Siapa yang tidak ingin sukses? Setiap orang pasti ingin mendapatkan kesuksesan. Banyak cara yang dilakukan oleh orang agar setiap keinginannya tercapai.

Biasanya salah satu sosok orang sukses yang sering ‘disorot’ adalah mereka para pengusaha. Keberhasilan para pengusaha itu banyak dijadikan pengalaman yang inspiratif.

Terdapat dua macam pengusaha yakni mereka yang mendapat warisan usaha dari orang tua dan mereka yang memulai usaha dari nol.

Memang beruntung bagi mereka yang mendapat ‘mandat’ untuk melanjutkan usaha yang telah dirintis orang tua.

Akan tetapi berbeda dengan pengusaha yang merasakan perjuangan dalam membuka usaha dari bawah.

Di dunia ini banyak sekali pengusaha yang sukses dan memiliki kekayaan yang berlimpah, seperti pemuda berbakat pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dan banyak lagi.

Bahkan para jutawan atau miluner tersebut tidak sedikit yang juga memulai usahanya dari titik nol.

Kerja keras dan konsistensi selalu menghasilkan hal yang memuaskan. Di Indonesia juga banyak orang-orang seperti itu.

Mereka mulai membangun usaha kecil dengan optimis dan semangat yang luar biasa hingga akhirnya bisa menjadi sukses.

Berikut beberapa orang sukses Indonesia yang memulai usahanya dari titik terendah atau nol.

1Bob Sadino

ebillionairenews.files.wordpress.com

Siapa yang tidak kenal dengan pengusaha yang satu ini? Sosok Bob Sadino merupakan salah satu pebisnis yang sangat terkenal dan menginspirasi banyak orang.

Kesuksesaanya tersebut bukan tanpa ‘rintangan’. Sebelumnya ia pontang panting merintis bisnis.

Mendiang Bob Sadino sempat menjadi karyawan sebuah perusahaan badan usaha milik negara selama sembilan tahun.

Namun kemudian memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya itu. Memilih buka usaha.

Bob membuka bisnis sewa mobil yang ia jalankan sendiri bahkan ia sekaligus menjadi sopir.

Bisnis itu tak berkembang dan akhirnya tutup. Kemudian Bob menjadi buruh upah harian. Pada saat itu ia pun berniat ingin berbisnis lagi, yakni peternak ayam.

Dengan modal pinjaman dari tetangganya Bob memulai usaha berdagang telur negeri.

Ia memasarkan sendiri telurnya dari rumah ke rumah. Tanpa rasa malu dan tanpa mengenal lelah.

Usahanya pun sukses dan Bob berhasil membuka rumah usaha Kem-Chicks yang terkenal dengan supermarket dengan beragam produk pertanian dan peternakan.

2Susi Pudjiastuti

assets.tokohindonesia.com

Adalah Susi Pudjiastuti , sosok pengusaha yang tegas dan nyentrik. Ia merintis bisnis dari titik terendah di bidang perikanan dan penerbangan.

Siapa sangka pengusaha sukses ini hanya mengantongi ijazah SMP lantaran drop out ketika SMA. Ya, kala itu Susi memilih melakukan bisnis sebagai pedagang pengepul ikan di Pangandaran.

Susi menjual perhiasannya untuk modal bisnis. Berkat kerja keras dan semangat yang tak pernah koyak, bisnis Susi dari tahunke tahun kian maju.

Untuk mempermudah dalam mengangkut produk lautnya, Susi akhirnya membeli sebuah pesawat. Dan kemudian ia membeli pesawat lagi satu demi satu.

Ia juga akhirnya mendirikan Susi Air. Dimana maskapainya tersebut untuk melayani carteran dan rute di pedalaman.

3Reza Nurhilman

bluezevas.files.wordpress.com

Apakah kamu suka keripik singkong? Pernah kamu mencicipi ‘keripik setan’ Maichi? Yup, Reza Nurhilman adalah sosok dibalik keripik singkong super pedas tersebut.

rinaldimunir.files.wordpress.com

Reza secara sendirian memulai bisnis itu di usia 23 tahun. Bersama produsen keripik lokal di Bandung, ia mendirikan UKM ini.

Kala itu Reza memasarkan produknya dari mulut ke mulut dan muncul ide untuk memasarkan usahanya di jejaring sosial Twitter.

Akhirnya produk Maichi sukses, hanya berawal dari olahan singkong, dengan kreativitas, kerja keras dan semangatnya Reza dapat meraih kesuksesan dalam bisnisnya.

4Purdi E Chandra

www.youtube.com

Kamu tentu tak asing dengan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama. Adalah Purdi E Chandara, sosok yang membangun sebuah Lembaga Bimbingan Belajar tersebut.

Pada tahun 1982, ia bersama teman-temannya membangun bimibingan belajar itu meski saat itu ia masih berstatus mahasiswa.

Siapa sangka bimbingan belajar tersebut awalnya hanya memiliki 2 murid saja. Berkat keuletan dan semangatnya di bidang pendidikan usahanya berkembang dan maju.

www.itoday.co.id

Kini bimbingan belajranya mencapai 100 ribuan lebih. Bahkan Museum Rekor Indonesia pernah mencatat bahwa Primagama adalah bimbingan belajar terbesar di Indonesia.

Itulah beberapa kisah inspiratif dari pengusaha sukses Indonesia. Tenyata kesuksesan itu membutuhkan perjuangan dan semangat yang tinggi.