Cacar merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak. Penyakit cacar biasanya memiliki dua jenis yakni cacar air dan cacar api.

Sebagian besar anak sering terkena cacar air. Orang tua pasti akan panik jika anaknya terkena cacar, karena biasanya cacar ini mengenai seluruh tubuh dan berbentuk seperti bulatan yang berisi air.

Jika kamu mencari obat alami untuk menyembuhkan penyakit cacar anak, maka sekarang tak perlu khawatir karena ada cara alami dan aman untuk mengatasi penyakit cacar yang dialami oleh anak, tanpa perlu pengobatan kimiawi.

1Makan Kacang Hijau

berrykitchen.com

Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit cacar anak yang pertama yakni dengan menggunakan kacang hijau.

Kacang hijau ini bisa didapatkan di mana saja, bahkan kamu bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

Untuk menggunakannya sebagai obat, maka rendamlah kacang hijau ini sebanyak satu gelas ke dalam air, setelah itu diamkan selama semalaman.

fennyfebrian.wordpress.com
fennyfebrian.wordpress.com

Lalu tumbuklah kacang hijau sampai halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit anak yang terkena cacar. Diamkan selama 2 atau 3 jam.

Lakukan cara ini rutin, sampai terjadi perubahan pada penyakit cacar yang menyerang seluruh bagian tubuh (bulatan berisi air atau cacar tersebut menghilang).

2Manfaatkan Jagung Muda

seriouseats.com

Mayoritas orang memanfaatkan jagung ini untuk dimasak tumis atau sayur asam, namun siapa sangka ternyata jagung muda ini juga bisa membantu para ibu untuk menyembuhkan penyakit cacar pada anak.

Cara memanfaatkannya yaitu dengan mengambil dua buah jagung muda yang cukup besar, buang rambut dan kulitnya.

haoshunfood.en.ecplaza.net
haoshunfood.en.ecplaza.net

Setelah itu, parutlah jagung muda sampai habis. Oleskan parutan jagung muda ke seluruh bagian tubuh anak yang terkena cacar. Lakukan cara ini secara terus menerus sampai cacarnya sembuh dan hilang.

3Pakai Pakaian Longgar

blog.tokopedia.com

Jangan menggunakan pakaian yang sempit atau mengepres dengan tubuh anak, sebab hal ini bisa memicu rasa gatal.

Jika tubuh anak sudah mulai gatal, maka sudah pasti tangannya akan menggaruk bagian tubuh tersebut. Padahal, pantangan terbesar bagi para penderita cacar adalah tidak boleh menggaruk apabila terasa gatal.

Mengapa? sebab jika bentol cacar yang berisi air itu digaruk, maka akan pecah dan bisa menulari orang lain yang sehat. Anak yang sedang sakit cacar itu sendiri pun akan lama sembuhnya jika terus-menerus menggaruk tubuhnya.

obatsakit2011.blogspot.com
obatsakit2011.blogspot.com

Maka sebaiknya berikan anak pakaian yang longgar untuk mencegah rasa gatal. Pilih jenis bahan yang tepat, seperti katun. Anak akan lebih nyaman saat beraktivitas.

Semoga cara bermanfaat bagi para orang tua.

SHARE