowa.com

Yup, setelah kita mengetahui obat pinggang secara alami baik dari luar ataupun dari dalam, kita sebaiknya juga tahu obat sakit pinggang yang tradisional.

Secara tradisional ini sudah banyak dilakukan oleh orang pada jaman dahulu, dimana cara ini juga bagus lho, jadi ketika kamu ketika kerepotan memakain cara yang alami, kamu bisa menggunakan cara tradisional ini.

Air Panas

Bagi kamu yang sakit pinggang, gunakan air panas untuk berendam, tapi jangan terlalu panas, karena jika terlalu panas akan merusak kulit kamu.

Air panas yang kamu gunakan untuk berendam akan mengurangi rasa sakit pada pinggang kamu, karena sifat air panas ini akan merilekskan otot-otot yang ada di dalam tubuh kita.

Botol Panas

Tidak hanya mandi di air panas saja yang bisa digunakan untuk obat tradisional sakit pinggang namun kamu juga bisa memasukkan air panas ke dalam botol kemudian gunakanlah botol yang berisi air panas itu untuk mengompres pinggang kamu yang terasa sakit.

Cara ini sangat mudah, cocok bagi kamu yang tidak punya waktu dirumah.

Akupuntur

Cara ini merupakan terapi yang bisa menjadi obat bagi orang yang mengalami sakit pinggang. Memang belum banyak dicoba oleh orang khususnya orang Indonesia, tapi manfaatnya juga lumayan.

Akupuntur selain bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia juga bisa digunakan sebagai obat untuk sakit pinggang.

Peredaran darah yang tidak lancar di pinggang dan syaraf yang bermasalah akan menjadi normal kembali. Cara akupuntur ini adalah dengan cara menusukkan jarum ke titik titik di pusat tubuh.

Ada beberapa sesi yang harus dilakukan orang yang mengalami sakit pinggang agar sakit pinggang yang dideritanya bisa segera menghilang. Akupuntur ini hanya bisa digunakan untuk menghilangkan sakit pinggang pada bagian bawah saja.

4Obat Medis

dosis-obat.blogspot.com

Setelah di atas kita tahu tentang obat sakit pinggang secara alami dan obat sakit pinggang secara tradisional, tentu kita juga harus tahu obat sakit pinggang secara kimia.

Dalam rumus kimia, obat ini sudah jadi dan siap dikonsumsi atau dipakai, jadi tidak perlu ada tambahan-tambahan lain untuk obat kimia.

Tapi tetap disarankan kita minta resep dokter dulu untuk mengkonsumsinya.

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat kimia yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, terbukti banyak penyakit yang bisa diatasi menggunakan obat ini.

Ibuprofen merupakan obat dengan jenis anti inflamasi sehingga dari jenisnya saja kita sudah tahu fungsi dari obat itu untuk menghilangkan atau mencegah terjadinya peradangan.

Sakit pinggang akan bertambah parah sakitnya jika disertai dengan peradangan. Kamu bisa mendapatkan obat ini tanpa menggunakan resep dokter, meskipun begitu kamu harus tetap mematuhi dosis yang berlaku di obat tersebut.

Naproxen

Obat lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan sakit pinggang yang anda derita adalah naproxen. Sama halnya dengan ibuprofen, obat ini juga termasuk dalam obat kimia anti inflamasi. Sama seperti namanya, obat kimia ini memiliki fungsi untuk mencegah peradangan dan menghilangkan peradangan.

Tidak hanya itu saja, obat ini juga memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa sakit di pinggang kamu.  Kamu bisa mengkonsumsi obat ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

Muscle Relacants

Obat khusus yang bisa  kamu gunakan untuk mengobati sakit pinggang adalah muscle relaxants. Fungsi obat ini lebih spesifik yaitu untuk meredakan otot yang mengalami kejang serius dimana otot yang kejang itu akan menyebabkan orang mengalami sakit pinggang.

Yang perlu kamu perhatikan dalam obat ini adalah dapat memberi efek kantuk yang cukup berat, jadi bagi kamu yang mengkonsumsi obat ini sebaiknya tidak mengendarai kendaraan seorang diri sebab akan sangat berbahaya jika dia mengendarai kendaraan dalam posisi mengantuk.

Obat Antidepresan

Bagi orang yang mengalami sakit pinggang yang kronis kamu bisa mengkonsumsi obat antidepresan dan harus disertai dengan resep dokter.

Obat ini sejatinya untuk obat orang yang lagi depresi atau stress, tapi kandungan obat yang ada di antidpresan itu juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa akan sakit yang dihasilkan oleh sakit pinggang sehingga penderita tidak hanya terfokus pada rasa sakit yang dialaminya.

Suntikan Anestesi

Bagi yang menderita pinggang kronis bisa meminta suntikan anestesi atau bius untuk menghilangkan rasa sakit di pinggangnya untuk sementara. Hal ini bisa dilakukan disamping pengkonsumsian obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien.

Jenis suntikan yang bisa dilakukan kepada pasien sakit pinggang adalah suntikan sendi facet, sendi facet sendiri adalah sendi yang ada di bagian tulang belakang sehingga membuat tulang belakang tetap selaras dan sepadan.

Obat Kodein

Obat yang memiliki dosis lebih tinggi dibandingkan dnegan ibuprofen adalah obat kodein. Mungkin obat ini sedikit asing di telinga kita dikarenakan masyarakat belum mengetahui secara luas apa itu obat kodein.

Obat kodein sendiri merupakan obat yang berguna untuk mengatasi nyeri pinggang. Biasanya dokter akan merekomendasikan menggunakan obat ini jika sakit pinggang yang dialami sudah dalam kondisi berat. Obat ini juga sering dijadikan sebagai obat batuk, diare dan lain sebagainya.

Sayangnya pengkonsumsian jangka panjang obat ini akan sangat berbahaya sebab kodein yang masuk ke dalam tubuh manusia akan diubah menjadi morfin. Pengubahan menjadi morfin itu ada di dalam hati manusia, hati yang disuruh untuk melakukan proses itu akan merasa terbebani sehingga lama kelamaan hati menjadi bermasalah dan timbullah penyakit sirosis hati.

Efek samping lainnya yang akan kamu dapatkan saat mengkonsumsi obat ini adalah morfin pada obat ini akan menyebabkan pasien mengalami perubahan perasaan secara tiba-tiba seperti perasaan senang atau bahagia, gatal-gatal, mual disertai dengan muntah, mengantuk terus menerus, mulut kering dan masih banyak lagi lainnya.

Paracetamol

Paracetamol merupakan obat yang juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Jika mendengar kata paracetamol pikiran kita langsung mengarah ke penyakit demam atau panas. Padahal penggunaan paracetamol ini tidak hanya berkutat di panas atau demam saja namun lebih luas dari itu.

Paracetamol tergolong dalam obat analgesik dimana fungsinya adalah sebagai pereda rasa sakit bukan pereda demam. Sehingga rasa sakit pinggang yang kita derita akan sedikit menghilang atau berkurang ketika kita mengkonsumsi paracetamol dalam dosis yang telah dianjurkan. Dosis yang dianjurkan ketika mengkonsumsi obat ini adalah sekitar 500 mg dalam 6 jam sekali.

Diazepam

Bagi orang yang mengalami sakit pinggang ekstrim atau berat dimana disertai dengan kejang otot, dokter akan memberikan obat diazepam untuk penggunaan yang singkat.

Obat ini masuk dalam jenis obat benzodiazepine dimana fungsinya adalah mempengaruhi sistem syaraf otak manusia. Obat ini berhubungan langsung dengan syaraf otak sehingga jika dikonsumsi akan memberikan efek ketenangan.

Orang yang diberikan obat ini akan lupa dengan rasa sakit yang dialaminya akibat pinggangnya tersebut. Obat ini tidak hanya diberikan oleh penderita sakit pinggang namun diberikan kepada orang yang memiliki kecemasan berlebihan, kejang-kejang, mengalami insomnia, pengobatan dari kecanduan alkohol dan juga untuk obat bius.

5Tips Agar Sakit Pinggang Cepat Sembuh

obatherbalsakitpinggangampuh.wordpress.com

Yup, selanjutnya setelah kita tahu tentang obat pinggang secara alami dan obat tradisional serta obat medis, tentu kita juga harus tahu ya guys hal-hal yang mendukung agar sakit pinggang biar cepat sembuh.

Karena sangat percuma sekali ya guys, kita tahu obatnya dan tahu cara mengatasinya tapi tidak tahu cara-cara sakit pinggang agar cepat sembuh

Banyak istirahat.

Tentu ya, saat kita merasakan sakit pinggag harus banyak beristirahat, jangan terlalu berat dalam bekerja atau jangan terlalu banyak melakukan gerakan yang menggerakkan pinggang, karena dengan banyak bergerak penyembuhan sakit pinggang akan menjadi lama.

Sementara istirahatlah dulu, rileks kan otot-otot tubuh sampai tubuh merasa baikan atau sakit pinggang benar-benar sudah sembuh.

Postur tubuh yang baik.

Jika ingin sakit pinggang cepat sembuh tentu harus juga memperhatikan posisi tubuh dan posisi saat duduk, karena kedua posisi itu sangat penting guys.

Atur kedua posisi itu saat dimanapun dan saat kapanpun, jika salah sedikit saja akan tetap mempengaruhi sakit pinggang kamu saat dalam masa proses penyembuhan.

Mengatur ruangan kerja.

Jika kamu mempunya ruangan kerja, aturlah yang baik agar posisi duduk kamu tidak salah. Kalau perlu dikasih bantal agar punggung kami saat santai tetap merasakan posisi nyaman.

Rata-rata orang lama dalam penyembuhan sakit pinggang adalah seringnya salah duduk saat bekerja dan itu juga yang menyebabkan sakit pinggang susah sembuh.

Jadi atur ruangan kerja, atur kursi dan buat semuanya senyaman mungkin saat kamu bekerja.

Yup itulah pembahasan lengkap obat sakit pinggang, mulai dari obat secara alami, baik dari dalam maupun luar, obat tradisional dan obat medis. Ketiga obat tersebut semuanya bagus untuk sakit pinggang, hanya saja untuk obat medis mempunyai efek yang kadang kurang bagus untuk tubuh kita.

Ditambah dengan tips agar sakit pinggang cepat sembuh, semoga kamu yang mengalami hal itu segera sembuh ya, kalau bukan kamu beritakan pada teman atau saudara yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat bagi semua, semangat sembuh!