Diabetes adalah penyakit yang jamak ditemui di Indonesia. Penderita diabetes di Indonesia bahkan menempati posisi kelima terbanyak di dunia.

Pola makan yang banyak mengandung glukosa menjadi salah satu pemicu dan penyebab diabtes. diabetes sendiri adalah kondisi saat tubuh tidak dapat menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang berguna untuk mengatur gula darah.

Jumlah insulin pada penderita diabetes sangatlah kurang.Jika kondisi ini terjadi, saat diperiksa kadar gula darah penderita diabestes akan tinggi.

Ada dua jenis tipe diabetes. Pertama tipe dimana tubuh sama sekali tak bisa memproduksi hormon insulin. Penderita diabetes jenis ini harus mendapat suntikan insulin yang teratur.

Tipe kedua, adalah penderita tidak dapat memproduksi ini insulin dalam kadar cukup. Tipe ini yang sekarang banyak diderita. Biasanya diidap oleh seseornag yang sudah berusia lanjut, obesitas dan memiliki riwayat keturunan diabetes.

Jika penyakit diabetes sudah menyerang, maka dampaknya bisa sangat riskan. Pada level yang mengancam, organ-organ tubuh akan membusuk. Bisa jadi bahkan diamputasi.

Nah, selain mengubah pola makan, tidak ada salahnya jika mencoba beberapa alternatif obat alami untuk diabetes.

Selain memiliki efek samping yang kecil, obat alami ini juga terbukti manjur untuk mengatasi penyakit diabetes.

1Mengkudu

reps-id.com

Buah mengkudu mujarab untuk menjadi obat diabetes. Mengkudu mengandung zat proxeroni sebagai pembentuk alkaloid.

Alkaloid sendiri berfunsi membuka pori pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes.

Cara mengolah mengkudu menjadi obat diabetes sangat gampang. Ambil satu buah mengkudu. Blender satu buah tersebut lalu peras airnya.

Nah ekstrak mengkudu yang sudah jadi bisa langsung dikonsumsi. Jika kamu kurang suka dengan mengkudu, bisa kamu campur dengan madu.

2Kunyit

www.1000macammanfaat.com

Kunyit sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Oleh karena itu, ini bisa menjadi obat diabetes alami yang paling mudah digunakan.

Karena sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, maka kunyit bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengobati penyakit gula darah atau diabetes.

Cara menjadikan kunyit obat diabetes sangat mudah. Ambil satu buah kunyit lalu tambahkan setengah sendok garam.

Rebus dalam satu liter air sampai mendidih. Saring air rebusan tersebut dan biarkan agar dingin.

Setelah dingin, minumlah air rebusan kunyit tersebut cukup setengah gelas saja.Minumlah secara teratur dua kali dalam satu minggu.

Cara ini berkhasiat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes sehingga akan stabil.

3Mahkota Dewa

reps-id.com

Tanaman herbal lainnya yang mampu atasi penyakit diabetes adalah tanaman mahkota dewa. Bahkan tanaman mahkota dewa saat ini banyak dicari karena manfaatnya yang begitu penting dalam pengobatan berbagai penyakit.

Untuk mengobati penyakit diabetes dengan tanaman mahkota dewa juga tidak sulit. Kamu tinggal siapkan 3 hingga 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa.

Tambahkan 3 lembar daun salam dan cuci hingga bersih. Rebus menggunakan air 3 gelas dan terus rebus agar mendidih sampai air hanya tersisa setengah gelas.

Minumlah air rebusan tersebut setiap hari agar penyakit diabetes bisa diatasi.

4Brotowali

www.bebasdiabetes.org

Brotowali merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama. Rasanya yang pahit sering dibuat untuk campuran jamu sehingga sangat khas.

Khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat.

Salah satu manfaatnya yang cukup ajaib yaitu untuk menyembuhkan penyakit gula darah ini. Resep pengobatan diabetes dengan tanaman brotowali juga sangat mudah dibuat.

Caranya ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari atau 10cm. Tambahkan satu genggam akar pepaya dan rebus kedua bahan alami tersebut.

Rebus hingga mendidih dan biarkan agar dingin baru minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes.

5Daun Kemangi

cara.media

Daun kemangi merupakan tanaman alami yang dapat mengatasi masalah penyakit diabetes. Kemangi merupakan daun yang biasa digunakan sebagai lalapan dan biasa dimakan dengan menggunakan sambal.

Namun dibalik itu, manfaat daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah. Daun kemangi memiliki suatu kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, jadi kadar gula darah akan tetap stabil.

Cara mengonsumsinya pun seperti biasa dan cukup digunakan sebagai lalapan. Karena kemangi dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka pastikan kebersihannya terjaga.

 

SHARE