Bagi sebagian besar orang, mungkin beranggapan bahwa tren jilbab syar’I yang menutup aurat dengan sempurna itu pertama kali diperkenalkan oleh sosok Anna Althafunnisa dalam film KCB.

Memang ada benarnya, karena mungkin sebelum sosok itu muncul di Ketika Cinta Bertasbih, jilbab syar’i yang menutup aurat wanita secara sempurna masih sangat jarang diekspos.

Bahkan jilbab sendiri, menutup aurat, masih dipandang agak sebelah mata oleh dunia entertainmen atau keartisan.

Sosok Anna Althafunnisa seolah menjadi aura segar, dengan penampilannya yang syar’i dan anggun, serta sosoknya yang santun, membuatnya menjadi inspirasi banyak muslimah Indonesia.

Hal tersebut tak lepas dari sosok aktris luar biasa yang memerankannya, Oki Setiana Dewi.

Wanita yang sekarang lebih memilih menarik diri dari dunia keartisan dan lebih fokus pada dunia dakwah dan wirausaha ini telah mampu menjadi inspirasi bagi muslimah-muslimah negeri ini.

1Oki Setiana Dewi dan Masa Lalunya

playbandung.com

Bagi yang sudah selesai membaca curahan hati Oki di buku Melukis Pelangi, pasti sudah paham betul perjalanan Oki di masa lalu sampai seperti sekarang ini.

Saat itu Oki dan keluarganya pindah ke Depok. Oki masih usia remaja dan baru masuk SMA.

Sebelumnya, Oki yang memang telah sejak lahir dikaruniai wajah ayu itu, merasa lebih percaya diri dan cantik dengan pakaian seksi dan mini-mini.

Namun suatu hari Ibunya mengalami sakit keras yang tak kunjung sembuh, Oki sekeluarga sangat sedih dan berusaha melakukan cara apapun agar Ibunya bisa segera sembuh.

2Keputusan Oki Berjilbab

youtube.com

Kemudian Oki sadar, bahwa selama ini dia sangat jauh dari Allah. Dia merasa sangat berdosa manakala sampai usia baligh dia belum menutup auratnya.

Akhirnya dengan kesadaran penuh sekaligus suatu janji pada Allah, jika Ibunya sembuh maka dia akan istiqomah berjilbab sampai akhir hayat.

Ibu Oki berangsur sembuh, dan Oki telah mantap menutup auratnya dengan jilbab.

3Cobaan Datang Silih Berganti

www.kabarnetizen.com

Godaan demi godaan mendatangi Oki sebagai ujiannya awal berjilbab.

Oki yang memang telah lama terjun di dunia teater dan modeling, banyak dijauhi oleh produser sinteron atau FTV dan beberapa pembina teaternya karena keberatan dengan jilbab Oki.

Bahkan produser FTV yang telah mengontraknya meminta Oki melepas jilbabnya agar tetap bisa bermain di FTV tersebut.

FTV tersebut harusnya bisa mengantarkan Oki menjadi sosok artis yang selama ini sangat dia inginkan. Oki sedih dengan permintaan produsernya tersebut.

Dengan keyakinan bulat bahwa Allah telah mengatur rezekinya, Oki memilih mundur dari penggarapan FTV dan mempertahankan jilbabnya.

4Oki dan Ketika Cinta Bertasbih

chiiimudz.blogspot.com

Hidup Oki berubah 180 derajat saat namanya terpilih sebagai pemeran Anna Althafunnisa. Padahal awalnya dia hanya ingin memerankan sosok Ayatul Husna.

Oki tak menyangka justru dia harus membawakan sosok yang menjadi tokoh utama dari film Ketika Cinta Bertasbih tersebut.

Dari penggarapan film tersebut, Oki banyak mengenal sosok-sosok luar biasa yang membantunya mengenal ilmu agama lebih dalam.

Oki berproses dan semakin mantap memakai jilbab syar’i yang sempurna menutup auratnya. Oki berharap, semoga Allah menjaganya dalam keistiqomahan sampai ajal menjemputnya kelak.