Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus atau kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyakit ini menyerang seseorang tak kenal usia. Biasanya, asam lambung lebih banyak disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan pedas atau asam.

Untuk mengatasi asam lambung, kamu bisa konsumsi obat-obatan tradisional berikut;

1Cincau

promoonline.weebly.com

Cincau sebagai salah satu bahan yang juga segar dikonsumsi, dapat mengatur kadar asam lambung yang normal. Lantas bagaimana mengolahnya dengan baik? Dengan menggunakan daun cincau, lalu ditumbuk sampai halus.

Dengan adanya ini lalu tumbukkan ini direbus lalu disarinf. Dengan menembahkan air kapur sirih hingga kental lalu dicampur dengan air gula akan membuat cincau bisa dikonsumsi secara teratur.

2Meniran

jamuborobudur.com

Tanaman obat yang satu ini memiliki 1001 macam khasiat bagi kesehatan. Menggunakan meniran, kadar asam lambung dapat dikontrol secara alami.

Kamu harus mencuci meniran terlebih dulu, lalu merebusnya hingga rebusan air tinggal setengah. Lalu tambahkan madu secukupnya, dan minum secara berkala.

3Mentimun

kutono.blogspot.com

Sayuran yang segar ini ternyata memiliki bahan yang mampu untuk membuat asam lambung menjadi semakin baik.

Dengan memakan mentimun secara rutin, atau dengan mencampurkannya dengan yoghurt yang juga dapat menetralkan asam lambung ini sebagai Obat Tradisional Asam Lambung Tinggi.

4Kunyit

1000macammanfaat.com

Tanaman obat yang satu ini juga merupakan salah satu hal yang ampuh di dalam menangani masalah asam lambung. Kupas kunyit, lalu parut, setelah itu lalu rebus. Rebusan kunyit tentunya menjadi hal yang and dapat rutin meminumnya.

Makanan yang kita makan berpotensi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Setiap hari kita makan makanan yang memiliki sifat korosif, dan dapat membahayakan dinding lambung dan usus.
Kunyit akan membantu dengan mengurangi efek ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertindak sebagai lapisan pelindung.

5Kamomila

enkivillage.com

Jika kamu masih asing mendengar tanaman obat ini, cobalah untuk mengetahuinya lebih dalam. Dnegan nama lain teh kembang, kamu bisa meminum rebusan teh bunga ini secara teratur.

Membantu melawan virus dan penyembuhan ulkus lambung atau maag. Juga telah ditemukan bahwa teh chamomile dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah yang tentu saja sangat bermanfaat bagi pasien dengan gout/asam urat.

Teh ini juga bermanfaat untuk mengobati kolik, wasir,, stomatitis, dan berbagai penyakit pada system pencernaan lainnya termasuk borok lambung/maag kronis. Selain itu dapat membantu mengurangi gas di lambung dan usus.

6Kencur

reps-id.com

Bahan yang satu ini tentunya sangat mudah untuk didapatkan. Dengan menumbuk kunyit, kunyit dapat dikunyah sembari meminum air hangat.

7Lidah Buaya

annunaki.me

Selain baik untuk rambut, gel lidah buaya dapat dikonsumsi dalam menetralkan asam lambung yang kamu miliki.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal untuk menurunkan asam lambung tinggi . Tumbuhan ini juga merupakan tanaman sukulen di mana daun hijau tebal berisikan gel bening.

Gel yang berada pada dahan lidah buaya ini telah lama digunakan secara topikal untuk mengobati luka bakar dan luka dangkal. Bisa juga digunakan sebagai sampo dan sunblock.

Gel dan lapisan daun lidah buaya dapat dibuat menjadi jus, yang diambil secara lisan, dan telah digunakan untuk mengobati lambung asam, sembelit dan segudang gejala medis lainnya. Lidah buaya mengandung banyak nutrisi dan dianggap memiliki banyak khasiat penyembuhan.

8Susu Kambing

tanjungherbal.com

Di dalam susu kambing ini memiliki banyak kandungan zat yang berkhasiat untuk menetralkan saluran pencernaan, kelebihan asam lambung (kembung), maag kronis, dll..

Rantai asam lemak susu kambing lebih pendek dengan ukuran molekul lebih halus dibanding susu sapi sehingga lebih mudah dicerna, serta tidak mengandung Aglutinin, yaitu senyawa yang membuat molekul lemak menggumpal seperti yang terjadi pada susu sapi.

Kandungan pH lebih tinggi (Alkali) sehingga membantu menyembuhkan maag dan gangguan pencernaan lainnya. Semua kandungan tersebut bekerja cemerlang bagi orang yang sedang melakukan terapi pengobatan penyakit maag.

Tidak ada protein kompleks dalam susu kambing yang membuat risiko alergi berkurang dibandingkan susu sapi. Susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan memuaskan rasa lapar.