Jika menyebut daftar orang kaya di Indonesia akan muncul nama Chairul Tanjung dan Hartono bersaudara. Tiga nama ini memang terkenal dengan imperium bisnisnya di tanah air.

Orang yang disebut-sebut terkaya pertama di Indonesia adalah Robert Budi Hartono. Pemilik Grub Djarum ini melanjutkan usaha kecil ayahnya Oei Wie Gwan.

www.ima-undip.blogspot.com
www.ima-undip.blogspot.com

Bisnis pengusaha keturunan Cina ini menjelma sebuah perusahaan rokok terbesar di dunia. Bisnis Hartono pun melebar pada sektor perbankan, properti, agribisnis, elektronik, dan multimedia.

Milyader kedua adalah Chairul Tanjung yang merupakan pengusaha asli Indonesia. Mantan Menko Perekonomian akhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini juga memiliki imperium bisnis yang tak kalah besar.

sp.beritasatu.com
sp.beritasatu.com

Beberapa anak perusahaan milik Chairul Tanjung diantaranya Bank Mega, Tans TV, Trans 7, Trans Studio, dan membeli sebagian besar saham Carrefour.

Selain 2 pengusaha tersebut, terdapat sederet nama pengusaha kaya Indonesia yang belum banyak dikenal. Adapun 4 orang kaya Indonesia yang tidak di kenal sebagai berikut.

1The King Ning

www.bloomberg.com

The King Ning memiliki perusahaan Mega Manunggal Property dan Alam Sutra Realty. Pria berusia senja tepatnya 84 tahun ini berada pada urutan ke-49 dari daftar orang paling kaya di Indonesia.

The King Ning merupakan pemilik pabrik tekstil Argo Pantes. Melalui PT Argo Manunggal mengontrol lebih dari 30 perusahaan termasuk PT Tangerang Fajar Industrial Estate, PT Manunggal Prime Development, dan PT Argo Manunggal Land Development.

Ayah dari 7 orang anak ini menyimpan pundi-pundi kekayaan $ 410 juta atau senilai Rp 5,7 triliun.

2Iwan Lukminto

www.pbmaritimsamarindakaltim.blogspot.com

Hampir sama dengan Robert Budi Hartono, Iwan Lukminto merupakan penerus estafet kepemimpinan bisnis yang telah di bangun ayahnya. Iwan Lukminto adalah anak dari H M Lukminto, pemilik perusahaan tekstil raksasa Sritex Group.

Sritex Group di bangun pada tahun 1977 yang diawali dari industri batik kecil-kecilan 11 tahun sebelumnya.

Kekayaan Iwan Lukminto $ 540 juta. Pundi-pundi kekayaan ini akan terus bertambah seiring dengan ekspansi Sritex pada tahun 2016.

3Hashim Djojohadikusumo

www.boombastis.com

Pengusaha kaya satu ini tak heran memiliki wajah yang mirip dengan calon presiden Indonesia pada tahun 2014. Hashim Djojohadikusumo merupakan adik kandung dari Prabowo Subianto.

Bisnis Hashim Djojohadikusumo berada dalam naungan Ashari Group yang bergerak di bidang pertambangan, program bioethanol, perkebunan karet, dan lain-lain.

Meskipun Hashim Djojohadikusumo pernah merasakan dinginnya lantai bui lantaran tersangkut kasus Bantuan Liquid Bank Indonesia (BLBI), namun ia mampu bangkit dan menegakkan kembali imperium bisnisnya.

Pengusaha satu ini memiliki sorot mata yang tajam dalam diam. Jumlah kekayaannya $ 750 juta dan menduduki manusia terkaya nomor 37 di Indonesia.

4Sukanto Tanoto

www.nationalobserver.com

Milyader satu ini memang lebih banyak tinggal di Singapura. Tanoto merupakan pemilik imperium bisnis bernama Royal Golden Eagle yang bergerak di bidang industri karet, sawit, dan energi.

Sukanto Tanoto memiliki nama asli Tan Kang Hoo. Pada tahun 2006 ia dianugrahi Majalah Forbes sebagai orang terkaya di Indonesia. Usahanya berbasis di Singapura dengan sektor utama kertas dan kelapa sawit.

Ia dijuluki sebagai raja kertas dan kelapa sawit. Ia menanam investasi bisnis di lebih dari sepuluh negara di dunia.

Selain itu, Tanoto merambah pada usaha bank. Saat United City Bank mengalami kesulitan ekonomi pada tahun 1986-1987, ia tampil mengambil alih sahamnya. Ia membangkitkan bank tersebut dengan nama baru Unibank.

Di Medan, ia membangun bisnis properti melalui Uni Plaza, kemudian membangun Thamrin Plaza. Di luar negeri ia melebarkan sayap dengan bisnis perkebunan kelapa sawit.

Pria ini diperkirakan memiliki kekayaan $ 880 juta.

SHARE