Pelaksanaan Olimpiade London pada tahun 2012 resmi dibuka di Olympic Park di Stratford, sebelah timur Kota London, Inggris. Upacara pembukaan dilaksanakan pada Jumat, 27 Agustus.

Suasana penyambutan ajang besar tersebut cukup menyedot perhatian seluruh masyarakat dunia.

Mulai dari kemeriahan yang umum terjadi, seperti memasang bendera di mana-mana, menjual aksesoris olimpiade, memamerkan maskot, sampai kemeriahan yang diekspresikan sangat menakjubkan dan unik.

1ArcelorMittal Orbit

bisniswisata.co.id

ArcelorMittal Orbit merupakan sebuah proyek yang dibangun dalam rangka menyambut Olimpiade London 2012. Menara yang dirancang oleh arsitek Anish Kapoor & Cecil Baldmond ini berdiri setinggi 115 Meter dan berada di dekat Stadion Utama Olimpiade London.

Menara tersebut membutuhkan biaya 19 juta poundsterling untuk pembangunannya. Mayoritas dana adalah hasil sumbangan Lakshmi Mittal yang merupakan presiden perusahaan besi ArcelorMittal, juga orang terkaya di Inggris.

ArcelorMittal Orbit atau yang disebut Orbit ini memiliki fungsi sebagai menara observasi yang dapat menampung kurang lebih 700 turis per-jam.

Di atas menara ini, kita bisa menikmati pemandangan kota London dan kawasan Olimpiade. Pengunjung dapat naik ke bagian atas menara melalui lift dan dianjurkan untuk turun menggunakan tangga spiral dan menikmati pemandangan.

2Stadion Olimpiade Stratford

clinic.co.uk

Sebuah lahan industri disulap menjadi lahan hijau untuk medan laga Olimpiade 2012. Mulai dari venue, makanan, sampai souvenir, semuanya lengkap berada di komplek stadion ini.

Di atas lahan 2.5 km persegi di sebelah timur London, Olympic Park dibangun. Tak tanggung-tanggung, Olympic Park dijadikan rumah bagi 8 venue, termasuk ikon Olimpiade 2012, Olympic Stadium, Aquatics Centre, dan Velodrome.

Selain itu, ada pula arena basket, Copper Box, Riverbank Arena, dan Water Polo Arena. Di Olympic Park juga terdapat markas para atlet selama gelara Olimpiade, yakni Olympic Village.

Olympic Park dibagi menjadi 4 zona, yakni The Street Market, Britania Row, World Swuare, dan Orbit Circus. Masing-masing zona itu memiliki atmosfer unik, baik dari penampilan luar hingga jenis makanan dan minuman untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

3Boneka Rajut

pinterest.com

Banyak sekali boneka rajut dibuat untuk memeriahkan ajang olimpiade ini. Masing-masing boneka rajut mewakili cabang olah raga yang dilombakan. Misalnya, lomba renang, balap sepeda, lari, dan masih banyak lagi.

ireport.cnn.com
ireport.cnn.com

Boneka ini dipajang di sepanjang jembatan, sebagai salah satu penarik perhatian masyarakat terhadap kemeriahan ajang ini.

4Bis Push Up

sliceoflondonlife.com

Seorang seniman asal Cekoslowakia, yaitu David Cerny, menciptakan kendaraan unik sekaligus menyenangkan.

Bis Double Decker khas Inggris yang kerap dijadikan salah satu ikon Britania Raya ini menjadi inspirasi kreatif bagi David. David menyembunyikan mesin hidrolik kuat, yang dapat menggerakkan kendaraan berbobot enam ton ke atas dan bawah seolah-olah melakukan push up.

Motivasi David menciptakan bis tingkat push-up ini yaitu berkaitan dengan Olimpiade, dimana push-up merupakan suatu gerakan universal untuk meningkatkan kemampuan fisik yang dilakukan oleh hampir setiap atlet.

Pro dan kontra mewarnai hasil karya David. Bus ini dinilai bukan suatu karya seni, tetapi hanyalah sebuah atraksi hiburan. Apapun pendapat yang beragam tersebut, bis push up yang kini diletakkan di luar Pusat Bisnis Desain di London itu patut diacungi jempol.

Unik dan menghibur!

5Istana Pasir

bbc.co.uk

Bendera Union gagah berkibar di atas istana pasir raksasa yang telah dibangun di pantai Weymouth, Dorset, untuk menandai 100 hari Olimpiade London dengan biaya £ 5.000

Panitia menjaga benteng di pantai tersebut dengan mengerahkan staf keamanan selama 24 jam, agar tidak ada orang yang usil menghancurkan kastil tersebut.

Sayangnya, penduduk setempat menganggap bahwa kastil yang dibangun oleh pematung pasir, yaitu Mark Anderson ini sebagai sebuah pemborosan waktu dan uang.

Pasalnya, hanya untuk membangun istana pasir yang bisa sewaktu-waktu dilibas gelombang air laut ini telah menghabiskan 4 hari proses pembuatan dan dana sebesar 5 ribu poundsterling, hasil sumbangan Komite Penyelenggara London Olimpiade dan Paralimpiade (LOCOG).