Setiap tahun majalah ekonomi Forbes melansir daftar orang-orang terkaya di dunia. Lansiran harta kekayaan yang sangat luar biasa selalu diupdate setiap tahun.

Dari daftar orang terkaya itu kia bisa memetik pelajaran bahwa ada kerja keras, ada perjuangan dan ada strategi yang dilakukan orang-orang tersebut sehingga sukses dalam hal materi kekayaan.

Tidak hanya di dunia, majalah Forbes Asia juga selalu melansir daftar orang terkaya di Indonesia. Daftar-daftar orang terkaya di Indonesia pun menarik.

Setiap tahun ada yang baru dalam daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia. Beberapa terlempar dari 10 besar daftar orang terkaya di Indonesia.

Namun ada beberapa orang yang selalu masuk dalam 10 besar orang terkaya di Indonesia. Posisi mereka tak goyah. Para miliader ini banyak diisi warga keturunan. Namun ada juga orang asli pribumi yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia.

Mari kita simak siapa saja yang masuk orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes tahun 2015. Berikut daftarnya

1Keluarga Hartono

laruno.com

Meski bernama sangat jawa, duet kakak beradik Budi dan Michael Hartono masih menjadi yang terkaya di Indonesia. Keduanya adalah duet yang memiliki perusahaan rokok terbesar di Indonesia PT Djarum.

Keduanya juga pemilik saham bank swasta terbesar di Indonesia, Bank BCA. Forbes melansir jika kekayaan Budi Hartono mencapai Rp 112,5 triliun. Budi juga menduduki posisi ke 142 orang terkaya di dunia.

Sementara sang kakak, Michael memiliki kekayaan hampir Rp 108,75 triliun. Ia berada dibawah satu level dari kekayaan adiknya. Kekayaannya sama – sama berasal dari BCA dan PT Djarum.

2Susilo Wonowidjojo

forbes.com

Masih dari dunia industri rokok dan warga keturunan, orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Susilo Wonowidjojo.

Susilo Wonowidjojo adalah pendiri perusahaan besar di Indonesia yakni PT Gudang Garam. Salah satu tokoh pebisnis terkenal ini menempati urutan kedua orang terkaya kedua di Indonesia dengan jumlah kekayaan senilai Rp 74 triliun.

3Anthony Salim

www.rmol.co

Orang terkaya berikutnya adalah Anthony Salim. Anthony Salim atau yang biasa dikenal dengan nama Liem Hong Sien adalah CEO Group Salim.

Ia mendapat peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan senilai USD 5,4 miliar atau Rp 72 triliun.

Anak almarhum Sudono Salim atau Liem Sioe Liong ini adalah nakhoda Salim Group, yang membawahkan salah satunya raksasa industri mi instan, PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

4Eka Tjipta Widjaja

forbes.com

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri sekaligus pemilik dari Sinar Mas Group. Pada 2015 ini, ia menduduki peringkat keempat orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan senilai USD 5,3 miliar/Rp 71 triliun.

5Chairul Tanjung

www.rmol.co

Anda pasti tak asing dengan kedua stasiun TV ini, Trans TV dan Trans 7 mereka dibawah naungan Trans Corp yang pemiliknya adalah orang terkaya ke-5. Kekayaannya mencapai 53,75 triliun rupiah.

Selain bisnis media Chairul Tanjung juga pemilik utama Bank Mega. Ia juga memiliki saham maoritas di Carefour Indonesia. Mantan menteri koordinator ini menjadi satu satunya putra pribumi yang merengsek ke barisan 10 besar orang terkaya di Indonesia.

6Sri Prakash Lohia

cdn-2.tstatic.net

Mungkin kamu agak asing dengan nama yang satu ini. Sri Prakash Lohia memang pendatang baru dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia.

Keturunan India yang menjadi orang terkaya urutan ke-6 di Indonesia mempunyai kekayaan sebesar 58,75 triliun rupiah dari usaha Polyester yang dimilikinya.

Pengusaha berusia 63 tahun ini tercatat sebagai lulusan jurusan seni Universitas Delhi ini tinggal menetap di Inggris.

Perusahaan petrokomia Indorama yang ia teruskan dari ayahnya ini sehari-hari dijalankan oleh putranya, Amit. Amit menjadi direktur dan memimpin proyek-proyek baru serta akuisisi perusahaan baru. Termasuk memimpin bisnis Indorama di Afrika dengan investasi mencapa US$ 2 miliar.

7Bachtiar Karim

3.bp.blogspot.com

Pemilik PT Musim Mas, Bachtiar Karim menjadi orang terkaya ke 7 di Indonesia dengan kekayaan sebesar 25 triliun rupiah. PT ini bergerak dalam bidang kelapa sawit dan menjadi penyuplai banyak bisnis.

Perusahaannya, Karim Musim Mas merupakan perusahaan produsen minyak sawit terbesar di Indonesia.

Awal tahun ini, perusahaannya mendatangani perjanjian kerjasama dengan perusahaan produsen minyak sawit asal Malaysia yaitu Genting Plantation untuk membangun pabrik pemurnian minyak sawit di Sabah senilai US$ 82 juta.

Mendiang ayahnya, Anwar, mendirikan pabrik sabun Nam Cheon Soap tahun 1972 dan masih memproduksi sabun hingga margarin sampai saat ini.

8Boenjamin Setiawan

www.klikdokter.com

Boenjamin Setiawan yang akrab dipanggil Dr. Boen ini merupakan pendiri dan Komisaris Utama PT Kalbe Farma Tbk. Pada 2015 ini, ia menduduki peringkat kedelapan orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan senilai US$ 3 miliar.

Pria 82 tahun ini tengah mengembangkan bisnis rumah sakit Mitra Keluarga.Rumah sakit yang baru saja go public Maret lalu telah mengantongi omzet lebih dari US$ 340 juta. Boenjamin akan menambah 7 rumah sakit baru dalam 5 tahun mendatang di Jakarta dan Surabaya.

9Mochtar Riady

moneter.co

CEO Lippo Group, Mochtar Riady menjadi orang terkaya selanjutnya, kekayaannya mencapai 32,5 triliun rupiah. Lippo Group membawahi berbagai bidang usaha, antara lain di perbankan, properti, dan rumah sakit.

Lippo Group baru-baru ini bekerjasama dengan Mitsubishi. Lippo Group menginvestasikan dana hingga US$ 500 juta di lini bisnis properti dan infrastruktur di Indonesia.

Lippo Group juga baru menggandeng Mitsui & Co untuk mengembangkan layanan 4G. Cucunya, John, memimpin bisnis ecommerce Mataharimall, sebuah versi online dari Matahari Departemen Store.

10Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir

youtube.com

Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir atau biasa akrab dipanggil Tahir adalah pendiri Mayapada Group. Ia menduduki peringkat kesepuluh orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan senilai US$ 2 miliar.

SHARE