Rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian, otot, maupun urat syaraf.

Gejala rematik ditandai dengan bengkaknya sendi-sendi tulang, nyeri berpindah-pindah, perut mual, kepala pusing, banyak keluar keringat bahkan terkadang urat tegang.

Sakit yang rata-rata dialami oleh orang dewasa, dimana sakit ini karena pekerjaan yang bertumpu pada lutut atau bagian lain dari persendian. Tapi rata-rata rematik juga dialami oleh para pemuda yang sering mandi malam.

Kadang sebagian orang menyamakan rematik dengan asam urat, padahal penyakit ini berbeda dengan asam urat walau obatnya sama.

Jika kamu punya sakit rematik? ini ada obat tradisional yang perlu kamu coba.

1Terapi Air

ppg-palsigunung.com

Air merupakan senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit dan pegal. Kamu bisa berendam di air hangat atau bagian mana yang sakit saja selama beberapa menit. Setelah itu pasti akan sedikit berkurang rasa sakit itu.

2Jahe

apotekmaxs.com

Jahe merupakan tanaman serbaguna, selain untuk makanan dan minuman jahe juga bisa digunkan untuk obat rematik. Karena jahe memiliki kandungan fitonutrien yang mana memiliki efek kuat terhadap kebugaran dan kesehatan tubuh kita.

Selain itu, jahe juga bersifat anti-inflamasi yang baik untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh radang sendi yang menyiksa.

Caranya yaitu dengan menyiapkan jahe sebanyak 2 ibu jari. Jahe tersebut kemudian dipotong-potong dan juga sedikit diremukkan.

Rebus jahe yang sudah diremukkan tersebut dengan menggunakan air 1 gelas dan juga sedikit gula dan jika ada tambahkan sedikit madu murni.

Jika sudah matang, maka air tersebut dapat diminum dan ramuan ini dapat diminum setiap hari secara teratur agar hasil yang diberikan maksimal.

3Cengkeh

satwa.net

Salah satu kegunaan cengkeh selain untuk rokok adalah untuk terapi tradisional sakit rematik. Caranya cukup mudah tumbuk cengkeh yang juga dicampur dengan jahe, takarannya 1 sama lalu oleskan di bagian yang sakit.

Tapi untuk ini hanya dibagian luarnya saja lho. Biar hasilnya maksimal kamu harus rutin mengoleskannya.

4Nanas

kidnesia.com

Nanas tinggi akan kandungan bromelain yang mana merupakan enzim yang dapat berubah menjadi protein. Buah yang berwarna kuning ini efektif untuk menurunkan peradangan dan mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh osteoarthritis.

5Kapur Barus dan Mustard Oil

iberita.com

Bahan tradisinonal ini sudah sejak lama sekali digunakan oleh masyarakat dan manafaatnya juga sudah bisa dirasakan.

Siapkan satu cangkir mustard oil dan 10 gram kapur barus, panaskan campuran minyak alami ini hingga kapur barus larut sempurna lalu pijatkan minyak alami ini pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

6Akar Pepaya Gantung

zaenalar.com

Pepaya juga merupakan tumbuhan yang serbaguna, salah satu contohnya akar pepaya dapat digunakan untuk obat tradisional sakit rematik.

Caranya yaitu dengan menyediakan 5 potong akar pepaya. Kemudian cuci hingga bersih, untuk ukurannya yaitu sekitar jari. Setelah itu, potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air, rebus hingga yang tersisa yaitu sekitar 3 gelas. Tambahkan pula gula aren, sedikit saja. Ramuan ini dapat diminum sehari 3 kali dan dalam sekali minum yaitu sekitar setengah gelas.

Nah itu di obat tradisional untuk rematik, tentu obat-obat ini aman, murah dan mudah didapat, selain itu juga tidak ada efek sampingnya.

Daripada obat kimia yang banyak efek sampingya akan lebih bijak jika kita menggunakan obat tradisional. Cepat sembuh ya rematik kamu. Semoga bermanfaat.

SHARE