Jika kamu baru pertama kali mendengar istilah ogoh-ogoh, maka sepertinya kamu belum pernah ke Bali saat hari Nyepi. Perlu kamu ketahui bahwa ogoh-ogoh adalah patung dengan ukuran besar dan wajah yang menyeramkan.

Beberapa turis internasional ke Bali bukan hanya untuk melihat pantai dan tari kecak, namun juga turut ambil bagian dalam festival paling meriah di Bali. Festival ogoh-ogoh yang terkenal hingga ke manca negara.

1Asal Muasal

embassyofindonesia.eu

Ogoh-ogoh merupakan karya seni khas Bali. Perwujudannya menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Bhuta Kala mewakili kekuatan alam semesta (Bhu) dan kekuatan waktu (Kala) yang tidak terkira dan tak terbantahkan.

Ogoh-ogoh umumnya dibuat dalam bentuk yang besar. merepresentasikan bentuk raksasa yang jahat dengan sosok yang menakutkan. Beberapa bentuk lain dari ogoh-ogoh juga menyerupai hewan-hewan yang besar.

2Kapan Ogoh-ogoh Akan Muncul?

flickr.com

Kamu bisa menyaksikna festival ogoh-ogoh hanya pada hari tertentu. Hari yang dimaksud adalah sehari sebelum hari raya Nyepi, hari yang disebut sebagai hari Pangrupukan.

Ogoh-ogoh akan diarak berkelilih desa dengan diikuti seluruh warga desa. Acara festival ini menjadi semakin meriah karena umumnya sangat banyak turis yang hadir untuk turut mengabadikan bentuk unik dari ogoh-ogoh.

Pada 2-4 hari sebelum hari Nyepi, masyarakat menyucikan diri dan membersihkan berbagai perangkat ibadah di pura. Pembersihan ini dinamakan Upacara Melasti. Dilakukan sebelum ritual Buta Yadnya.

Ritual resmi untuk menghalau Butha Kala saat festival ogoh-ogoh dinamakan ritual Buta Yadnya (Bhuta Yajna). Ritual Buta Yadnya sendiri dipercaya oleh orang Bal dapat menangkal berbagai energi negatif dalam kehidupan manusia.

3Ritual Buta Yadnya

julieinbali.wordpress.com

Ritual Buta Yadnya ini terdir dari dua tahap, yaitu mecaru dan ngrupuk. Mecaru adalah kegiatan mempersembahkan berbagai sesajian (caru) kepada Butha Kala. Hal ini dilakukan dari tingkatan keluarga hingga tingkat propinsi.

Sedangkan Ngrupuk berupa ritual berkeliling permukiman warga sambil membuat bebunyian disertai penebaran nasi tawur. Selain itu, asap dupa juga disebarkan dan seluruh kegiatan ini harus dilakukan beramai-ramai.

Nah, pada ritual Ngrupuk inilah karya seni patung besar ogoh-ogoh dimunculkan. Menurut kepercayaan mereka hal ini untuk menghalau seluruh kekuatan jahat yang dimungkinkan akan mengganggu manusia.

4Apa yang Istimewa dari Ogoh-ogoh?

jatim.kemenag.go.id

Kalau kamu bukan orang bali, kamu tidak tahu bahwa proses persiapan festival ogoh-ogoh ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Kepanitiannya dibentuk oleh Sekaa Teruna Teruni – semacam karang taruna.

Pembuatan ogoh-ogoh bahkan memakan waktu hingga berminggu-minggu. Yang lebih menarik lagi, umumnya panitia meninginkan ogoh-ogoh hasil buatannya lebih unggul dari segala segi dibandingkan ogoh-ogoh dari daerah lain.

anacaraka.co.id
anacaraka.co.id

Sehingga dibuatlah ogohnya dengan ukuran yang sangat besar dan disempurnakan dengan desain dan kerumitan tingkat tinggi. Acara pawai ogoh-ogoh ini dimuai sore hari hingga tengah malam.

Selain pawai yang meriah, kamu juga akan meyaksikan beberapa tarian khas Bali selama pawai berlangsung. Kamu bisa menyaksikan tarian Balaganjur, tarian Okokan, dan masih banyak lagi tarian khas Bali lainnya.

5Dimana Ogoh-ogoh Akan Muncul?

dioardi.wordpress.com

Kamu bisa menamukan pawai ogoh-ogoh yang meriah di beberapa tempat sentral di Bali. Untuk wilayah sekitar kota Denpasar, kamu bisa menyaksikan ogoh-ogoh di sekitar Patung Catur Muka Puputan, alun-alun kota Denpasar.

Untuk daerah sekitar pantai Kuta, kamu akan menemukan ogoh-ogoh di Ground Zero Kuta. Selain itu, pawai festival ogoh-ogoh juga akan berlangsung ramai di kawasan Renon.

Nah, buat kamu yang sedang buru-buru ke airport atau ke tempat lain, sebaiknya kamu hindari lokasi diselenggarakannya pawai ogoh-ogoh. Karena jelas akan terjadi kemacetan total hingga tengah malam.