Kata siapa olahraga hanya untuk orang dewasa? si kecil pun tak salah sudah dikenalkan olahraga sedari kecil. Anak-anak juga perlu menjaga kesehatan.

Selain itu bisa jadi dengan menekuni hobi olahraga, suatu saat dia bisa menjadi atlet besar. Atau setidaknya si anak sudah punya kebiasaan baik olahraga sejak dini.

Olahraga bagi si kecil ternyata tak sebatas menyehatkan saja. Ada banyak manfaat dan khasiat olahraga bila dilakukan oleh si kecil.

Simak beberapa manfaat olahraga yang dilakukan oleh si kecil. Ayah bunda juga bisa mendampingi untuk olahraga anak ya

1Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

blog.novakdjokovicfoundation.org

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan. Pertumbuhan dan perkembangan ini utamanya pada sel-sel serta organ-organ penting dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, olahraga yang merupakan sarana untuk menggerakkan badan sehingga merangsang sel dan organ tubuh untuk melakukan aktivitas akan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel dan organ dalam tubuh anak usia dini.

Pertumbuhan yang paling nyata adalah motorik. kalau jarang dilatih bisa jadi pertumbuhan motorik sang anak tertinggal dari yang lain.

2Meningkatkan Kecerdasan

industrialtalks.wordpress.com

Perasaan senang yang muncul karena berolahraga bagi anak usia dini akan merangsang peningkatan produksi hormon endorfin dalam otak.

Sehingga dapat memicu kreativitas dan kecerdasannya secara optimal. Selain itu, olahraga juga akan membantu untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak sehingga membut kinerjanya menjadi lebih maksimal.

3Menghindari Obesitas Anak

geckosportsblog.com

Dengan olahraga yang teratur, anak-anak akan terhindar dari obesitas usia dini. Olahraga akan menurunkan resiko terkena penyakit seperti diabetes dan darah tinggi.

Hal ini dikarenakan seorang anak yang masih dalam tahap pertumbuhan mempunyai resiko tiga kali lipat lebih tinggi daripada orang dewasa.

4Membangun Rasa Percaya Diri

www.expatechodubai.com

Olahraga dapat membantu anak membangun rasa percaya diri anak, terlebih apabila mampu menghasilkan prestasi dalam bidang olahraga.

Anak-anak akan terbiasa dalam kompetisi sehingga mereka bisa belajar, berprestasi, dan berpikir positif tentang diri sendiri melalui pengembangan bakat serta keterampilannya.

5Mengajarkan Kerjasama

www.cfmws.com

Beberapa jenis aktivitas fisik olahraga biasanya dilakukan secara berkelompok, seperti sepak bola atau bola basket, sehingga diperlukan kerjasama tim untuk melakukannya dengan baik.

Tentunya kerjasama yang dilakukan bukan hanya dalam hal cara memainkannya saja, tetapi juga dapat hal memahami aturan, menaati aturan, serta memperhatikan instruksi atau arahan dari pengadil permainan (wasit) dan pelatih tim.

6Mengisi Waktu Luang

www.brisbanekids.com.au

Seorang anak, terlebih anak usia dini, biasanya akan merasa bosan apabila tidak ada hal yang bisa dilakukannya. Dalam artian, ia merasa bosan dalam waktu senggangnya.

Oleh karena itu, salah satu siasat yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang tersebut ialah dengan berolahraga. Cobalah untuk mengajaknya berolahraga dalam waktu senggangnya sehingga ia tidak merasa bosan dan menjadi lebih sehat.

7Sarana Sosialisasi

en.wikipedia.org

Olahraga yang berkelompok akan membuat anak-anak berinteraksi dengan anak lain. Hal ini penting sebagai sarana sosialisasi pada anak.

Terlebih bagi anak-anak yang terkenal pendiam dan tertutup. Olahraga bisa sebagai ajang penambah teman dan menghilangkan sifat minder, pemalu dan pendiam.