Sosok bintang lapangan, atau yang biasa kita kenal dengan nama olahragawan, adalah mereka yang sejatinya tak hanya sekedar hobi olahraga tertentu namun juga aktif di pertandingannya.

Ada yang memang hanya sebagai penyelur hobi, atas nama pribadi atau golongannya, namun ada pula yang benar-benar mendeklarasikan dirinya, serta semua prestasi olahraganya tersebut untuk Bangsa.

Sebut saja 5 olahragawan luar biasa di bawah ini.

Mereka tak hanya luar biasa dalam bergerak lincah di lapangan, memukul mundur musuh dan membawa berbagai predikat kejuaraan, namun juga berhasil membawa nama Indonesia ke tingkat dunia.

Bangsa Indonesia harusnya bangga memiliki mereka dalam generasi sejak Indonesia merdeka sampai detik ini. Karena mereka juga termasuk pahlawan yang mampu mengharumkan nama Indonesia.

Nah, berikut ini 5 olahragawan luar biasa yang telah berhasil mengibarkan nama Indonesia di kancah dunia tersebut.

1Liem Swie King

bola.liputan6.com

Lahir di Kudus pada 28 Februari 1956. Saat ini memang usianya sudah menginjak angka 60 tahun.

Namun jika kamu mau bertanya pada orangtua atau kakek nenekmu, pasti mereka sangat kenal dengan nama sosok olahragawan yang satu ini.

Dia sangat lekat dengan dunia bulutangkis, sesuai dengan kepiawaiannya tersebut, Liem Swie King telah berhasil berkali-kali mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Liem Swie King sudah memulai debutnya di dunia bulutangkis pada usia 17 tahun, saat dia memenangkan PON (Pekan Olahraga Nasional) pada tahun 1973.

Kemudian berkali-kali penghargaan mulai tingkat nasional maupun internasional berhasil diraihnya. Hingga dia mendapat julukan sebagai King Smash.

2Rudy Hartono

sport.merahputih.com

Rudy Hartono juga termasuk pemain bulutangkis kawakan, bahkan terhitung lebih senior dibandingkan dengan Lie Swie King.

Laki-laki yang lahir di Surabaya, pada 18 Agustus 1949 ini, telah menjadi sangat terkenal berkat kepiawaiannya membawa nama harum Bangsa Indonesia di kejuaraan All England.

Bahkan tak hanya itu, secara prestasi nasional maupun internasional, kemampuan bulutangkis Rudy Hartono kala itu termasuk dalam daftar yang ditakuti oleh lawan-lawannya.

3Chris John

harsemania.blogspot.com

Nama laki-laki kelahiran Jakarta, pada 14 September 1979 ini, sepertinya tak hanya masyarakat Indonesia saja yang sudah hafal, namun bahkan masyarakat olahraga dunia.

Petinju kebanggaan Indonesia ini tercatat telah berkali-kali membawa nama harum bangsa dengan berbagai torehan prestasinya di dunia olahraga tinju.

Bahkan nama Chris John telah bisa disejajarkan dengan beberapa petinju kelas dunia seperti Ellyas Pical dan Nico Thomas, setelah berhasil menggondol juara tinju dunia.

4Kurniawan Dwi Yulianto

www.juara.net

Bagi para penggemar sepakbola, nama Kurniawan tentu tak asing lagi. Walaupun saat ini nama TimNas mulai meredup lagi, namu legenda tentang Kurniawan adalah benar adanya.

Laki-laki yang lahir di Magelang pada tanggal 13 Juli 1976 ini merupakan salah satu olahragawan kebanggaan Bangsa Indonesia di bidang olahraga sepak bola.

Posisinya sebagai penyerang di TimNas telah mengantarkan Indonesia pada sebuah capaian juara yang tak main-main pada masanya dahulu.

Kurniawan dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terbaik Indonesia setelah Bambang Pamungkas.

5Rio Haryanto

www.gulalives.com

Nama laki-laki kelahiran Solo, 22 Januari 1993 ini, saat ini telah melambung sangat tinggi dan pesat sekali.

Bukan menjadi hal yang mengherankan, karena memang laki-laki berusia 23 tahun ini telah sukses menjadi pembalap Indonesia yang mampu menembus F1 untuk pertama kalinya.

Di usianya yang masih belia, ditambah dengan sikapnya yang santun dan taat beribadah, Rio telah membius jutaan orang untuk menjadi fans sekaligus pendukungnya melaju ke F1.

Walau berkali-kali Rio sempat mengalami hal tidak mengenakkan, entah dukungan pemerintah yang minim, atau cemoohan dunia terhadap statusnya sebagai orang Indonesia, dia tak goyah.

Dengan inspirasi dari Rio dan keempat olahragawan luar biasa Indonesia tersebut, semoga semakin meningkatkan semangat dan prestasi pemudia Indonesia untuk sukses mengharumkan nama Bangsa.

Bukan malah asyik melakukan perbuatan tak bermanfaat yang justru membuat bangsa kita ini malu karenanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here